View Full Version : Pelajar Indonesia Raih Emas di ASEAN Plus Three Junior Science Odyssey (APT JSO) 2012


andi.teguh
6th October 2012, 07:43 PM
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTE9eLWFkThbJjSDqGApS_fQhiRoo2q6 AhReuSRqOTpA23eEnXmvNacZhp-

Tim pelajar Indonesia dari SMPN 1 Bogor yang terdiri dari Amirah Ayu Mudiah F, Amanda Reva Madani, dan Stella Chandra Kumala, berhasil meraih medali emas dalam “Laboratory Skill Assessment” di ajang kompetisi ASEAN Plus Three Junior Science Odyssey (APT JSO) 2012 yang diselenggarakan pada 10-17 Juni 2012 di Universitas Brunei Darussalam (UBD).

Tim lainnya yang terdiri dari pelajar Jakarta, yakni Irfan Maulana Kusdhani (SMPN 115), Sharia Auliaannisa S (SMPN 73), dan Carrisa Azarine D (SMP Al Azar Syifa Budi) menyumbangkan medali perunggu. Dalam kompetisi tersebut, Tim Filipina keluar sebagai juara umum.

Meski belum berhasil menggondol juara umum, prestasi siswa-siswa Indonesia dalam ajang kompetisi internasional bagi kaum muda cerdas dan berbakat tetaplah membanggakan. APT JSO merupakan kompetisi tahunan yang pertama kali diselenggarakan.

Brunei Darussalam mendapat kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan APT JSO. Kegiatan ini merupakan bagian dari program yang dikembangkan dan dilaksanakan dalam kerangka ASEAN Committee on Science and Technology (ASEAN COST).

Sebanyak 9 negara ASEAN+3 yang terdiri atas Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Korea, China, dan 1 negara tamu (Swedia) mengikuti kompetisi ini.

Peserta berjumlah 63 siswa setingkat SMP berusia 13-15 tahun. Tiap negara dapat mengirim 2 tim yang terdiri atas 3 siswa dan 2 pembimbing.

Peserta bertanding berdasarkan atas materi konsep sains dan teknologi secara umum yang terdiri atas biologi, kimia, fisika, termasuk matematika, yang dievaluasi dalam “Laboratory Skill Assessment”.

Mereka bertanding secara beregu yang terdiri atas dua tim per negara. Selain itu, untuk bidang bioteknologi, peserta harus mengenal konsep dasar biologi dan ekosistem dalam tropical rain forest. Secara teamwork yang dibentuk atas enam siswi dari berbagai negara.

Para pembimbing/guru dalam APT JSO juga mendapat tugas untuk mengikuti workshop dan mempresentasikan kegiatan dan idea atau pengembangan program bagi siswa cerdas dan berbakat.

Pembimbing Indonesia terdiri dari Dyah Ratna Permatasari dari DoctoRabbit Science Inc dan Mahfud Awaludin Yusuf dari PP-IPTEK, serta dipimpin oleh Finarya Legoh dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

sumber (http://abarky.blogspot.com/2012/06/pelajar-indonesia-raih-emas-di-asean.html)

sri.wahono
12th October 2012, 01:21 AM
Contoh yg bagus nih
Salut ane sama pelajar ini....
Kenapa akhir" ini mlah pd tawuran..

mayasweet
25th November 2013, 03:05 PM
Seharusnya yang namanya pelajar ya seperti ini. Bukan seperti pelajar yang tawuran, seks bebas, pemakai atau pengedar sabu-sabu. Hanya 1 berbanding 1000 pelajar yang berprestasi di Indonesia.






__________________________________________________ ____
Conveyor Belt (http://goo.gl/VG1kuT) - Baju Import Harga Grosir (http://goo.gl/D3Lx9C)

rohmad_aini
18th May 2014, 10:30 AM
hebat Indonesia Bisa (http://rohmadaini.blogspot.com/2014/05/peluang-usaha-franchise.html)

irda_za
21st May 2014, 09:28 AM
bangga the lihat pelajar yang cerdas dalam peljaran biologi, dan matematika...
tetapi sangat sedih dan memprihatinkan lihat pelajar yang melakukan hal negatif..