View Full Version : Munculnya benjolan di gusi disebabkan oleh


jingga
26th January 2019, 07:59 PM
Benjolan di Gusi



Benjolan pada gusi kerap kali menimbulkan rasa ngilu dan bisa sangat mengganggu proses mengunyah makanan. Benjolan di gusi belakang sendiri ternyata memiliki banyak jenis. Benjolan jenis pertama adalah fistula. Fistula sendiri adalah reaksi pada peradangan yang terjadi pada gusi. Seringkali fistula muncul akibat adanya infeksi pada gigi berlubang. Yang mengerikan adalah, fistula bisa mengeluarkan darah hingga nanah.
Benjolan pada gusi berikutnya adalah granuloma piogenik. Benjolan ini biasanya akan membuat gusi terlihat licin dengan batasan yang terlihat merah. Sayangnya, jika benjolan di mulut ini disentuh, maka akan terjadi pendarahan yang cukup banyak. Masalah benjolan gusi ini kerap kali terjadi karena kurang stabilnya kadar hormon pada wanita.
Benjolan pada gusi selanjutnya adalah granuloma sel raksasa perifer yang terjadi karena adanya iritasi atau trauma. Biasanya, pembengkakan dari granuloma jenis ini akan membuat gusi terlihat keras dengan permukaan licin dan berbenjol-benjol. Warna benjolan di gusi ini sendiri bervariasi dari merah muda, hingga merah yang cenderung keungu-unguan.
Sering kali gusi orang dewasa pada bagian rahang bawah bagian depan dari gigi geraham akan mudah terkena benjolan ini. Selain itu, terdapat pula benjolan pada gusi yang disebut sebagai perikoronotis yang merupakan peradangan pada jaringan lunak pada area sekitar mahkota gigi. (https://lnkd.in/fag99ip)


https://lnkd.in/fag99ip