PDA

View Full Version : Kementrian Agama Pastikan Tidak Ada Lagi Paket Umroh Murah 10 Juta


rai_ihan
7th August 2018, 04:22 PM
WINATOUR – Perjalanan ibadah umroh dapat dilakukan kapanpun tanpa perlu menunggu kuota kosong seperti ibadah haji. Hal ini menjadi faktor sebagian besar umat islam mengutamakan untuk pergi umroh lebih dahulu dibandingkan haji. Banyaknya peminat ibadah ke tanah suci ini agen travel berlomba-lomba membuat penawaran paket umroh dengan harga yang beragam. Namun, jika kamu mencari paket umroh murah 10 juta (http://umroh.winatour.com) di tahun 2018 tentu kamu tidak akan menemukan di travel umroh mana pun. Kenapa?

Pada awal tahun 2018, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan Kementerian Agama telah menetapkan biaya referensi atau biaya standar penyelenggaraan umrah sebesar Rp 20 Juta. Ini dilakukan untuk melindungi konsumen atau jemaah haji dari penipuan. Jadi, paket umroh murah 10 Juta dipastikan sudah tidak ada lagi.

http://umroh.winatour.com/wp-content/uploads/2018/08/Paket-Umroh-Murah-10-Juta-640x427.jpg

Biaya standar umroh 2018 ini telah disepakati oleh sejumlah asosiasi yang membawahi biro perjalanan penyelenggara umroh. Keputusan harga tersebut tentunya harus memenuhi standar pelayanan minimal (SPM).

Dikutip dari media Kompas.com (https://www.kompas.com/) (27/3) Menteri Agama Lukman memaparkan biaya tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah.

“Jika masih ditemui biro perjalanan yang menetapkan harga di bawah Rp 20 juta, mereka wajib melaporkannya ke Kementerian Agama, tepatnya ke Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah” kata Lukman.

Artinya, Kementrian agama akan memastikan travel yang masih menawarkan biaya umroh dibawah standar maka mereka harus menjelaskan bahwa paket yang mereka berikan mampu memenuhi standar pelayanan minimal (SPM). Apa itu SPM?

Standar pelayanan minimal mencakup tiga hal, yaitu akomodasi, konsumsi, dan transportasi darat. SPM akomodasi mengatur mulai dari persyaratan wilayah akomodasi, misalnya jarak di Makkah maksimal 4500 meter dari Masjidil Haram dan di Madinah maksimal 1500 meter dari Masjid Nabawi. Sementara terkait konsumsi, jamaah haji Indonesia akan menerima 40 kali makan selama di Makkah, berupa makan siang dan malam. Konsumsi itu terdiri dari nasi, lauk, sayur, buah dan air mineral. Untuk transportasi, SPM meliputi transportasi Makkah, antar kota perhajian dan transportasi Armina. Transportasi Makkah diberikan kepada jemaah yang menempati hotel dengan jaram minimal 1500 m dari Masjidil Haram. Sarana transportasi berupa city bus dengan akses tiga pintu.Dari semua SPM ini kementrian perlu meninjau mengenai biaya yang dikenakan oleh pihak travel, apakah memenuhi persyaratan atau belum.

Jika kamu melakukan pencarian di internet paket umroh murah 10 juta 2018, mungkin kamu masih akan menemukan beberapa travel yang menyediakan paket dengan harga dibawah Rp 20 Juta. Namun, berdasarkan ketentuan yang telah dijelaskan di atas, kamu perlu menanyakan perincian fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan dengan biaya dibawah SPM yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini untuk memastikan bahwa perjalanan umroh kamu akan aman.

Jadi, apa kamu masih akan percaya jika ada travel umroh (http://umroh.winatour.com) yang menawarkan paket umroh murah 10 Juta pada tahun yang serba mahal seperti sekarang ini?