forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 3rd August 2017, 05:24 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 12 May 2017
Userid: 6223
Posts: 4
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Manfaat jika anak menerima vaksin bcg

Beberapa orang mengira TBC cuma menyerang paru paru, walau sebenarnya sebenarnya tidak sekian karna bakteri Mycobacterium tubercolosis dapat menyerang semua organ badan seperti otak, tulang, ginjal, spinal. Penyakit TBC ini tidak dapat dipandang sepele serta butuh aksi preventif mulai sejak awal untuk mencegah penebaran atau penyebaran tubercolosis itu. Karenanya dibutuhkan usaha mencegah dengan lakukan vaksinasi pada kebanyakan orang yang berresiko seperti pada balita serta bayi.

Vaksin BCG (Bacille Calmette Guerin) adalah vaksin yang berperan jadi penangkal penyakit tubercolosis. Sesungguhnya vaksin BCG ini memiliki kandungan bakteri hidup Mycobacterium bovis yang sudah dijinakkan hingga aman serta efisien untuk tubuk manusia.
(Ketahui lebih lengkap lagi manfaat vaksinasi dan imunisasi BCG dengan cara buka disini.)

Vaksin BCG memberikan efektifitas/ manfaat seperti :

Dapat mengurangi berbagai macam dampak yang ditimbulkan dari bakteri Mycobacterium tubercolosis. Pemberian vaksin BCG pada orang yang sehat akan mencegah penularan dari bakteri berbahaya tersebut atau jika diberikan kepada penderita TBC akan mencegah penyebaran penyakit ke organ tubuh lain seperti tulang dan otak. Termasuk mencegah gangguan pada perkembangan bayi.

Mencegah berkembang menjadi Menginitis tubercolosis, terutama kepada anak anak yang sangat rentan terserang. TBC yang menyerang selaput otak lebih berbahaya jika dibandingkan dengan TBC paru. Dengan pemberian vaksin imunisasi BCG kepada anak balita, akan dapat menekan peluang terjadi TBC hingga 70 persen.
Pemberian vaksin BCG dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit TBC dan penyakit penyerta lain hingga 15 tahun. Jadi pada anak balita vaksin dapat diberikan sekali dan pemberian vaksin berikutnya saat berusia dewasa.
Menekan tingkat kematian yang diakibatkan oleh TBC, menurut data WHO terdapat 8 juta penderita tubercolosis setiap tahun dan 2 juta diantaranya meninggal. Jadi pemberian vaksin secara menyeluruh kepada semua balita sangat berpengaruh positif untuk menurunkan angka penderita TBC terutama di Negara berkembang seperti Indonesia.

Cara pemberian dan dosis Imunisasi BCG
Imunisasi BCG diberikan sekali sebelum anak berumur 2 bulan. Imunisasi BCG ulangan tidak dianjurkan karena keberhasilannya diragukan. Untuk bayi yang berumur kurang dari satu tahun diberikan sebanyak 0,05 ml dan untuk anak yang berumur lebih dari 1 tahun diberikan sebanyak 0,1 ml (Depkes RI, 2005: 18).

Berikut langkah-langkah pemberian Imunisasi BCG:

Sebelum disuntikkan vaksin BCG harus dilarutkan terlebih dahulu. Melarutkan dengan menggunakan alat suntik steril (ADS 5 ml).
Dosis pemberian 0,05 sebanyak 1 kali.
Disuntikkan secara intra kutan di daerah lengan kanan atas dengan menggunakan ADS 0,05 ml.
Vaksin yang sudah dilarutkan harus digunakan sebelum lewat 3 jam.

Reaksi Pemberian Vaksin BCG
Reaksi yang timbul sesudah sekitar satu minggu mula-mula timbul suatu papula merah pada tempat suntikan dan ukurannya meningkat selama 2-3 minggu sekitar berdiameter 1 cm atau ke ulkus jinak yang sembuh dalam 6-12 minggu yang meninggal parut.

Reaksi yang mungkin terjadi pada pemberian imunisasi BCG yaitu reaksi lokal 1 sampai 2 minggu setelah penyuntikan, pada tempat penyuntikan timbul kemerahan dan benjolan kecil yang teraba keras. Kemudian benjolan ini berubah menjadi pustule (gelembung berisi nanah), lalu pecah dan membentuk luka terbuka (ulkus). Luka ini akhirnya sembuh secara spontan dalam waktu 8-12 minggu dengan meninggalkan jaringan parut.
Reaksi regional yaitu pembesaran kelenjar getah bening pada leher tanpa disertai nyeri tekan maupun demam yang akan menghilang dalam waktu 3-6 bulan.
cl1nikanak is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
imunisasi bcg, vaksin bcg



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Mengenal Jenis Vaksin Yang Wajib Diberikan Pada Anak ranianggraeni Health Kesehatan 2 18th May 2017 12:09 PM
Manfaat yang ditimbulkan jika anda menghentikan kebiasaan merokok teniindriyani Informasi dan Pengumuman 1 3rd November 2016 03:16 PM
menerima jasa parabola & menerima jasa antena tv bintaro yogiantena440 Electronics 0 6th September 2016 02:32 AM
Manfaat Mainan Lego untuk Anak-Anak naoko Bayi dan Balita 1 7th January 2016 11:40 AM
Hati2 jika anak anda mimisan ajivets Forum Wanita dan Perempuan 0 2nd December 2015 11:55 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 03:16 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Promosi Forumku :

CakeDefi Learn to Earn

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2024, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2024 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts