forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 10th September 2019, 02:44 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Mengapa Protes Papua Berakhir Jadi Kerusuhan?

Pemberontakan tingkat rendah telah menggelambatkan di provinsi Papua dan Papua Barat sejak awal 1960-an, ketika kolonialis Belanda menarik diri dari wilayah tersebut dan Indonesia pindah sebagai administrator sementara.

Sebuah referendum tentang kemerdekaan disepakati di bawah kesepakatan UN-broker tetapi pemungutan suara, yang diadakan di 1969 dan dianggap secara luas sebagai palsu (beberapa menyebutnya sebagai "tindakan tidak ada pilihan "), diperbolehkan hanya 1026 penduduk setempat dipilih oleh Indonesia untuk memilih-dan mereka sepakat untuk dan penggabungan ke Indonesia.

Protes Papua yang paling baru telah melihat beberapa orang tewas, bangunan terbakar dan kekerasan di jalanan. Ribuan orang telah mengambil bagian dalam protes di seluruh negeri, terbang dilarang bendera bintang fajar dan menuntut kemerdekaan.

Pemerintah Indonesia mendeportasi empat orang Australia dari Papua Barat. Diduga mereka telah berpartisipasi dalam protes pro-kemerdekaan.

Jadi apa yang ada di balik semua ketegangan di Papua? Mengapa protes ini terjadi sekarang? Dan apa yang akan Indonesia lakukan tentang mereka?

Kerusuhan saat ini secara diplomatis sensitif untuk Australia dan Indonesia-kenangan peran kunci Australia dalam kemerdekaan Timor Timur tidak memudar. Beberapa dalam pendirian politik dan militer Jakarta takut Australia bisa keluar untuk mendukung kemerdekaan Papua, tetapi pemerintah yang berturut-turut telah menekankan bahwa Australia menghormati integritas teritorial Indonesia.

Di mana Papua?

Papua, yang sebelumnya dikenal sebagai Irian Jaya, berada di depan pintu Australia-hanya sekitar 500 kilometer jauhnya sebagai gagak lalat-dan Australia adalah rumah bagi banyak aktivis Papua yang menganjurkan untuk Papua Merdeka.

Papua Barat dan Papua berada di pulau yang sama dengan Papua Nugini, yang menempati sisi timur dari massa daratan. PNG tidak pernah menjadi bagian dari Indonesia.

Apa yang tertinggal ketegangan?
Sekitar 3.500.000 orang tinggal di Papua, sebagian kecil penduduk Indonesia sekitar 260.000.000 orang. Hanya pada 2003, bahwa Papua Barat telah di hived dan Provinsi kedua diciptakan. Bersama-sama, Provinsi ini dulunya dikenal sebagai Irian Jaya, namun nama Papua diadopsi (sejalan dengan preferensi lokal) segera setelah mantan Presiden Megawati Sukarnoputri memberikan otonomi terbatas pada provinsi tersebut pada 2002.

Otonomi ini memungkinkan provinsi untuk mempertahankan sebagian besar pendapatan yang dihasilkan dari ekstraksi sumber daya alam seperti minyak dan gas-deposito emas, tembaga, perak, minyak bumi, gas alam dan batubara juga masih belum dimanfaatkan. Hal ini juga dirancang untuk kepala dari keinginan untuk kemerdekaan Papua.

Dan diharapkan bahwa otonomi tambahan akan membantu mengangkat rakyat Papua dari kemiskinan. Papua dan Papua Barat adalah dua Provinsi termiskin dan paling korup di Indonesia. Tingkat kemiskinan lebih dari 20 persen dibandingkan dengan tingkat nasional 9,4 persen.

Bank Dunia mencatat bahwa, meskipun provinsi yang kaya akan sumber daya, pembangunan ekonomi adalah "luar biasa menantang" karena geografi- "pegunungan curam, dataran rendah rawa, tanah rapuh dan curah hujan musiman berat "-dan karena kepadatan penduduk yang rendah dan fragmentasi budaya yang ekstrem.

Rerata, orang mendapatkan lebih sedikit dan tidak hidup selama. Kedua Provinsi kekurangan akses ke layanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan. Mereka juga kekurangan infrastruktur penting dibandingkan dengan sebagian besar negara lain.

Menyediakan beberapa otonomi tidak benar-benar bekerja untuk kepala dari masalah. Bentrokan yang mematikan antara pemberontak bersenjata dan pasukan keamanan Indonesia adalah kejadian yang biasa, karena serangan terhadap pekerja membangun jalan Raya Trans-Papua yang baru dan pada proyek sumber daya seperti tambang emas dan tembaga Grasberg yang besar (di mana Indonesia tahun lalu mengambil saham mayoritas).

Apa yang memicu protes saat ini?
Protes yang paling baru dimulai segera setelah 17 Agustus, Indonesia hari kemerdekaan nasional, ketika 43 siswa Papua di Surabaya, Jawa Timur, ditangkap karena diduga merusak bendera Indonesia.

Video pasukan keamanan yang menangkap para siswa Papua segera muncul setelahnya, dan mereka dapat mendengar dengan jelas panggilan orang Papua "Monkeys " dan "Dogs ".

Protes yang keras dan kerusuhan yang mematikan ini dimulai segera setelah itu di ibu kota daerah Jayapura dan Manokwari, dan di beberapa Bandar kecil seperti Timika, Sorong, Fakfak dan di Kabupaten seperti Deiyai.

