View Full Version : Gaya hidup buruk sebabkan GERD


jingga
1st February 2019, 02:46 PM
Waspada GERD berbahaya jika tidak segera di obati

GERD dapat menyebabkan berbagai komplikasi, karena asam lambung atau isi lambung yang naik dapat menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan awalnya hanya perlukaan. Luka yang terjadi bisa makin luas dan bisa menyebabkan penyempitan dari kerongkongan bawah. Bahkan, GERD dapat menyebabkan perubahan struktur dari dinding dalam kerongkongan yang menyebabkan terjadinya penyakit Barrett’s yang merupakan lesi pra-kanker. Di luar saluran cerna, asam lambung yang tinggi dapat menyebar ke gigi (erosi dental), tenggorokan (faringitis kronis), sinus (sinusitis), pita suara (laringitis), saluran pernapasan bawah (asma), bahkan sampai paru-paru (fibrosis paru idiopatik).

GERD adalah penyakit pencernaan yang ditandai dengan kumatnya kenaikan asam lambung (refluks) dan berbagai gejala penyerta lain setidaknya terjadi lebih dari dua kali per minggu.


GERD erat kaitannya dengan gaya hidup yang tidak sehat, mulai dari pola makanan serba asin dan berlemak, merokok, makan terburu-buru, hingga keseri ngan minum obat pereda nyeri meski tidak perlu-perlu amat.
Selain karena faktor gaya hidup, risiko kemunculan GERD juga semakin meningkat seiring bertambahnya usia. GERD khususnya paling umum ditemukan pada wanita usia 50 tahunan ke atas.

GERD biasanya disebabkan oleh kondisi otot cincin lambung yang melemah sehingga menyebabkan asam lambung rentan mengalir balik ke sepanjang kerongkongan. Asam lambung yang naik dapat memunculkan sensasi rasa terbakar di ulu hati (heartburn) dan rasa asam-pahit di mulut. Gejala lainnya termasuk mual-muntah dan perut kembung atau bergas, bahkan nyeri hebat di rahang atau leher dan keringat dingin. (https://t.co/YEYcibsdCi)

http://tokomisi.com/bahaya-gerd/ (https://t.co/YEYcibsdCi)