PDA

View Full Version : Banyaknya Peminat Paket Umroh Ramadhan 2019, Ini Dia Keistimewaan Umroh saat Ramadhan


rai_ihan
15th August 2018, 03:55 PM
WINATOUR – Bila kamu bertandang ke tanah suci saat bulan Ramadhan, kota Makkah dan Madinah dipenuhi jemaah umroh. Berjuta umat muslim dari penjuru dunia berduyun-duyun melakukan ibadah sebanyak-banyaknya. Hal ini karena terdapat keistimewaan yang akan kamu dapatkan khusus pada bulan yang mulia ini. Bila kamu berkesempatan mendaftar paket umroh Ramadhan 2019 (http://umroh.winatour.com/), berikut ini pahala umroh atau keistimewaan yang akan kamu dapatkan saat kamu melaksanakannya dengan ikhlas.

Umroh sama dengan haji. Keistimewaan pertama umroh Ramadhan sama dengan kamu melaksanakan ibadah haji. Hal ini jelas telah diriwayatkan Rasulullah SAW bersabda:

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

“Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).

Adapun yang dimaksud umroh pada bulan Ramadhan senilai dengan haji adalah kamu akan mendapati pahala seperti pahala haji, bukan pelaksanaan yang dilakukan sama dengan haji secara keseluruhan. Jadi, jika ada seorang muslim yang memiliki kewajiban haji, lalu berumroh pada bulan Ramadhan, maka umroh tersebut bukan lah sebagai mengganti ibadah haji.

Pahala berlipat ganda. Sudah mendapatkan pahala seperti haji, kamu yang akan berencana mengambil paket umroh Ramadhan 2019 juga mendapatkan pahala berlipat ganda. Ini dia keistimewaan lainnya umroh saat berpuasa dianggap memiliki nilai lebih dibandingkan bulan-bulan lainnya. Hal ini tertera jelas bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai sekalian manusia, telah datang pada kalian bulan yang mulia. Di bulan tersebut terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Puasanya dijadikan sebagai suatu kewajiban. Shalat malamnya adalah suatu amalan sunnah. Siapa yang melakukan kebaikan pada bulan tersebut seperti ia melakukan kewajiban di waktu lainnya. Siapa yang melaksanakan kewajiban pada bulan tersebut seperti menunaikan tujuh puluh kewajiban di waktu lainnya.” (HR. Al-Mahamili dalam Al-Amali 5: 50 dan Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya 1887. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini munkar seperti dalam Silsilah Al-Ahadits Adh-Dha’ifah no. 870).

Bagi yang pergi ke tanah suci dengan mengikuti paket umroh Ramadhan 2019, maka sebaiknya kamu menyempatkan diri sholat di masjid Quba. Allah berfirman:

لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا ۚ لَّمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى ٱلتَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَن تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَن يَتَطَهَّرُوا۟ ۚ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُطَّهِّرِينَ

Artinya: “Janganlah kamu bersembahyang dalam masjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.”(Q. S. At Taubah: 108)

Menjadi pribadi yang jauh lebih sabar. Puasa selain untuk menahan lapar juga menahan hawa nafsu. Apalagi saat kamu menjalankan ibadah puasa di negara orang lain sekaligus melaksanakan ibadah umroh, tentu kamu memerlukan kesabaran yang lebih besar. Selain menjaga perihal yang dapat membatalkan puasa, kamu harus dapat melakukan tata cara dan rukun puasa Ramadhan.

Menggapai Lailatul Qadar di Masjidil Haram. Jumlah jamaah 10 hari terakhir Ramadhan saat umroh semakin meningkat setiap tahunnya. Para jamaah sengaja memilih waktu tersebut dengan harapan dapat menggapai malam Lailatul Qadar di Masjidil Haram. Bagi kamu yang sudah menetapkan akan berangkat menggunakan paket umroh Ramadhan 2019 (http://umroh.winatour.com/tours/paket-umroh-9-hari-bintang-4-8-april-2019-starting-jakarta/) atau Paket Umroh April 2019 kamu dapat memanfaatkan berbagai aktivitas ibadah di Masjidil Haram, seperti melakukan rukun umroh, membaca Alquran, itikaf, dan sholat sebanyak-banyaknya. Adapun keistimewaan malam Lailatul Qadar, yaitu pahalanya sama dengan 1000 bulan atau sekitar 83 tahun.

Sumber : http://umroh.winatour.com/