forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 7th August 2019, 03:48 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Najib adalah Otokratik Ketika Datang ke 1MDB

Mantan Menteri Keuangan kedua Datuk seri Ahmad Husni hanadzlah kemarin menggambarkan mantan Premier Datuk seri Najib Razak sebagai otokratis dalam berurusan dengan 1Malaysia Development Bhd (1mdb) dan mantan anak perusahaan 1mdb src International Sdn Bhd.

Bersaksi di pengadilan SRC Najib di Mahkamah tinggi, Ahmad Husni, 67, mengatakan masalah mengenai 1MDB dan SRC adalah terlarang baginya, dan bahwa ia hanya menangani perusahaan lain di bawah Menteri Keuangan, Inc (MoF Inc) purview.

Mantan Menteri mengatakan ia diperlakukan seperti seorang anak kantor dalam hal mengenai 1MDB dan SRC.

Ahmad Husni, Menteri Keuangan kedua dari 2009 sampai 2016, adalah saksi penuntut pertama dari kabinet Najib untuk bersaksi melawan mantan Perdana.

Najib menghadapi tujuh tuduhan pencucian uang dan penyalahgunaan kekuasaan atas RM42 juta diduga menyedot dari SRC ke rekening pribadi Bank antara 2014 Desember dan Februari 2015.

Ahmad Husni mengatakan sementara tidak boleh ada perbedaan dalam Menteri Keuangan (yang dipegang oleh Najib) dan tugas Menteri Keuangan kedua, Najib semata-mata bertanggung jawab atas masalah mengenai 1MDB, pendahulunya otoritas investasi Terengganu dan SRC.

Membalas Deputi Jaksa Penuntut Umum (DPP) Muhammad izzat Fauzan, Ahmad Husni mengatakan dia telah dua kali menasihati Najib terhadap mengelola 1MDB dan SRC.

Dia mengatakan dia mengirim surat kepada Najib sebagai tempat terakhir tetapi jatuh di telinga yang tuli. Terkadang, ia merasa perannya dikurangi menjadi "anak kantor" dalam hal mengenai kedua perusahaan ini.

Tidak ada studi kelayakan dilakukan untuk 1MDB

"Dalam pembentukan perusahaan baru, terutama jika di bawah MoF Inc, akan ada studi kelayakan rinci yang dilakukan. Studi kelayakan adalah untuk memastikan akan ada perencanaan jangka panjang. Katakanlah selama 10 tahun.

"Namun untuk 1MDB atau SRC, tidak ada studi atau analisis manfaat biaya yang dilakukan dan itu didirikan tanpa pertimbangan.

"Saya [telah] bertanya kepada Najib mengapa [kita] membentuk 1MDB, dan mengatakan kita tidak dapat membentuk 1MDB tanpa studi kelayakan. [Namun,] Najib berkata ' aku tahu apa yang saya lakukan, kita akan maju '. Dari [waktu] TIA, saya tahu saya tidak terlibat dalam semua ini, "kata saksi itu.

Ahmad Husni, juga mantan Bendahara UMNO, mengatakan ia hanya tahu tentang aplikasi SRC untuk RM2 milyar pinjaman dari dana pensiun Inc (KWAP) di 2011 itu harus dijamin oleh pemerintah, ketika kemudian Menteri di Departemen Perdana Menteri Tan Sri Nor Mohamed Yakcop mentabrak masalah tersebut ke kabinet.

"Saya bertemu dan bertanya Najib tujuan pinjaman. Najib menjawab bahwa untuk pembangkitan listrik dan keterlibatan pemerintah dalam penambangan batu bara.

"Saya katakan padanya [untuk] membiarkan sektor swasta berurusan dengan penambangan batubara dan tidak membiarkan GLC (perusahaan yang terhubung dengan pemerintah) mengelolanya. Namun, Najib menjawab bahwa keterlibatan pemerintah dalam industri pertambangan batubara akan membantu memperkuat pasokan listrik Malaysia, "ujar Ahmad Husni.

Mantan Menteri juga bersaksi bahwa ia menyarankan Najib terhadap melakukan investasi SRC di PetroSaudi International usaha di Uni Emirat Arab sebagai SRC tidak memiliki keahlian dalam industri minyak dan gas. Dia melanjutkan dengan menyarankan bahwa Petronas melakukan investasi sebagai gantinya.

Namun, ia berkata Najib memberitahunya: "(Ahmad) Husni, dari hari ini dan seterusnya Anda tidak akan terlibat, saya tidak ingin Anda untuk campur tangan di 1MDB."

Ahmad Husni bersaksi tentang hal lain ketika dia tahu SRC menerima pinjaman sebesar RM4 milyar dari KWAP, namun RM3 milyar yang dibekukan di Swiss karena dugaan pencucian uang.

Dia juga tahu investasi dalam penambangan batubara hanya dilakukan pada 2014, meskipun SRC mendapatkan pinjaman KWAP di 2011, dan bahwa hal itu terjadi di Jawa, Indonesia.

"Saya ingin melakukan perjalanan ke Jawa untuk mengamati penambangan batubara dan meminta pejabat SRC untuk mempersiapkan pertemuan. Tapi pada akhirnya, itu tidak terwujud, "katanya.

Demikian pula, Ahmad Husni mengatakan ia ingin bertemu dengan pihak berwenang Swiss untuk membantu membekukan uang tetapi disarankan untuk tidak melakukannya oleh Najib.