Apa yang telah terjadi sejauh ini?
Seperti yang sering terjadi dengan Papua, sulit untuk memverifikasi banyak klaim dan kontra-klaim yang dibuat oleh pemerintah dan pendukung kemerdekaan.

Antara empat dan tujuh warga sipil dan satu tentara meninggal selama bentrokan di Kabupaten Deiyai pada 28 Agustus (pemerintah telah membantah jumlah warga sipil tewas dan tidak jelas apa nomor akhir).

Seorang pria lain tewas selama pertempuran senjata pada 23 Agustus, dan empat warga sipil tewas dalam bentrokan di Jayapura, ibukota Papua, pada 1 September.

Pada September 5, situasi tampak menenangkan, meskipun yang bisa berubah pada saat itu. Pemerintah memperkirakan bahwa perbaikan bangunan pemerintah yang rusak dalam kerusuhan akan menelan biaya setidaknya $7.000.000.

Bagaimana Jakarta merespon?
Dalam masalah ini, Presiden Joko Widodo telah menyerukan ketenangan di kedua propinsi tersebut, mengutuk serangan rasis di Surabaya dan, dalam pertemuan baru-baru ini dengan para Penyunting Surat Kabar utama, berbicara tentang sebuah "pendekatan kemakmuran" untuk menangani Propinsi ' pengaduan, menurut The Jakarta Post.

Pendekatan Joko, pada dasarnya, berarti lebih banyak investasi dalam infrastruktur dan pembangunan untuk mengatasi kemiskinan dan kerugian. Dia telah menghabiskan lebih banyak waktu di Papua, dan menginvestasikan lebih banyak uang dalam infrastruktur yang sangat dibutuhkan, daripada pemimpin Indonesia sebelumnya.

Salah satu proyek tandingannya adalah jalan tol Trans-Papua sepanjang 4325 kilometer, sebuah jaringan jalan yang akan menghubungkan berbagai kota termasuk Jayapura dan ibu kota Papua Barat, Manokwari. (Kritik telah menimbulkan keprihatinan tentang kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh proyek, dan berpendapat itu sedang dibangun sehingga lebih banyak sumber daya negara dapat dimanfaatkan.)

Tapi Joko akan datang dari dasar yang sangat rendah dan para kritikus berpendapat bahwa dia belum cukup berbuat untuk memperbaiki situasi hak asasi manusia, atau melakukan tuntutan terhadap referendum.

Sementara itu, Jakarta telah mengirimkan sekitar 6000 polisi dan tentara tambahan, dan Panglima Angkatan Darat Hadi Tjahjanto dan Panglima kepolisian nasional Tito Karnavian telah kedua diterbangkan ke Papua.

Layanan Internet yang melambat, dan kemudian sebagian besar dimatikan, dengan pemerintah berdebat hal ini akan menghentikan penyebaran Hoax dan memperlambat organisasi protes. Pemadaman Internet telah berakhir di sebagian besar Papua pada 5 September.

Lebih dari 50 orang telah disebut sebagai tersangka untuk berpartisipasi dalam berbagai protes, dan penangkapan demonstran telah dibuat. Dua anggota militer sedang diselidiki. Polisi Indonesia bersumpah untuk memburu separatis disalahkan atas protes keras.

Jakarta menyalahkan Benny Wenda, pemimpin gerakan pembebasan untuk Papua Barat yang tinggal di pengasingan di Inggris, untuk membantu membangkitkan masalah. Hal ini juga dibebankan pengacara hak asasi manusia Veronica Koman dengan "incitement " untuk tweets mereka mengklaim itu berita bohong.

Apakah Papua dapat memperoleh referendum kemerdekaan?
Setelah bertemu Joko, gubernur Papua, Lukas Enembe, mengatakan kepada wartawan pekan lalu bahwa Presiden bersedia mendiskusikan referendum kemerdekaan.

Tapi itu sulit untuk melihat bahwa terjadi. Menteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Wiranto, telah membubarkan referendum dari tangan. Ia adalah mantan jenderal militer yang merupakan figur kunci dalam peristiwa-acara yang berujung pada referendum 1999 tentang kemerdekaan Timor Leste, dan ia menentang gerakan kemerdekaan tersebut juga.

Joko telah berbicara tentang perlunya dialog antara pendukung kemerdekaan dan pemerintah. Memungkinkan referendum kemerdekaan akan menyebabkan dia mengalami masalah besar di Jakarta dan merusaknya secara politis pada awal masa jabatannya yang kedua dan terakhir.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, papua, telah, untuk, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Indonesia Mendeportasi Warga Australia yang Ikut Protes Papua Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 3rd September 2019 03:30 PM
Protes di Papua: Ibu Kota Jayapura Dibakar Pengunjuk Rasa Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 31st August 2019 02:43 PM
Ratusan Tahanan Melarikan Diri Setelah Kerusuhan Papua Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 22nd August 2019 01:25 PM
Mengapa paraben jadi kandungan bahaya? Congkibar Forum Wanita dan Perempuan 0 19th October 2018 03:41 PM
Dana Khusus Infrastruktur Papua Naik Jadi Rp500 M nonasakamoto Business and Economy! 0 20th February 2015 08:43 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 01:45 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts