View Full Version : Jenis-jenis Kecap yang Perlu Diketahui


SesaTalita
23rd July 2018, 10:00 AM
Campuran makanan yang manis berwarna hitam dan selalu jadi pelengkap dalam nasi goreng, apalagi kalau bukan kecap. Nggak hanya ada kecap manis ternyata, ada banyak jenis kecap yang bisa kamu temui di supermarket atau mungkin di dapurmu. Apa saja sih?

Kecap manis

Kalau yang satu ini sih udah pasti ada di meja makan banyak orang. Kecap ini dibuat dari fermentasi biji kedelai hitam yang dicampur dengan rempah lainnya. Teksturnya yang kental serta memiliki rasa manis dan hitam pekat pasti asik banget dijadiin cocolan tahu goreng dengan tambahan irisan cabe rawit.

Kecap Inggris

Kecap satu ini beda sama kecap manis karena bahan dasarnya nggak dibuat dari biji kedelai. Teksturnya encer dan sedikit asin selain itu juga memiliki aroma yang khas. Biasanya dipakai untuk memanggang daging sapi misalnya.

Kecap asin

Sama kayak kecap manis, kecap satu ini juga terbuat dari kedelai hitam. Bedanya ditambahkan garam lebih banyak, maka warna dan teksturnya beda dari kecap manis.

Kecap Jepang (Shoyu)

Kalau yang satu ini mirip kayak kecap asin, Cuma shoyu lebih banyak mengandung gandum dibanding daram. Teksturnya lebih pekat nggak kayak kecap asin. Ada dua jenis kecap asin koikuchi (dark) yang warnanya coklat pekat dan aroma kuat, lalu usukuchi (light) warnanya coklat muda dan aromanya lebih ringan.

Kecap jamur

Persis kayak namanya, bahan utama pembuatan kecap ini adalah jamur. Teksturnya lebih encer dibanding kecap manis, tapi juga nggak seencer kecap asin.

Kecap ikan

Kecap yag satu ini sama kayak namanya, pembuatannya dari hasil fermentasi ikan dan garam. Nggak Cuma ikan, kadang bahannya diganti sama udang, cumi-cumi atau kerang.


sumber (https://resepkoki.id/2016/10/26/aneka-saus-dan-kecap-yang-ada-di-supermarket/)