Senam sebagai satu cabang olahraga yang mengikutsertakan perform pergerakan yang memerlukan kemampuan kecepatan dan kecocokan pergerakan fisik yang teratur. Wujud kekinian dari senam adalah Palang tidak imbang, balok kesetimbangan, dan senam lantai. Beberapa bentuk itu kabarnya berkembang dari latihan yang dipakai oleh bangsa Yunani kuno untuk naiki dan menuruni satu ekor kuda dan atraksi sirkus. Adapun wujud kekinian dari senam seperti palang tidak imbang, balok kesetimbangan, dan senam lantai.
Senam biasa dipakai orang untuk wisata, rileksasi atau menentramkan pemikiran. Umumnya ada yang melakukan di dalam rumah, pada tempat fitness, di gymnasium, atau di sekolah. Saat ini, semenjak kecil banyak anak telah terlatih diberikan senam, baik oleh orangtua, atau oleh pendidik olahraga di sekolah. Senam sebagai komponen penting dalam kurikulum penjasorkes di sekolah dasar, karena membuat sisi besar dari program dasar.
Senam penting untuk pembangunan kelenturan badan, sebagai makna khusus untuk keberlangsungan hidup manusia. Periode umur dini sebagai periode perubahan anak yang pendek, tapi sebagai periode penting untuk hidupnya karena di periode itu mulai mengaami perubahan
senam lantai psikomotorik seperti lebih optimis lakukan suatu hal, gampang sesuaikan dengan lingkungan sekelilingnya, dan memulai tercipta personalitas anak. Karena itu ke periode ini semua kekuatan yang dipunyai anak perlu didorong lewat senam hingga bisa berkembang dengan maksimal dan perubahan anak yang sudah capai kematangan, mereka sudah sanggup mengatur badan dan keseimbangannya.
Senam ada beragam jenis, salah satunya senam lantai, senam hamil, senam aerobik, senam pramuka, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dan sebagainya. Umumnya di sekolah dasar, beberapa guru mengajari senam-senam yang gampang diolah oleh siswa, seperti SKJ dan senam pramuka. Tetapi saat bergerak remaja, beberapa orang lakukan senam aerobik, atau senam lain terhitung meditasi untuk menentramkan diri. Adapun yang diberi nama dengan senam irama karena semua pergerakannya harus sesuai irama yang menemaninya, senam irama dapat dilaksanakan tanpa alat tolong seperti tali, tongkat, bola.[5] Adapun beberapa unsur yang ada dalam senam irama seperti kelentukan, keberlanjutan pergerakan, keluwesan, elastisitas, kontinyuitas, keakuratan pergerakan dengan irama musik dan bisa dilaksanakan dengan baik itu jalan, lari, melonjak, loncat atau ayunan dan perputaran tangan.
Saat sebelum lakukan senam, anak harus lebih dulu lakukan pemanasan selanjutnya pokok senam lalu lakukan pendinginan sesudah senam supaya tidak alami kecapekan yang terlalu berlebih.
Latihan senam benar-benar punya pengaruh pada perubahan fisik anak benar-benar mengagumkan karena senam akan tingkatkan kemampuan yang paling luar biasa, kelentukan, koordinir, sikap dan kesadaran kinestetik ke anak.Senam irama dapat meningkatkan kepandaian kinestetik ke anak umur lima tahun.
Supaya anak sanggup capai kesuksesan pada proses evaluasi senam di sekolah karena itu guru perlu lakukan seperti berencana aktivitas, memberinya semangat ke anak, mempunyai variasi sistem, dan membuat lingkungan sekolah yang nyaman