Jumlah dalam rekening Swiss pada saat itu telah meningkat menjadi RM3 miliar dan mantan Menteri mengatakan pada saat itu, ringgit terdedikasi dan Malaysia ingin membawa uang kembali.

"Saya merasa itu bukan pencucian uang, dan siap untuk meyakinkan pihak berwenang Swiss bahwa itu adalah KWAP uang. Namun, Najib tidak setuju dengan hal ini, "ujar Ahmad Husni, menambahkan bahwa Najib tidak memberikan alasan apapun.

Husni mengatakan sulit untuk mendapatkan pejabat SRC untuk bertemu dengannya

Ahmad Husni bersaksi bahwa meskipun perwira senior bank negara Malaysia dan GLCs lainnya secara teratur bertemu dan memberikan pengarahan kepadanya tentang perkembangan, namun sulit untuk mendapatkan perwakilan SRC untuk menemuinya.

"Saya tidak mendapatkan dokumen tentang 1MDB atau SRC. Saya hanya bertemu dengan Chief Executive Officer SRC (NIK Faisal Ariff Kamil) sekali [sejak formasi SRC], dan bahkan kemudian ia tidak membawa dokumen apapun. Dia (NIK Faisal) tidak datang setelah itu, "kata Ahmad Husni.

Selama kesaksiannya, Ahmad Husni ditunjukkan beberapa dokumen termasuk memo tentang 1MDB's rekomendasi bahwa SRC diletakkan di bawah MoF Inc.

"Memo ini seharusnya dikirim ke Menteri Keuangan II. Apakah Anda menerima memo ini? "tanya Muhammad izzat.

"Aku hanya melihat dokumen ini untuk pertama kalinya ketika MACC (Malaysia anti korupsi Komisi) menunjukkan kepada saya," kata mantan Menteri.

Dia juga menunjukkan menit menyatakan ia mendukung kedua RM2 milyar pinjaman kepada SRC sebelum ditanya tentang keadaan yang mengarah ke pembuatan menit.

"Dengan hal yang berkaitan dengan SRC, tugas saya hanya untuk mengikuti perintah," katanya.

"Apakah Anda menelaah masalah ini?" tanya DPP.

"Bagaimana saya harus mempelajari masalah ini? Tidak ada dokumen yang dikirim kepada saya. NIK Faisal tidak pernah muncul untuk pertemuan. Saya hanya memiliki satu pertemuan dengannya dan dia tidak membawa dokumen apa pun. Saya tidak pernah melihatnya lagi setelah itu, "ujar Ahmad Husni.

Ahmad Husni ditunjukkan dokumen mengenai pinjaman RM2 billion diberikan kepada SRC juga.

Sementara dokumen tersebut melahirkan tanda tangan Ahmad Husni, ia berkata bahwa ia "tidak memiliki pilihan dan dipaksa untuk menandatangani [itu]".

Dia menunjukkan bagaimana hal yang berbeda dilakukan dalam SRC dan 1MDB, tidak sejalan dengan bagaimana perusahaan lain Inc MoF beroperasi.

"Seorang perwira membawa dokumen dan saya menandatanganinya," katanya, seraya menambahkan tidak ada pembahasan sebelum meninking tanda tangannya.

Muhammad Shafee: Husni berbicara hampir seperti pistol yang ditahan di kepalanya

Setelah Muhammad izzat menyelesaikan ujiannya di kepala Ahmad Husni, penasihat utama Najib Tan Sri Muhammad Shafee Abdullah mengatakan bahwa ia akan membutuhkan instruksi penuh dari kliennya untuk mengkonfirmasi pernyataan Ahmad Husni, mengingat hubungan resmi antara keuangan Menteri (Najib) dan Menteri Keuangan kedua.

"Saya akan perlu untuk mengambil instruksi penuh dari klien saya. Kesaksian [saksi '] sangat mirip dengan orang yang marah terhadap klien saya. Saya ingin mengetahui keadaan sebenarnya dari apa yang dia katakan, "ujar Muhammad Shafee.

Dia menunjukkan bagaimana Ahmad Husni terus mengulangi bahwa ia tidak memiliki pilihan dalam menandatangani memo dan dokumen.

"Dia menandatangani dokumen dan terus berkata ' aku tidak punya pilihan ', hampir seperti pistol ditahan di kepalanya," kata pengacara.

Muhammad Shafee meminta pengadilan untuk memberikan hari libur baginya untuk mendapatkan instruksi penuh dari kliennya. Keadilan Mohd Nazlan Mohd Ghazali diperbolehkan libur sehari, mengatakan proses akan terus besok pagi.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, saya, src, tidak, untuk



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Beberapa Komponen Yang Wajib di Periksa Pada Motor Ketika Musim Hujan Datang aristanovie Program Forumku 22 11th June 2020 02:56 PM
Makanan Yang Wajib Dihindari Ketika Haid Datang penioktaviani Health Kesehatan 3 15th December 2018 03:05 PM
Mantan PM Malaysia Najib Razak Ditangkap Terkait Kasus Korupsi Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 4th July 2018 04:07 PM
Dan Rusia pun Akhirya Datang supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 7th January 2015 09:34 AM
Selamat Datang (masuk Please)------- idlamalif Indonesia Membangun! 14 20th December 2012 12:20 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 03:58 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts