View Full Version : Penderita tbc


jingga
22nd November 2018, 01:53 PM
Tahukah anda penyakit tuberkulosis (TB atau TBC) yang juga sering disebut “flek paru” adalah gangguan pernapasan kronis yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis.

http://tokomisi.com/wp-content/uploads/2018/11/BAHAYA_TB_f3bqja.jpg
TB menjadi infeksi penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Sayangnya, masih banyak yang tidak menyadari atau bahkan tidak tahu tentang bahaya TB dan bagaimana pengobatannya
Penyakit TBC menular ketika pengidap TB mengeluarkan dahak atau cairan liur dari mulutnya yang berisi kuman M. tuberculosis ke udara, misalnya saat batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, atau bahkan tertawa dan kemudian dihirup oleh orang lain.
Kuman yang keluar dari batuknya pengidap TB dapat bertahan di udara lembap yang tidak terpapar sinar matahari selama berjam-jam. Akibatnya, setiap orang yang berdekatan dan berinteraksi dengan penderita TB secara langsung berpotensi menghirupnya sehingga akhirnya tertular.
Gejala TBC yang harus diketahui dan diwaspadai:


Demam yang tidak terlalu tinggi, hilang timbul, lebih dari 3 minggu dan tidak jelas penyebabnya.
Batuk/batuk darah, batuk berdahak yang pada kasus tertentu dapat disertai dengan darah.
Sesak napas.
Nyeri dada.
Nafsu makan menurun, berat badan menurun, berkeringat di malam hari meski tidak kegerahan, nyeri otot. (https://t.co/Wb8Y2YQmEd)

jingga
22nd November 2018, 02:24 PM
http://tokomisi.com/bahaya-batuk-tbc/ (https://t.co/Wb8Y2YQmEd)