forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 1st March 2019, 11:03 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Krisis Kashmir: India dan Pakistan Bersiap Membuat Turbulensi Baru

Serangan udara India dan respons Pakistan adalah perubahan besar dalam krisis Kashmir, kata Priya Chacko, dosen di University of Adelaide.

Pada hari Selasa, India melancarkan serangan udara yang menargetkan apa yang diklaim sebagai kamp pelatihan terbesar kelompok militan, Jaish-e-Mohammed (JeM) di dekat kota Balakot di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan.

Serangan itu dikatakan bertujuan mencegah serangan yang segera terjadi di India dan berhasil membunuh ratusan gerilyawan. Awal bulan ini, JeM mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan 40 personil keamanan India.

Setelah serangan, pemerintah India bersusah payah untuk menghindari eskalasi konflik. Pemogokan ditandai sebagai "tindakan pre-emptive non-militer" yang direncanakan dengan hati-hati untuk menghindari kausalitas sipil.

Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa telah menginstruksikan para juru bicaranya untuk mematuhi garis bahwa serangan itu bersifat pre-emptive, dilakukan secara bertanggung jawab, ditargetkan pada teroris JeM, dan bertujuan mencegah serangan yang akan segera terjadi di India. Pemerintah asing diberi tahu bahwa India tidak mencari eskalasi lebih lanjut.

Pakistan awalnya merespons dengan mengklaim bahwa serangan India menyebabkan kerusakan minimal dan tidak mengakibatkan korban karena pesawat India terdeteksi oleh angkatan udara Pakistan.

Setelah mengintensifkan penembakan melintasi Garis Kontrol di Kashmir, pada hari Rabu, Pakistan meluncurkan serangan udara sendiri pada apa yang disebutnya "target non-militer" di Jammu dan Kashmir yang dikuasai India dari wilayah udara Pakistan.

Tujuan dari pemogokan ini, menurut Perdana Menteri Pakistan Imran Khan adalah untuk menunjukkan "hak, kemauan dan kemampuan Pakistan untuk pertahanan diri". Dia juga mengaku tidak memiliki keinginan untuk eskalasi konflik lebih lanjut.

India telah mengklaim bahwa serangan udara meleset dari sasarannya, yang sebenarnya merupakan instalasi militer. Dalam konfrontasi udara berikutnya, kedua belah pihak mengklaim telah menembak jatuh pesawat terbang dan Pakistan kemudian merilis video tentang Pilot India yang ditangkap.

KONFLIK PANJANG INDIA-PAKISTAN-DEKADE

Serangan udara India dan respons Pakistan adalah perubahan besar dalam konflik India-Pakistan yang mengejutkan banyak komentator.

Pertikaian teritorial yang berlangsung selama puluhan tahun atas wilayah Kashmir telah menyebabkan beberapa perang. Tetapi telah diasumsikan bahwa status bersenjata nuklir kedua negara sejak tahun 1998 berarti bahwa tidak ada yang akan mengambil risiko eskalasi konflik jenis ini.

Tetapi asumsi ini selalu meremehkan sejauh mana kebijakan India tentang pengekangan strategis adalah pilihan politik yang dibuat oleh pemerintah berturut-turut yang dipimpin oleh Atal Bihari Vajpayee dari BJP dan partai Kongres Manmohan Singh dari sekitar tahun 2000, dan karena faktor-faktor selain senjata nuklir.

Vajpayee dan Singh berkeinginan untuk “menghilangkan semangat” India dari Pakistan dalam kesadaran komunitas global, menyatakan status India sebagai kekuatan besar yang meningkat dengan kepentingan di luar Asia Selatan dan fokus pada ekonomi India yang berkembang pesat.

Demikian juga, konteks politik dan ekonomi tertentu membentuk pendekatan Pakistan ke India dalam dua dekade terakhir.

Meskipun dia awalnya membatalkan pembicaraan saluran India-Pakistan yang diprakarsai oleh perdana menteri saat itu Nawaz Shariff, yang dia jatuhkan dalam kudeta, Jenderal Pervez Musharraf tampaknya telah mengubah pemikirannya tentang konflik setelah selamat dari upaya pembunuhan oleh sel-sel sempalan JeM di 2003

Ekonomi juga menjadi perhatian bagi tentara Pakistan yang biasanya berperang yang rencana pembangunannya berisiko tanpa ekonomi pertumbuhan tinggi. Selain itu, Pakistan adalah pemain kunci di "perang melawan teror" Amerika Serikat dan di bawah tekanan untuk mengendalikan kelompok-kelompok militan yang digunakan untuk menargetkan India.

ERA TURBULENSI BARU

India dan Pakistan sekarang dipimpin oleh pemerintah yang sangat berbeda dalam keadaan ekonomi dan politik yang berubah.

Pelepasan AS yang semakin meningkat dari Pakistan dan investasi besar-besaran Cina di negara itu telah mengubah permainan politik dan ekonomi bagi tentara Pakistan. Pakistan dipimpin oleh seorang perdana menteri baru yang naik ke tampuk kekuasaan berutang banyak pada hubungannya dengan Angkatan Darat.

Penasihat Keamanan Ajit Doval, yang telah lama menyamakan pengekangan strategis dengan peredaan. Ia memiliki Perdana Menteri, Narendra Modi, yang politik populisnya bergantung pada penciptaan musuh yang harus ia lindungi negara.

"Kepemimpinan kuat dan tegas" Modi terhadap militan akan menjadi tema penting dalam pemilihan nasional mendatang, terutama karena ia telah menemukan beberapa solusi untuk masalah ekonomi India yang sudah mengakar, seperti "pertumbuhan pengangguran" dan telah memperburuk masalah dengan kebijakan yang salah dipahami seperti kebijakan demonetisation.

Ini semua menunjuk ke era baru turbulensi dalam hubungan India-Pakistan dan periode penderitaan baru bagi rakyat Kashmir.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, india, pakistan, serangan, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Pelajaran dari Bom Kashmir: AS Ingin Peraturan Ketat di Pakistan Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 16th February 2019 04:11 PM
Cara Mudah Membuat Teh Rempah ala India Congkibar Forumku the Lounge 0 16th October 2018 04:52 PM
Rusia: Latihan Gabungan Dengan Pakistan Bukan Untuk Mengancam India hobbymiliter Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 2 19th October 2016 11:10 AM
Tentara India-Pakistan saling tembak di perbatasan Kashmir supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 19th February 2015 10:41 AM
Kekuatan Angkatan Udara Pakistan Mengalahkan India supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 7th January 2015 08:30 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 03:32 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts