View Full Version : Mengapa telinga mengeluarkan cairan


jingga
29th January 2019, 01:09 PM
Mengapa telinga mengeluarkan nanah, air atau bahkan congek ?

http://tokomisi.com/wp-content/uploads/2019/01/telinga-infeksi-300x200.jpg
Simak sedikit ulasannya dibawah ini ya
Tahukah anda, Otorrhea bisa terjadi karena kotoran telinga yang memang dikeluarkan oleh tubuh, atau air yang mengalir keluar lagi setelah berenang atau mandi. Apabila hal tersebut terjadi maka tidak berbahaya, ada kondisi lain yang dapat menyebabkan telinga mengeluarkan cairan, misalnya karena infeksi atau cedera.
1. Infeksi
Infeksi telinga tengah (otitis media) adalah penyebab paling umum keluarnya cairan dari telinga. Otitis media terjadi ketika ada bakteri atau virus masuk ke telinga tengah, yaitu tempat gendang telinga. Infeksi telinga di area ini bisa menyebabkan cairan menumpuk di belakang gendang telinga.
Ketika terlalu banyak cairan menumpuk akibat infeksi, risiko terjadinya perforasi gendang telinga semakin tinggi. Perforasi gendang telinga adalah pecahnya gendang telinga akibat tumpukan cairan yang mendorong kuat. Cairan bisa melalui gendang telinga lalu akan mengalir keluar telinga.
Selain infeksi tersebut, otitis eksterna juga bisa jadi penyebab keluarnya cairan dari telinga. Otitis eksterna terjadi ketika bakteri atau jamur menginfeksi saluran telinga. Biasanya ini terjadi ketika Anda menghabiskan waktu yang lama di dalam air.
Terlalu lembabnya kondisi telinga bisa memecahkan kulit di dinding saluran telinga. Ini yang memungkinkan bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi yang bisa menghasilkan cairan. Cairan tersebut nantinya juga bisa keluar dari telinga. (http://tokomisi.com/bahaya-telinga-bernanah/)

Bahaya Telinga Bernanah Congek Berair - Toko Misi Herbal (http://tokomisi.com/bahaya-telinga-bernanah/)