PDA

View Full Version : Panduan Memilih Travel Umroh Supaya Tidak Tertipu


rai_ihan
25th July 2018, 10:29 AM
WINATOUR Setiap umat muslim memiliki mimpi untuk dapat pergi ke tanah suci dengan tujuan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta Allah SWT. Selain menjalankan rukun islam yang ke-5, yakni menunaikan ibadah haji, saat ini banyak juga yang berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah umroh. Adapun cara untuk dapat sampai ke tanah suci, para calon jamaah ini mengikuti paket travel dari bank ataupun agen perjalanan umroh yang biasa di sebut travel umroh. Travel umroh ini dipercaya untuk membantu dan mempersiapkan segala keperluan perjalanan umroh, mulai dari visa, tiket pesawat, booking hotel, konsumsi, transportasi umroh, sampai pendamping perjalanan umroh.

http://umroh.winatour.com/wp-content/uploads/2018/07/Travel-Umroh-Yang-Terdaftar-Di-Departemen-Agama01-640x383.jpg

Saat ini ada banyak travel umroh dengan penawaran menarik yang membuat kamu tergiur untuk segera melakukan pendaftaran perjalanan religi ini. Buat kamu yang baru ingin melakukan perjalanan umroh pertama kali, ada beberapa faktor penting yang harus kamu perhatikan supaya tidak tertipu, seperti beberapa kasus yang ada di pemberitaan. Berikut ini panduan memilih agen travel umroh yang tepat dan aman.

Pilih Travel Umroh Yang Terdaftar di Departemen Agama (http://umroh.winatour.com/). Jika memilih suatu barang saja harus diperhatikan jelas legalitasnya, tentu kamu juga harus pilih travel umroh yang terdaftar di departemen agama. Di mana setiap agen travel umroh resmi harus memiliki SK Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umroh atau haji. Dengan begitu, travel tersebut memiliki kredibilitas dan tanggung jawab mulai dari pemberangkatan sampai jamaah kembali ke tanah air. Salah satu cara memastikan bahwa agen travel umroh yang terdaftar di departemen agama, kamu dapat cek langsung di website kementrian agama melalui link: http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu .

Pertimbangkan harga. Harga bukan sebagai tolak ukur kamu akan aman menjalankan ibadah umroh. Saat ini ada banyak agen travel umroh yang menawarkan biaya umroh dengan harga paling murah sampai yang mahal. Lalu yang perlu dipertimbangkan dari harga umroh adalah biaya perjalanan, hotel, sampai kehidupan kamu selama umroh. Ada travel umroh yang menawarkan harga sampai 30 juta rupiah dengan paket perjalanan umroh plus jalan-jalan ke negara lainnya. Ada juga travel umroh yang menawarkan biaya standar sesuai SK kementrian agama dengan paket perjalanan umroh yang disesuaikan dengan kamar hotel yang akan kamu dapatkan. Karena itu, konsultasikan kepada agen travel umroh serta cari tahu ke kerabat kamu yang sudah pernah melakukan ibadah umroh.

Cek track record travel umroh. Track record atau rekam jejak sebuah travel umroh dapat menjadi pertimbangan saat kamu ingin melakukan ibadah ke tanah suci. Mulai dari alamat kantor, tanggal berdiri, sampai kredibilitas dan kepuasan pelayanan travel umroh tersebut. Pastikan jadwal pemberangkatan jamaah jelas serta travel tersebut memiliki jadwal pemberangkatan jamaah secara rutin. Sebab, hal ini semakin sering memiliki jadwal pemberangkatan, travel tersebut memilki track record yang bagus.

Hindari travel umroh dengan sistem MLM. Sebelumnya, sistem MLM yang ditawarkan travel umroh seperti ini telah mengalami beberapa masalah seperti yang sudah banyak diberitakan di berbagai media. Biasanya, sistem MLM ini dilakukan dengan meminta biaya pendaftaran, lalu calon jamaah diminta mengajak orang lain untuk bergabung sebagai downline. Calon jamaah baru bisa berangkat umroh setelah mengumpulkan sejumlah downline yang ditentukan. Hal ini patut hindari karena tidak mengutamakan pelayanan dan hanya mengacu pada keuntungan. Sejak adanya kasus penipuan yang dilakukan beberapa travel agen, dan memberikan kerugian yang cukup besar bagi jamaah, sebagian ulama mengharamkan sistem MLM seperti ini. Hal ini dilakukan agar tidak merugikan pihak lain.

Sumber : http://umroh.winatour.com