View Full Version : Lemas Saat Bangun Pagi ? Lakukan 5 Gerakan Ini


andi.teguh
25th September 2012, 04:56 PM
Tubuh terasa lemas dan kaku saat bangun pagi ? Beberapa gerakan peregangan ini bisa membuat otot-otot rileks dan otak lebih jernih sehingga tubuh pun terasa segar dan siap menjalani aktivitas. Caranya tidaklah sulit. Dikutip dari Total Beauty, cukup lakukan lima gerakan ini setiap pagi setelah bangun tidur, dan Anda akan bebas dari rasa letih dan lesu setiap pagi.

http://images.detik.com/content/2012/03/29/849/100414_womensleep362.jpg


1. Bernapas

Gelar matras atau karpet, duduklah di atasnya dengan posisi kaki bersila. Ambil nafas dalam-dalam lewat hidung, tahan beberapa detik dan lepaskan lewat mulut secara perlahan. Ulangi sebanyak tiga kali.

2. Putar Leher

Masih dalam posisi kaki bersila, putar leher Anda perlahan-lahan ke arah yang sama sebanyak lima kali. Kemudian putar ke arah berlawanan dengan jumlah yang sama.

3. Berdiri

Berdiri di posisi tegak dengan pinggul dan perut mengarah ke dalam, serta kaki sedikit terbuka. Letakkan kedua tangan di samping tubuh. Lebarkan jarak jari-jari kaki dan rasakan tekstur karpet atau lantai untuk melancarkan peredaran darah. Setelah itu, dekatkan tubuh ke dinding, naikkan satu tangan ke atas kepala dan tekuk sementara tangan lainnya diregangkan ke dinding. Lakukan cara ini bergantian pada tangan kanan dan kiri.

4. Regangkan Punggung

Dari posisi berdiri, duduk kembali dengan posisi kaki lurus ke depan. Raih ujung kaki dengan kedua tangan, tahan posisi ini selama beberapa detik. Lakukan sebanyak lima kali.

5. Peregangan Tulang Belakang

Gerakan ini disebut spinal twist, fungsinya untuk melemaskan otot tulang belakang yang terasa kaku. Dalam posisi duduk, luruskan kaki kiri sementara kaki kanan menyilang ke samping kiri. Putar badan 90 derajat ke arah kanan (berlawanan dengan kaki kanan), dan tahan selama 45 detik. Lakukan secara bergantian pada sisi lainnya.


source : wolipop.detik.com