forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 24th May 2019, 01:00 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Otoritas Palestina: Panggilan Arkeologis Israel di Tepi Barat adalah 'Kejahatan'

Kementerian Luar Negeri Otoritas Palestina menyebut penggalian arkeologis yang dilakukan oleh Israel di Tepi Barat sebagai "kejahatan" dan meminta UNESCO serta Dewan Perjalanan & Pariwisata Dunia untuk membentuk komite pencarian fakta internasional untuk menyelidiki masalah ini.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Selasa, kementerian PA memperingatkan para arkeolog di seluruh dunia agar tidak mengambil bagian dalam penggalian seperti itu, dengan alasan langkah seperti itu "akan memaparkan mereka pada pertanggungjawaban hukum" dan merusak catatan akademis mereka. PA lebih lanjut meminta museum dan lembaga internasional untuk memeriksa semua artefak yang berasal dari Israel dan menolak untuk menerima bagian "yang dicuri dari tanah Palestina yang diduduki."

Pernyataan PA muncul setelah Mahkamah Agung Israel pekan lalu menolak banding yang diajukan oleh dua organisasi non-pemerintah dan memutuskan bahwa negara tidak berkewajiban untuk mengeluarkan informasi tentang penggalian di Tepi Barat. Nama-nama arkeolog yang terlibat juga bisa tetap rahasia.

Dalam putusannya, pengadilan menyatakan bahwa ada "kepedulian yang jelas dan tulus" atas kerusakan "nyata" yang dapat ditimbulkan pada kepentingan profesional dan ekonomi para penggali, serta lembaga-lembaga akademik yang berafiliasi dengan mereka, karena ancaman boikot akademik.

"Hak atas informasi tidak berdiri sendiri, tetapi ada dalam lingkungan normatif yang mencakup hak-hak lain, nilai-nilai dan kepentingan," bunyi putusan itu, menambahkan bahwa akses ke informasi yang dapat membahayakan keamanan negara atau kesejahteraan suatu negara. individu tidak perlu diungkapkan.

Pejabat yang terlibat dalam kasus ini, yang meminta anonimitas, mengatakan kepada The Media Line bahwa "mayoritas dari mereka yang terlibat dalam penggalian di Tepi Barat ini tidak ingin nama mereka dipublikasikan."

Jihad Yasin, direktur jenderal Departemen Penggalian Arkeologi di Kementerian Pariwisata dan Purbakala Palestina, menentang keputusan Israel dan menyebut penggalian di Tepi Barat "politis, bukan ilmiah."

"Para arkeolog harus melakukan penggalian bekerja sama dengan komunitas lokal, dan mereka harus mempublikasikan [temuan mereka] dan tidak merahasiakannya," kata Yasin kepada The Media Line. "Dalam penggalian ilmiah, arkeolog ingin orang tahu tentang [pekerjaan mereka], tetapi hukum internasional menentang penggalian semacam ini dalam kasus Tepi Barat karena berada di bawah pendudukan."

Yasin menegaskan bahwa sementara Israel melakukan puluhan penggalian di Tepi Barat setiap tahun, sangat sedikit yang diketahui tentang mereka atau apa yang telah digali. Dia mengungkapkan bahwa Kementerian Purbakala Palestina melakukan penggaliannya sendiri di Area A, yang merupakan wilayah di bawah kendali penuh Palestina sesuai dengan Kesepakatan Oslo.

Dua LSM Israel sayap kiri, Yesh Din dan Emek Shaveh, mengajukan petisi asli di bawah Undang-Undang Kebebasan Informasi, menyerukan pemerintah Israel untuk mengungkap lokasi penggalian Tepi Barat dan para arkeolog yang bekerja di sana. Penggalian semacam itu terjadi di bawah naungan Administrasi Sipil Israel, yang merupakan bagian dari Koordinator Kegiatan Pemerintah di Wilayah (COGAT), badan Kementerian Pertahanan yang beroperasi di Tepi Barat.

"Penelitian akademis yang berlangsung di Tepi Barat harus secara terbuka diketahui dan diumumkan, [sebagaimana akan] di dalam Israel," Yonathan Mizrachi, direktur eksekutif Emek Shaveh, mengatakan kepada The Media Line. "Ketika Anda berbicara tentang penggalian arkeologis di Tepi Barat dan lokasi penemuan, cukup jelas bahwa ada permintaan agar semuanya tetap berada di Tepi Barat dan untuk kepentingan populasi lokal."

Mizrachi menekankan bahwa ini akan sesuai dengan hukum internasional, sebagaimana didefinisikan oleh Konvensi Den Haag tentang Hukum dan Kebiasaan Perang di Tanah. Konvensi memiliki dua protokol tambahan dari tahun 1954 dan 1999, yang melarang kekuasaan pendudukan untuk memindahkan artefak warisan budaya dari wilayah yang diduduki. Israel menandatangani protokol pertama, tetapi bukan protokol kedua, dan juga menentang klaim bahwa Israel menduduki Tepi Barat.

Sementara itu juru bicara Administrasi Sipil mengatakan kepada The Media Line bahwa "setiap warga negara yang ingin tahu lebih banyak tentang penggalian arkeologi dapat meminta informasi dari Kantor Ombudsman [Israel], dan kami akan merespons sesuai."
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
barat, dan, penggalian, tepi, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Inilah Penyebab Israel Izinkan Material Bangunan Masuk ke Gaza Palestina bebex Architecture and Construction 1 6th June 2019 10:29 AM
Kristen AS Seperti Israel dan Orang Palestina Lebih dari Pemerintah Mereka Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 27th April 2019 12:41 PM
Palestina Boikot Pemilu Israel Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 5th April 2019 12:20 PM
AS Mengerdilkan Misi Palestina dan Gabungkan Konsulat dengan Kedubes Israel Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 5th March 2019 10:13 AM
Menabur Garam pada Luka: Kejahatan Trump atas Palestina Juga Dilakukan Pendahulunya Itsaboutsoul Forumku USA dan Canada 0 1st February 2018 08:34 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:20 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts