forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 20th August 2019, 01:54 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Ketegangan terhadap Perubahan Iklim Mendominasi Puncak Forum Kepulauan Pasifik

Pada pertemuan tiga hari di forum Kepulauan Pasifik (PIF) pekan lalu, negara Pasifik kecil menghadapi kekuasaan imperialis Regional Australia dan Selandia Baru atas tidak adanya tindakan mereka pada masalah mendesak perubahan iklim. Pertemuan tahunan ke-50 dari PIF, yang menyatukan para pemimpin dari 18 negara Pasifik, terjadi di Tuvalu.

Komunike KTT ini disahkan dengan kualifikasi bahwa tidak semua negara didukung panggilan oleh semua negara anggota untuk larangan global langsung pada pembangkit listrik tenaga batubara dan coalmines, dan untuk semua negara dengan cepat fase penggunaan batubara di sektor listrik.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison berhasil menghapus setiap komitmen khusus untuk membatasi suhu yang meningkat hingga tidak lebih dari 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri. Referensi untuk batubara telah dihapus dari komunike, meskipun dalam pernyataan terpisah, frase "krisis perubahan iklim" tetap.

Mengekspresikan kekecewaan dengan hasil, kursi Forum Tuvalu Perdana Menteri Enele Sopoaga menggambarkan 12-jam pertemuan pemimpin ' sebagai "yang sangat, sangat sulit, sulit perjuangan." Pembicaraan dilaporkan hampir runtuh dua kali di tengah "sengit" bentrokan atas Australia "garis merah" pada perubahan iklim. Australia adalah penghasil karbon terbesar di kawasan ini dan salah satu eksportir batubara terbesar di dunia.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern tidak mengkritik posisi pemerintah Australia. Dia salah mempresentasikan komunike akhir sebagai "kompromi" antara "beberapa orang yang ingin melangkah lebih jauh dan beberapa yang akan berharap itu telah mendorong kembali lebih jauh ke arah lain."

Bahkan, posisi dominan Australia dan Selandia Baru terus berlaku. Perdana Menteri Fiji Frank Bainimarama mengatakan kepada wali bahwa Morrison hanya menghadiri "untuk memastikan bahwa kebijakan Australia ditegakkan oleh negara Pulau Pasifik." Dia membanting Morrison untuk "mengasingakan" para pemimpin Pasifik dan memperingatkan bahwa hal ini akan mendorong mereka lebih dekat ke Cina, menambahkan "orang Cina tidak menghina kita."

Kehadiran delegasi pengamat dari Cina dan AS menggarisbawahi meningkatnya ketegangan Geo-strategis yang menyelimuti Pasifik saat Washington landai melakukan konfrontasi diplomatik, perdagangan dan strategis dengan Beijing. Australia dan Selandia Baru telah memperkuat aliansi mereka dengan pemerintahan Trump dan berusaha untuk menegaskan kembali dominasi Regional mereka sendiri dan mendorong balik kehadiran Cina.

Ini bukan pertama kalinya Canberra telah membatalkan upaya untuk mengatasi perubahan iklim. Pada 2015 KTT PBB di Paris, para pemimpin Pasifik gagal membujuk Canberra dan Wellington untuk mendukung upaya menjaga suhu global meningkat di bawah 1,5 derajat Celcius, bukan tujuan saat ini yaitu 2 derajat. Negara Pasifik juga menuntut ganti rugi atas kehilangan dan kerusakan, dan pengakuan untuk pengungsi perubahan iklim.

Pada forum tahun lalu di Nauru, Deklarasi Boe, yang secara resmi menyoroti perubahan iklim sebagai "ancaman terbesar tunggal bagi mata pencaharian, keamanan dan kesejahteraan rakyat Pasifik," disiram turun di Australia desakan.

Tuvalu mencontoakan krisis yang dihadapi negara Pasifik. Terdiri dari sembilan Atol dan dengan populasi hanya 11.000, ini adalah salah satu negara terkecil dan paling rentan di dunia. Titik tertinggi adalah sedikit lebih dari empat meter di atas permukaan laut dan pulau utama di tempat ini hampir 20 meter lebar. Laut yang meningkat menimbulkan ancaman eksistensial. Ketika topan Pam menghantam Vanuatu di 2015, badai melonjak terendam sekitar 40 persen dari Tuvalu.

Sebuah laporan 2018 Bank Dunia meramalkan bahwa 180.000 orang di Kiribati, Tuvalu, Kepulauan Marshall, Tokelau dan atol di beberapa negara yang lebih besar akan secara signifikan dipengaruhi oleh perubahan iklim. Masyarakat pesisir dataran rendah secara khusus terpapar kenaikan permukaan laut, banjir pasang surut, lonjakan badai yang semakin intens dan erosi. Di Fiji, empat desa pantai telah dipaksa untuk relokasi, dengan 80 lain diidentifikasi untuk relokasi masa depan potensial.

Dalam memimpin-sampai ke puncak PIF, Australia dan Selandia Baru berada di bawah api untuk posisi iklim mereka. Pada bulan Juli, pemimpin Pasifik pertemuan di Fiji, dengan Australia dan NZ absen, menyatakan krisis iklim dan menuntut mengakhiri penambangan batubara dan pengurangan ditegakkan emisi karbon.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
australia, dan, pasifik, untuk, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Kepulauan Pasifik Kaukus Membentuk Kongres Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 25th July 2019 10:09 AM
China Incar Kepulauan Pasifik untuk Jadi Pangkalan Strategis Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 11th June 2019 11:03 AM
Binatang Pemenang dan Pecundang Perubahan Iklim di Antartika Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 18th January 2019 10:47 AM
Perubahan Iklim: Negara Setuju pada Iklim Paris Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 16th December 2018 10:23 AM
Perubahan Iklim dan Kesehatan atasipenyakitginjal Health Kesehatan 4 30th June 2015 09:53 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:17 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts