PDA

View Full Version : Mulai Wujudkan Mimpi dengan Punya Usaha Sendiri


septiano93
18th August 2019, 11:58 PM
19% orang Indonesia yang berusia 25-40 tahun bermimpi untuk punya bisnis sendiri.

Setiap orang pasti memiliki impian dalam hidupnya. Memiliki impian sangatlah penting sebagai bentuk motivasi dalam bekerja dan menjalani hidup. Impian akan terwujud dalam bentuk pencapaian hidup, baik itu mampu membeli barang-barang yang sudah lama diidamkan, memiliki usaha rumahan (https://www.pfimegalife.co.id/literasi-keuangan/rencana-finansial/read/usaha-rumahan) berskala besar, maupun hal-hal yang yang tidak memiliki wujud fisik.

https://www.pfimegalife.co.id/literasi-keuangan/site/libraries/FolderBaru/usaha_rumahan.png

Seiring perkembangan zaman bentuk impian turut berubah. Mimpi memiliki rumah, kendaraan, dan berbagai barang lain terdengar seperti mimpi yang sudah terlalu biasa dan cenderung using. Saat ini banya orang, terutama dari kalangan muda, bermimpi punya sesuatu yang bisa berkembang menjadi sumber penghasilan tambahan bagi kehidupannya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak semakin ketat. Bahkan sekalipun sudah mendapatkan pekerjaan yang dirasa ideal pendapatan yang diterima seringkali tidak bisa memenuhi segala kebutuhan hidup. Pasalnya kebutuhan hidup, baik primer, sekunder, maupun tersier terus mengalami kenaikan.

Semua fakta-fakta di atas membuat banyak orang bermimpi untuk punya bisnis sendiri. Tak sedikit yang merasa perlu membuka sesegara mungkin, tak masalah jika dimulai dari skala kecil seperti usaha rumahan. Saat ini ketika semuanya sudah serba mudah ada banyak sekali hal yang bisa dijadikan ide usaha rumahan. Jika terkendala dengan pekerjaan yang sudah dimiliki sebelumnya maka usaha rumahan bisa dijalankan secara online.

Keuntungan Punya Bisnis Sendiri

Punya bisnis sendiri, yang berskala usaha rumahan sekalipun, memiliki segudang keuntungan. Beberapa keuntungannya antara lain adalah:


Tidak Terikat dengan Pihak Manapun
Mempunyai bisnis sendiri membuat Anda bisa mengembangkan bisnis sesuai dengan keinginan sendiri. Anda bisa merealisasikan semua ide-ide kreatif yang ada di kepala Anda, baik ide untuk memulai bisnis maupun ide untuk menjalankannya. Anda juga benar-benar menjadi pemilik dari bisnis tersebut dan tak perlu bertanggung jawab kepada siapa-siapa selain diri sendiri, karena itu Anda bisa mengatur segalanya sefleksibel mungkin.

Merencanakan Keuangan Perusahaan dengan Leluasa
Memiliki usaha rumahan dan bisnis-bisnis sendiri lainnya adalah bentuk investasi jangka panjang yang baik. Tentunya Anda adalah orang yang paling tahu akan kebutuhan Anda di masa depan, hal itu bisa dijadikan dasar perhitungan dan perencanaan keuangan dari bisnis yang Anda bangun. Anda perlu membangun bisnis yang stabil jika ingin punya sumber penghasilan sampingan yang baik hingga ke masa depan.




Punya bisnis sendiri merupakan yang paling banyak diimpikan, terutama oleh para generasi muda yang ingin punya masa depan menjanjikan. Penyebabnya tentu karena hasil dari usaha sendiri bisa digunakan untuk mewujudukan impian-impian lainnya. Seperti yang telah disebutkan di atas, saat ini ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk bisa mewujudkan impian untuk punya bisnis sendiri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:


Pilih Usaha yang Sesuai Hobi atau Passion
Mengelola usaha rumahan akan lebih menyenangkan jika jenis usaha yang dijalankan sesuai dengan hobi atau passion. Misalnya jika Anda memiliki hobi memasak, Anda bisa membuka café kecil-kecilan, toko kue, atau bahkan membuka usaha catering.

Meskipun usaha dialankan berdasarkan hobi atau passion Anda, tak berarti Anda harus mengelolanya sendirian. Datalah sumber daya yang Anda butuhkan dan carilah yang akan bisa membantu Anda membangun usaha rumahan dari awal.

Memanfaatkan Media Sosial
Sosial media menjadi pasar yang sangat menjanjikan. Rasanya berjualan apapun, selama bisa menemukan pangsa pasar yang tepat, pasti akan bisa laku melalui media social. Alasannya adalah karena media sosial memang memiliki daya jangkau yang sangat luas. Pemanfaatannya sebagai media berbisnis juga sangat rendah biaya, bahkan bisa gratis.

Keuntungan lain dari pengunaan media sosial untuk mengelola usaha rumahan adalah sisi fleksibilitasnya. Media sosial bisa diakses di mana saja dan kapan saja sehingga Anda tak perlu mengorbankan pekerjaan yang sudah dimiliki sebelumnya.

Buatlah Sesuatu yang Unik
Khalayak di media sosial akan mudah tertartik dengan sesuatu yang unik. Itulah mengaapa sesuatu yang unik bisa cepat naik daun terlepas nantinya produk tersebut bisa bertahan lama atau tidak.

Jika Anda ingin bisnis Anda cepat melejit, temukan sesuatu yang unik yang bisa diterapkan pada produk Anda. Setelah itu kelola media sosial Anda dengan baik agar produk yang unik tersebut bisa dilihat oleh orang banyak.



Setelah mengetahui cara untuk memulai bisnis sendiri, tentu Anda bisa mempraktekkannya sesegera mungkin. Cobalah ingat-ingat lagi impian Anda yang mungkin sudah lama terlupakan. Mulailah perencanaan sematang mungkin, agar meskipun nantinya progress bisnis Anda lambat sekalipun, bisnis tersebut tetap bisa bertahan dengan stabil. Jadi apakah impian lama yang ingin segera Anda wujudkan?