forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forum TulisanKu MyWriting Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 2nd December 2018, 01:52 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 2 Dec 2018
Userid: 7559
Posts: 5
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Ini pentingnya riset pasar untuk bisnis

Riset Pasar atau pemasaran adalah suatu hal yang tidak kalah penting dalam sebuah perbisnisan. Hal tersebut dikarenakan dengan riset tersebutlah seorang pebisnis akan mengetahui sejauh mana ide bisnisnya mampu menjangkau kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat. Point penting lainnya ialah dengan riset pasar Anda bisa mengetahui kompetitor yang akan menjadi pesaing kompetitif yang harus dihadapi. Dan riset pemasaran tidak bisa dibilang mudah karena disini Anda bukan hanya dituntut untuk menjual produk ataupun cara mendapatkan laba yang melimpah. Tetapi, lebih dalam dari itu. Seperti mengerti kondisi khalayak, tempat, dan lainnya yang juga langsung bersentuhan dengan detail bisnis yang akan Anda jalankan. Meski demikian, terdapat tiga langkah sederhana dalam riset pasar yang dapat Anda coba sendiri.

Suci Sucipto (2010) berpendapat bahwa kajian yang dilakukan dalam aspek pasar dan pemasaran bertujuan untuk menguji sejauh mana pemasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan dapat mendukung pengembangan usaha atau bisnis yang direncanakan. Agar kajian aspek pasar dan pemasaran sesuai dengan rencana (pangsa pasar), dan semua itu bergantung pada penerapan strategi pemasaran yang dipilih. Kottler (2003), apabila perusahaan menemukan suatu pasar yang menarik, maka perusahaan perlu mengestimasi berapa besarnya pasar di masa sekarang dan di masa yang akan datang dengan cermat.

Dari penjelasan singkat dari dua tokoh diatas, saya rasa sudah mampu memberikan gambaran pada Anda sejauh mana pentingnya sebuah riset pasar untuk kelangsungan hidup bisnis yang dikelola. Nah, sekarang sebelum Anda pusing membayangkan kesulitan dari riset pasar ini. Langsung saja, saya berikan tiga langkah sederhana dalam riset pasar yang bisa dilakukan. Langkah ini tidak terlalu sulit, hanya butuh lebih banyak tenaga dari Anda untuk mau melakukannya.

1. Survey Pasar
Langkah pertama dari tiga langkah sederhana dalam riset pasar yang sangat mudah Anda lakukan adalah mengunjungi lokasi atau market yang sudah ditargetkan. Setelah itu, Anda hanya perlu memberikan orang-orang yang dikehendaki dengan kuesioner. Tapi, kalau memungkinkan Anda boleh juga melakukan wawancara dengan mereka. Dari sinilah, Anda akan mengetahui sejauh mana para pesaing sudah memulai start. Selain itu, Andapun akan diuntungkan dengan mengetahui minat masyarakat saat ini.


2. Amati Tingkat
PersainganSeperti yang sudah saya sampaikan dari awal bahwa setiap usaha apapun itu bentuknya pasti akan menemukan para pesaing yang tidak jarang sudah kuat menancapkan kariernya. Eitt, tapi bukan berarti semua pesaing itu malah membuat Anda malah kabur. Nah, disinilah pentingnya Anda mengamati tingkat persaingan yang terjadi. Karena dari sini, secara otomatis Anda akan mengetahui kelemahan dari setiap pesaing. Hajar mereka dengan produk unik yang Anda miliki. Ingat, nilai unik itu special. Jadi, pasti akan mendapatkan posisi di hati para penikmatnya.


3. Melakukan Uji Coba Pasar
Cara sederhana terakhir yang juga wajib Anda lakukan adalah melakukan uji coba pasar. Kenapa? Karena hal inilah yang akan menentukan apakah bisnis yang Anda galakan akan sukses atau malah akan bangkrut dimakan oleh trend yang ada. Jadi, sebelum mengeluarkan produk, Anda harus mau menguji coba mendapatkan customer. Bagaimana caranya? Letakan saja produk Anda di warung-warung. Dari situlah, Anda bisa menanyakan respon pembeli mengenai produk yang Anda keluarkan. Dan sekarang, Anda dimudahkan dengan market online yang begitu memanjakan dengan kemudahan bertransaksi. Anda tidak perlu capek keluar rumah. Tinggal posting produk dagangan di sosial media, dalam hitungan jam Anda sudah mendapatkan beberapa komentar dari para pembeli produk yang Anda tawarkan. Adapun dalam artikel ini terdapat beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk memilih jasa riset pemasaran jika Anda tidak yakin untuk melakukannya secara mandiri.

Demikianlah beberapa hal mengenai langkah dalam riset pasar yang wajib bin kudu Anda coba. Anda boleh berhati-hati, tapi ingat tetap jalankan semua rencana awal tersebut sesuai dengan apa yang sudah Anda rancang dari awal. Apakah boleh berubah? kondisikan dengan situasinya. Semoga bermanfaat.
rafkys is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
anda, dari, dengan, pasar, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Pentingnya Kaos Dan Seragam Untuk Komunitas konveksikaos Jualanku - My Stores and Shops 1 22nd June 2019 12:46 PM
Manfaat Riset Pasar Perumahan Untuk Masyarakat ayashas Aneka Jasa / Service 1 16th November 2017 06:22 AM
Indonesia Butuh Kapal Riset Baru untuk Eksplorasi Sumber Energi je_tek Business and Economy! 0 25th September 2017 08:47 AM
Pentingnya Colocation bagi bisnis Anda chingzhing Forum Usaha Teknologiku 1 16th February 2016 03:47 PM
Pentingnya Sosial Media Untuk Marketing Bisnis Anda rank123 Forumku Media, Internet and Communication 4 16th September 2015 02:02 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 10:51 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Promosi Forumku :

CakeDefi Learn to Earn

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2024, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2024 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts