forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 21st July 2021, 10:33 AM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 26 Jul 2019
Userid: 7974
Location: Cikarang
Posts: 79
Real Name: resi
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Arrow Pemeriksaan Kalposkopi untuk Deteksi Kanker Serviks

Kolposkopi merupakan prosedur sederhana untuk melakukan pemeriksaan pada mulut rahim (serviks). Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya penyakit menular seksual. Seperti kutil kelamin, peradangan pada serviks atau tanda-tanda kanker disekitar vagina.

Kenapa Harus Melakukan Kolposkopi ?

Kolposkopi biasanya digunakan untuk menindak lanjuti tes skrining kanker serviks yang abnormal. Contoh diarea abnormal seperti pada serviks dan area disekitar vagina, pap smear ataupun human papilloma virus (HPV). Hasil dari pap smear ini bisa saja menjadi abnormal ketika seseorang mempunyai riwayat penyakit pra kanker serviks atau kanker. Penyebabnya yaitu infeksi human papilloma virus (HPV) yang terletak dileher rahim

Untuk menentukan area mana yang perlu dibiopsi dapat dilihat dari ukuran, jenis dan lokasi sel abnormal itu berada. Dari hasil tersebut dapat dapat didiagnosa seberapa parah kelainan tersebut. Juga dari hasil yang telah diketahui dapat membantu untuk menentukan pengobatan apa yang diperlukan.

Bagaimana Cara Melakukan Kolposkopi ?

Biasanya untuk jangka waktu yang dibutuhkan dalam melakukan kalposkopi itu kurang lebih 5 sampai 10 menit. Pada rentang waktu tersebut dapat menyebabkan seseorang sedikit ada rasa tidak nyaman. Alat yang digunakan dalam proses kolposkopi oleh dokter atau perawat disebut spekulum yang berfungsi untuk melihat serviks dengan cara membuka bibir vagina.

Pada proses pap smear ini dapat diulang yang bertujuan untuk dapat melihat serviks menggunakan kolposkopi seperti mikroskop dengan tidak menyentuh kulit. Umumnya dokter kelamin atau perawat mengoleskan asam asetat yang berupa larutan ke serviks yang bertujuan agar lebih mudah membantu melihat area abnormal dengan colposcope.

Dalam proses kolposkopi, dokter kelamin atau perawat lainnya dapat mengeluarkan sedikit sampel jaringan abnormal (biopsi) dari dalam serviks yang mana sampel tersebut selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

Apa hasil yang didapatkan dari proses kolposkopi ?

Kemudian setelah menunggu beberapa hari proses dari hasil pemeriksaan sampel jaringan abnormal di laboratorium keluar, seorang dokter akan menjelaskan terkait apa yang dilihat pada saat proses kolposkopi berdasarkan dari hasil pemeriksaan laboratorium.

Terdapat dua hasil dari pemeriksaan laboratorium tersebut yaitu:
  • Normal, hasil sampel biopsi yang keluar dari pemeriksaan pada laboratorium menunjukkan tidak adanya sel yang tidak normal. Larutan cuka atau iodine tidak mengindikasikan adanya area pada jaringan yang tidak normal.
  • Abnormal, hasil sampel biopsi yang keluar dari pemeriksaan pada laboratorium mengindikasikan terdapat sel yang tidak normal. Larutan cuka atau iodine mengindikasikan adanya area pada jaringan yang tidak normal, terdapat luka atau infeksi lain seperti kutil kelamin yang ditemukan disekitar area vagina atau serviks.
resiraphael is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
atau, dari, pada, serviks, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
3 Cara Mudah Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini akangaceng Forum Kesehatan 1 10th June 2019 10:01 PM
Deteksi kanker payudara kini bisa lewat air kencing novalakmal23 Forum Kesehatan 2 10th June 2019 05:47 PM
Pemeriksaan Apa Saja Untuk Mengetahui Kanker Serviks? mchgforum Kedokteran dan Obat - Medical and Medicine 1 27th September 2014 01:13 AM
Pemeriksaan Apa Saja Untuk Mengetahui Kanker Serviks? mchgforum Kedokteran dan Obat - Medical and Medicine 1 27th September 2014 01:03 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 03:56 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2021, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2021 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts