forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 28th April 2019, 10:54 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Jangan Mengandalkan Keberuntungan dalam Perjanjian Dagang Indonesia Australia

Perjanjian perdagangan bebas Australia Indonesia memberikan kesempatan untuk memperkuat hubungan antara kedua negara, namun Australia siap?

Pembicaraan tentang perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia sudah lama berdiri, dan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia-Australia akhirnya ditandatangani pada bulan Maret. Hal ini akan membuka peluang baru dalam hal Bisnis, perdagangan dan pendidikan antara Australia dan Indonesia. Lebih luas lagi, itu adalah langkah lain yang dapat membantu memperkuat hubungan Australia-Indonesia.

Untuk membuat sebagian besar dari kesempatan ini membutuhkan pemahaman budaya yang kuat dan keterampilan bahasa yang solid. Ini sangat kurang di Australia. Bahkan, meskipun ada peringatan berulang kali, studi tentang bahasa Indonesia telah mengalami penurunan yang stabil selama bertahun-tahun.

Kami bangga di Australia untuk menjadi negara yang beruntung. Salah satu peluang besar yang kita miliki adalah pendidikan berkualitas tinggi. Namun, selama dekade terakhir ini, beberapa universitas di Australia sebenarnya telah menutup program bahasa Indonesia mereka. Hal ini menghancurkan dan merugikan upaya memperkuat hubungan Indonesia Australia.

Ini adalah waktu untuk menempatkan kembali Indonesia pada daftar prioritas bahasa yang akan dipelajari. Ini harus menjadi prioritas utama dari pemerintah Australia berikutnya.

Manfaat multilingualisme sangat mendalam dan jauh melampaui argumen ekonomi belaka. Kita perlu melihat pengetahuan kita tentang Indonesia sebagai hal yang sangat penting untuk kualitas dan tingkat keterlibatan kita dengan negara.

Kolaborasi dan kemitraan memerlukan saling percaya dan pengertian. Hubungan bilateral Australia dengan Indonesia dapat diperkuat dengan investasi yang signifikan dalam program bahasa Indonesia. Kami tahu bahwa Australia masih berjuang untuk mempertahankan citra positif dan hubungan yang stabil dengan Indonesia. Kurangnya komitmen kolektif kami untuk berinvestasi dalam kemampuan bahasa mempengaruhi hubungan kami di wilayah ini.

Pilihan bagi siswa Australia untuk belajar bahasa Indonesia di sekolah dan Universitas yang menyusut. Berbagai hal telah mengambil giliran yang sangat tidak beruntung bagi generasi berikutnya di Australia, yang jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki kesempatan untuk belajar bahasa Asia daripada di masa lalu.

Saya sangat beruntung karena sebagai mahasiswa saya berkesempatan belajar bahasa Indonesia di SMA. Saya juga berkesempatan mengunjungi Indonesia sebagai bagian dari studi SMA saya. Ini adalah waktu formatif dan membantu membentuk banyak keputusan masa depan saya telah membuat tentang karir saya.

Saya menginginkan kesempatan yang sama yang saya miliki bagi para siswa generasi berikutnya di Australia.

Saya cukup beruntung untuk dapat diterima di Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP), yang fantastis inisiatif yang disponsori pemerintah. Program ini meningkatkan hubungan antara kaum muda dan sekarang dalam tahun ke-38. Saya belajar di sebuah universitas yang menawarkan kelas lanjutan dalam bahasa Indonesia. Sebaliknya, beberapa universitas dalam beberapa tahun terakhir telah menutup program bahasa Indonesia mereka sementara yang lain tetap berada di bawah ancaman.

Saya juga cukup beruntung menerima dukungan sebagai sarjana dari Fakultas saya untuk mendanai magang di kantor Ombudsman di Yogyakarta sebagai bagian dari gelar saya. Saat kemudian bekerja sebagai guru sekolah dasar bahasa Indonesia, saya juga memiliki keberuntungan untuk didanai oleh pemerintah negara bagian Victoria untuk melanjutkan studi bahasa saya di Indonesia.

Dan ketika melakukan riset pasca-kelulusan, saya cukup beruntung menerima penghargaan Endeavour pemerintah Australia untuk mendukung penelitian lapangan PhD di Indonesia selama setahun.

Saya sangat sadar bahwa untuk generasi saat ini siswa, banyak dari kesempatan ini baik menyusut atau tidak lagi ada.

Sejak itu saya menghabiskan beberapa tahun karier saya di luar Australia. Datang kembali, itu menyedihkan untuk melihat stagnasi, dan dalam beberapa kasus menurun, dalam studi bahasa Indonesia. Hal ini tampaknya ironis, mengingat bahwa kita hidup di abad Asia.

Tentu saja, masalah dimulai dengan sekolah dasar dan menengah, banyak yang tidak lagi mengajar bahasa Indonesia. Insentif baru diperlukan pada tingkat ini sehingga siswa dapat mulai belajar bahasa Indonesia lebih awal.

Ada juga pentingnya menciptakan insentif yang tepat di Universitas untuk mendorong mahasiswa sarjana-terutama mahasiswa dalam derajat seperti ilmu pengetahuan dan rekayasa-untuk mengambil bahasa.

Rencana baru pemerintah Kolombo adalah inisiatif yang fantastis dan telah melihat perluasan program berharga seperti Australia konsorsium in-Country studi Indonesia. Tapi perjalanan jangka pendek atau studi sama sekali tidak ada pengganti untuk komitmen jangka panjang yang diperlukan untuk belajar bahasa.

Dalam proses belajar bahasa, Anda belajar banyak tentang diri Anda dan bahasa Anda sendiri seperti yang Anda lakukan tentang bahasa yang Anda pelajari.

Kedua negara-Indonesia dan Australia-akan segera pergi ke jajak pendapat. Ini berarti ada ketidakpastian di depan hubungan antara pemerintah Indonesia dan Australia.

Perjanjian perdagangan bebas mensyaratkan persetujuan dari Parlemen masing-masing di Australia dan di Indonesia. Satu langkah yang dapat dilakukan oleh pemerintah Australia berikutnya untuk memperkuat hubungan Australia-Indonesia adalah dengan meningkatkan komitmennya terhadap studi bahasa Indonesia.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
bahasa, dan, indonesia, untuk, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Perjanjian Perdagangan Bebas Indonesia-Australia Semakin Dekat Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 15th February 2019 03:50 PM
Dimana Perjanjian Militer Indonesia-Spanyol yang Baru? Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 6th January 2019 02:34 PM
Indonesia, Australia Perbaharui Perjanjian Militer: Apa yang Perlu Diketahui? Itsaboutsoul Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 9th February 2018 09:51 PM
Oman-Indonesia Perkuat Misi Dagang sucyresky Business and Economy! 0 17th December 2014 01:48 PM
Mendag Prancis Lirik Dagang di Indonesia alnpr Business and Economy! 1 7th June 2013 12:19 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 03:06 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts