View Full Version : Sedan Terlaris Sepanjang Masa


ayu13
9th January 2019, 06:33 PM
Pasar mobil sedan kelas paling rendah sekarang ini selalu alami penurunan. Menurut data Kombinasi Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, keseluruhan sedan yang laris pada 2017 cuma seputar 1.800 unit, tidak termasuk juga taksi.

Walau sebenarnya, tahun awal mulanya angka itu sampai 2.743 unit. Dari data itu, didapati jika ada dua mobil sedan di fragmen sangat bawah yang menguasai, yaitu Honda City serta Toyota Vios.

Dua mode itu kuasai pasar semenjak 2004. Angka penjualan kedua-duanya pun terpaut tipis. Serta semenjak 2008 sampai 2014, Vios tetap jadi nomer satu.

Akan tetapi nyatanya, dua mobil itu bukan sedan terlaris selama hidup di Indonesia. Berdasar pada data Gaikindo, puncak penjualan sedan di Tanah Air berlangsung pada 1997.

Saat itu, ada merk baru yang ada di Indonesia. Merk itu pun jadi awal dari kebangkitan industri otomotif dalam negeri, yaitu Timor.

Melaju perdana pada 1996, Timor sukses menarik enam beberapa ribu customer. Tambah lebih tinggi dari Honda City yang cuma laris 900-an unit serta Suzuki Baleno dengan angka penjualan dua beberapa ribu unit.

Komune Honda City

Pada tahun selanjutnya, angka penjualan Timor sampai puncaknya, yaitu 19 beberapa ribu unit. Ini ialah jumlahnya sedan paling banyak yang di jual satu merk dalam kurun waktu setahun di Indonesia.

Tahun selanjutnya, Indonesia dirundung krisis ekonomi, yang berefek pada anjloknya penjualan mobil. Timor juga mesti gulung tikar. Serta mulai sejak itu, penjualan sedan tak akan sempat menyentuh angka 10 ribu unit per tahun.

Rujukan : referensi artikel (https://otonity.com/40818/mobil-sedan-timor.html)