View Full Version : Berbagai jenis pc server terbaik


rai_ihan
8th November 2018, 10:49 AM
HPE–Seiring berkembangnya teknologi dan semakin meningkatnya spesifikasi laptop yang dapat masyarakat pilih, semakin jarang yang memilih untuk menggunakan personal computer (PC) atau desktop. Walau begitu bukan berarti PC sudah kehilangan pasar atau tidak lagi dibutuhkan. PC tetap dibutuhkan terutama untuk memenuhi kebutuhan kantor akan server. Server itu sendiri merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan atau menyelesaikan pekerjaan tertentu dalam sebuah jaringan. Server tentu saja harus didukung oleh prosesor yang bersifat scalabel dan memiliki RAM yang besar serta dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang biasa dikenal sebagai sistem operasi jaringan. Dan tentu saja server juga didukung oleh perangkat lunak yang berfungsi untuk mengontrol akses atau sumber daya yang dimilikinya.

Setiap kantor tentu membutuhkan server, masalahnya jenis server apa yang dibutuhkan oleh kantor atau perusahaan Anda? Sejauh ini server terdiri dari tiga jenis yang dibagi berdasarkan fungsi. Jenis-jenis tersebut adalah:

Server Aplikasi. Sesuai dengan namanya, server ini berfungsi untuk menyimpan berbagai aplikasi atau software yang digunakan oleh kantor untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Server Data. Berbeda dengan server aplikasi, server data berguna untuk menyimpan data-data perusahaan. Baik data mentah yang belum diolah maupun data yang sudah berubah menjadi informasi. Tugas server adalah memastikan setiap pengguna yang berhak dapat mengakses data tersebut kapan saja dibutuhkan.

Server Proxy. Server ini sangat penting jika kantor atau perusahaan Anda terdiri dari banyak komputer. Server ini bertugas untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Dengan menggunakan server ini Anda membatasi penggunaan internet atau membatasi website yang dapat dikunjungi oleh pegawai Anda. Hal ini tentu akan sangat berguna terutama jika Anda memiliki pegawai yang nakal.

Nah, setelah mengetahui berbagai jenis server yang tersedia, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kantor Anda. Jika kantor Anda membutuhkan solusi yang lebih komprehensif maka salah satu solusi terbaik yang dapat Anda miliki saat ini adalah HPE Synergi. Apa itu HPE Synergi? Untuk informasi lebih lanjut mengenai HPE Synergi, Anda dapat langsung menghubungi kami.