forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 13th September 2019, 02:55 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Hutan Indonesia Terbakar, Malaysia dan Singapura Terkena Asap

Pihak berwenang Malaysia mendistribusikan setengah juta masker wajah kepada penduduk pada hari Selasa setelah kebakaran hutan skala besar di Indonesia menyebarkan asap dan kabut tebal ke negara-negara tetangga.

Kebakaran hutan yang hebat telah melanda seluruh wilayah Indonesia di Sumatra dan Kalimantan dalam beberapa minggu terakhir. Lebih dari 930.000 hektar (sekitar 2,3 juta hektar) lahan telah terbakar, ratusan penduduk dievakuasi, dan lebih dari 9.000 personil telah dikerahkan untuk memerangi api, menurut CNN Indonesia.
Di dekatnya, Singapura dan Malaysia keduanya tersumbat dalam kabut tebal sepanjang minggu, dengan kualitas udara mencapai tingkat yang tidak sehat.
Kebakaran itu diduga disebabkan oleh petani yang menggunakan teknik tebang dan bakar untuk membersihkan lahan yang kaya secara ekologis - praktik yang sama yang menyebabkan kebakaran tak terkendali di Amazon Brasil musim panas ini.
Pada hari Selasa, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Malaysia mendistribusikan setengah juta masker wajah ke negara bagian Sarawak, yang memperlihatkan lonjakan indeks polusi udara (API), menurut agen media negara Bernama. 409 sekolah di negara bagian ditutup pada hari Selasa sebelum dibuka kembali hari ini, Bernama melaporkan.
API mengukur berbagai polutan untuk mengukur kualitas udara, yang biasanya ditentukan oleh konsentrasi partikel halus, atau PM2.5, per meter kubik. Partikel-partikel mikroskopis dianggap sangat berbahaya karena mereka cukup kecil untuk masuk jauh ke dalam paru-paru dan dapat masuk ke organ lain atau aliran darah.

Dalam 24 jam terakhir, 11 dari 16 negara bagian dan teritori Malaysia telah mencatat level API dalam rentang "tidak sehat" 101-200. Kabupaten Rompin di Pahang mencatat tingkat tertinggi, dengan kata "sangat tidak sehat" pada puncak 232.
Di Singapura, API mencapai puncak 151 pada hari Selasa, dengan tingkat sebagian besar dalam kisaran "tidak sehat" sepanjang hari.
Singkatnya, pada hari Rabu API adalah 7 yang sehat di New York City dan 24 di London. Bahkan Beijing, sebuah kota yang terkenal karena polusi, mengukur tingkat "baik" 50.
Gambar pada hari Selasa menunjukkan Menara Kembar Petronas yang ikonis di Kuala Lumpur Malaysia diselimuti kabut abu-abu. Media lokal melaporkan banyak warga mengenakan masker dan tinggal di dalam rumah.

Tingkat API yang luar biasa tinggi telah dikaitkan dengan asap yang melayang dari kebakaran di Indonesia, menurut Pusat Meteorologi Khusus Asean (ASMC). Situs ASMC menggambarkan "titik-titik panas yang terus-menerus dengan kabut asap sedang hingga tebal" di wilayah Sumatra dan Kalimantan Indonesia, yang telah terdeteksi selama beberapa minggu sekarang oleh data satelit.
Angin kemudian membawa kabut asap yang lebat dan tidak sehat ini ke negara-negara tetangga seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura, yang juga mengalami polusi udara tingkat tinggi, kata ASMC.
Badan Lingkungan Nasional Singapura (NEA) mengeluarkan penasehat kesehatan pada hari Selasa, juga menunjuk pada kebakaran di Indonesia sebagai penyebab polusi dan memperingatkan penduduk untuk tetap tinggal di dalam rumah. Menurut NEA, ada 1.286 hotspot terdeteksi di Sumatra dan Kalimantan pada hari Selasa.
Pihak berwenang Malaysia juga mendesak rekan-rekan mereka dari Indonesia untuk mengambil tindakan dan mencegah kabut agar tidak menyebar lebih jauh, menurut Bernama.

Masalahnya bukan hal baru, tetapi masih ada. Selama bertahun-tahun, kebakaran di Sumatra telah menyebabkan seluruh Indonesia, Singapura, dan Malaysia tersedak kabut asap. Terkadang, API di Indonesia mencapai 1.000, dengan jarak pandang di bawah 100 meter.
Ini berasal dari pembakaran tahunan tanah untuk produksi anak anjing, kertas, dan minyak sawit - industri yang telah menghancurkan hutan Indonesia selama bertahun-tahun.
Partikel-partikel dalam polusi yang disebabkan oleh pembakaran dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan pernapasan serta kanker, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pihak berwenang di Indonesia telah mencoba menghentikan pembakaran. Ini adalah praktik ilegal, dan mereka yang terbukti bersalah dapat didenda hingga 10 miliar rupiah (US $ 700.000), dan manajemen menghadapi 10 tahun penjara - tetapi pembakaran tetap saja terjadi. Bulan lalu, Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan dia merasa "malu" oleh api, mengakui dampak asap di Singapura dan Malaysia, menurut Bernama.
Kebakaran juga meningkatkan kontribusi Indonesia terhadap perubahan iklim, karena lahan yang terbakar sangat kaya karbon. Organisasi lingkungan seperti Greenpeace dan World Wildlife Fund telah berbicara menentang kebakaran, menyerukan tindakan untuk melestarikan tanah.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, hari, indonesia, telah, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Tak Punya Tambang, Malaysia & Singapura Malah Ekspor Timah sucyresky Business and Economy! 0 27th June 2015 07:36 AM
Malaysia Paling Terkena Imbas Jatuhnya Pesawat AirAsia sucyresky Business and Economy! 1 1st January 2015 08:00 PM
Mengukur Nyali Malaysia, Militer Indonesia Unggul atas Malaysia reyzfuzby Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 10 26th November 2013 07:46 PM
Daya Saing Ekonomi RI Kalah dari Singapura & Malaysia alnpr Business and Economy! 0 24th May 2013 03:44 PM
Malaysia Punya Menara Kembar, Singapura & Indonesia Juga ianvbz Forumku the Lounge 0 19th December 2012 10:17 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 01:02 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Promosi Forumku :

CakeDefi Learn to Earn

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2022, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2022 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts