PDA

View Full Version : Jangan Berlebihan, Ini Takaran Susu Dancow 1+ yang Tepat Untuk Anak 1-3 Tahun


TheFairyWoman
28th January 2019, 10:13 AM
Tahukah Bunda berapa takaran susu Dancow 1+ (https://www.dancow.co.id/dpc/artikel/penyajian-susu-pertumbuhan-anak-yang-tepat-bikin-si-kecil-makin-sehat) yang benar? Bunda harus tahu hal ini karena ternyata takaran susu yang di minum si kecil dapat berpengaruh pada manfaat yang diberikan susu. Jadi penting untuk Bunda mengetahui takarannya yang tepat.

Susu Dancow 1+ memiliki kandungan nutrisi yang disesuaikan dengan anak usia 1-3 tahun. Karena itulah susu Dancow yang satu ini sangat baik untuk anak balita 1 hingga 3 tahun melengkapi nutrisinya. Tapi meski begitu, susu Dancow 1+ ini hanya sebagai pelengkap nutrisi sehingga takarannya harus tepat dan tidak boleh berlebihan.

Takaran Minum Susu Dancow 1+ yang Disarankan
Susu Dancow 1+ merupakan susu yang ditujukan khusus untuk anak usia 1 hingga 3 tahun. Anak pada usia ini memang membutuhkan susu untuk memenuhi nutrisi dalam mengoptimalkan pertumbuhannya. Karena itu Bunda harus mengetahui cara penyajian dan aturan minum untuk takaran susu Dancow 1+ yang disarankan berikut ini:

Cara Menyajikan
Pastikan wadah susu yang akan digunakan bersih.
Siapkan satu gelas (170ml) air matang hangat 45 derajat celsius (jangan terlalu panas).

Masukkan 3 sendok makan susu bubuk ke dalam gelas.

Aduk sampai rata.
Segera minum susu sebelum 1 jam setelah di buat.
Jangan simpan susu di lemari es.
Simpan kembali kemasan susu Dancow 1+. Habiskan susu bubuk dalam waktu 3 minggu.

Aturan Minum
Bunda mungkin bertanya-tanya berapa kali anak perlu minum susu dalam sehari. Susu pertumbuhan adalah pelengkap nutrisi sehingga pemberiannya cukup 2-3 kali sehari. Meski anak gemar minum susu, jangan biarkan ia terlalu sering meminumnya agar tidak berakibat buruk pada kesehatannya.

Pemberian susu sebaiknya dilakukan setelah sarapan atau diantara dua waktu makan dan di malam hari. Ini bertujuan agar susu tidak membuat anak merasa kenyang sebelum waktu makan. Dengan kata lain, untuk mencegah anak tidak mau makan karena telah menjadikan susu sebagai makanan utama.

Manfaat Minum Susu Dancow 1+ Untuk Anak
Kandungan yang terkandung dalam susu Dancow 1+ memang diformulasikan khusus untuk anak usia 1-3 tahun. Karena itu susu ini sangat bermanfaat untuk membantu tumbuh kembangnya selama takaran susu Dancow 1+ yang diberikan sesuai dengan yang dianjurkan. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

Melengkapi Kebutuhan Nutrisi Anak
Nutrisi yang didapatkan dari makanan memang merupakan nutrisi utama. Tapi mengonsumsi makanan sehat saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Ia tetap butuh minum susu untuk memenuhi nutrisinya karena kandungan dalam susu akan melengkapi nutrisi dari makanan.

Mendukung Pertumbuhan Fisik
Susu dikenal sebagai sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang anak. Karenanya minum susu akan mendukung pertumbuhan fisik dengan membantu menjaga kesehatan tulangnya. Apalagi banyak nurisi lain selain kalsium yang terdapat pada susu yang juga dapat mendukung pertumbuhan.
Mengembangkan Kecerdasan Otak

Seperti halnya pertumbuhan fisik, perkembangan kecerdasan otak anak juga dipengaruhi oleh nutrisi. Jika nutrisinya terpenuhi, pertumbuhan sel otak anak akan optimal sehingga fungsinya juga akan baik. Dengan begitu, perkembangan kecerdasan otak anak pasti meningkat dengan cepat.

Akibat Terburuk Jika Anak Terlalu Banyak Minum Susu
Kandungan nutrisi yang ada pada susu memang sangat baik untuk anak. Minum susu setiap hari juga akan memberikan manfaat untuk pertumbuhannya. Tapi perlu diingat bahwa takaran susu dancow 1+ yang berlebihan (http://sebelah.id/threads/agar-tidak-membahayakan-ini-aturan-minum-susu-anak-yang-tepat-dan-aman.14655/) dapat berakibat buruk pada kondisi anak. Akibat terlalu banyak minum susu ini antara lain adalah:

Anak Tidak Mau Makan
Meminum susu terlalu banyak akan membuat anak cepat kenyang sehingga tidak ingin makan lagi. Jika hal ini terjadi terus menerus, anak bisa saja hanya mau minum susu dan tidak ingin makan yang lain. Kebiasaan ini tentu harus segera diatasi karena bisa menganggu proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

Gangguan Pencernaan
Minum susu yang tidak dibarengi dengan konsumsi buah, sayur dan makanan lainnya akan mengakibatkan sistem pencernaan anak terganggu. Gangguan ini dapat berupa sembelit atau konstipasi bahkan diare. Ini karena susu tidak memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Aktifitas si kecil pasti akan terganggu saat ia merasakan gangguan pencernaan.

Kurang Gizi
Anak yang tidak mau makan dan mengalami gangguan percernaan, cepat atau lambat pasti akan kekurangan gizi. Meski susu mengandung banyak nutrisi tapi tetap saja masih ada nutrisi lain yang tidak bisa didapatkan dari susu. Oleh sebab itu si kecil harus tetap mengonsumsi makanansebagai sehat sumber nutrisi lain agar ia tidak mengalami kurang gizi.

Obesitas
Kelebihan berat badan atau obesitas juga beresiko dialami oleh anak yang terlalu banyak minum susu. Ini karena susu yang biasa dikonsumsi memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Apalagi kini kebanyakan susu sudah tidak murni atau telah diberi tambahan gula yang memiliki kalori tinggi. Tingginya kandungan inilah yang bisa mengakibatkan anak mengalami obesitas.

Terganggunya Pertumbuhan
Dengan akibat buruk yang telah disebutkan tadi, pertumbuhan anak pasti akan terganggu. Kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi dan terjadinya gangguan kesehatan sudah tentu membuat pertumbuhan anak tidak optimal. Bahkan saat pertumbuhannya terganggu, bukan hanya pertumbuhan fisiknya yang tidak maksimal melainkan pertumbuhan otak dan kecerdasannya juga.

Sekarang Bunda sudah tahukan seberapa penting mengetahui takaran susu Dancow 1+ yang tepat. Mengetahuinya akan membuat Bunda lebih berhati-hati dalam mengatur pola makan si kecil. Yang terpenting adalah tetap berikan ia makanan sehat dan bergizi serta susu Dancow untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.