forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 26th September 2019, 04:05 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Iran ke AS: Anda Harus Membayar Lebih Banyak untuk Kesepakatan Nuklir Baru

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan pada hari Rabu bahwa Amerika Serikat harus "membayar lebih" untuk setiap perjanjian nuklir baru yang melampaui kesepakatan nuklir Iran 2015 yang ditinggalkan Washington.

Rouhani juga tampaknya menolak bertemu dengan Presiden AS Donald Trump sementara keduanya berada di New York minggu ini untuk Sidang Umum PBB tahunan dan memperingatkan para pemimpin dunia bahwa wilayah Teluk berada di ambang kebakaran.

"Tanggapan kami terhadap pembicaraan di bawah tekanan adalah tidak," kata Rouhani dalam pidatonya di PBB bahkan ketika Amerika Serikat meningkatkan tekanan dengan memberi sanksi kepada perusahaan-perusahaan Cina untuk berurusan dengan minyak Iran meskipun ada sanksi AS.

Konfrontasi AS-Iran telah meningkat sejak tahun lalu, ketika Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara besar dan menerapkan kembali sanksi yang telah melumpuhkan ekonominya.

Trump menginginkan kesepakatan yang melampaui kesepakatan nuklir 2015 dan akan lebih mengekang program atom Iran, membatasi kerja rudal balistiknya, dan mengakhiri dukungannya untuk pasukan proksi di Timur Tengah.

"Jika Anda menginginkan lebih, jika Anda membutuhkan lebih, Anda harus memberi dan membayar lebih," kata Rouhani dalam pidatonya di Majelis Umum PBB, tanpa memberikan perincian.

Dalam pidatonya sendiri pada hari Selasa, Trump menuduh para pemimpin Iran "haus darah" dan meminta negara-negara lain untuk menekan Iran setelah serangan 14 September pada fasilitas minyak Saudi yang dituduh Washington terhadap Teheran meskipun ada penolakan.

Amerika Serikat berencana untuk meningkatkan kehadiran militernya di Arab Saudi setelah serangan itu.

Rouhani, bagaimanapun, mengatakan wilayah Teluk "di tepi kehancuran, karena satu kesalahan besar dapat memicu kebakaran besar."

“Kami tidak akan mentolerir intervensi provokatif orang asing. Kami akan menanggapi dengan tegas dan tegas segala bentuk pelanggaran dan pelanggaran keamanan dan integritas wilayah kami, ”kata Rouhani dalam pidatonya.

Trump mengatakan masih ada jalan menuju perdamaian dan Rouhani, arsitek pakta nuklir, juga membiarkan pintu terbuka bagi diplomasi, dengan mengatakan bahwa jika sanksi dicabut, Washington dapat bergabung dengan pembicaraan nuklir antara Teheran dan kekuatan lainnya.

Tidak ada pertemuan Trump-Rouhani terlihat

Meskipun para pemimpin Prancis dan Inggris mendesak Rouhani untuk bertemu Trump, seorang pejabat Iran mengatakan kepada Reuters bahwa tidak ada kemungkinan bahwa presiden AS dan Iran akan bertemu minggu ini.

"Peluang pertemuan adalah nol. Mereka tahu apa yang harus dilakukan. Mereka harus kembali ke JCPOA, mencabut sanksi dan mengakhiri tekanan maksimum yang tidak adil ini terhadap Iran, ”kata pejabat itu, merujuk pada kesepakatan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) 2015.

"Maka tentu saja mereka dapat bergabung dalam pembicaraan di bawah kesepakatan," kata pejabat itu, yang berbicara kepada Reuters dengan syarat anonim, menambahkan.

Di bawah kesepakatan 2015, Iran membatasi program nuklirnya dengan imbalan bantuan dari sanksi ekonomi yang membatasi kemampuannya untuk berdagang dengan dunia.

Sejak meninggalkan kesepakatan tahun lalu, Trump pada Mei memperketat sanksi terhadap Iran dalam upaya mengurangi ekspor minyaknya - sumber utama devisa dan pendapatan pemerintah - menjadi nol.

Pada hari Rabu, Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap lima orang China dan enam entitas yang dituduh secara sengaja mentransfer minyak dari Iran dengan melanggar pembatasan Washington di Teheran. Entitas tersebut termasuk dua anak perusahaan Cosco Shipping tetapi bukan perusahaan induknya sendiri.

Meskipun pada awalnya menghormati kesepakatan tersebut meskipun Trump menarik diri, Iran secara bertahap mengurangi kepatuhannya dan mengancam akan memblokir Selat Hormuz di Teluk, yang melaluinya diperkirakan seperlima dari minyak yang lewat di dunia.

Amerika Serikat telah menyalahkan Iran atas serangkaian tindakan sejak Mei - beberapa di antaranya telah dibantah Iran - yang telah mengguncang pasar minyak, termasuk serangan terhadap setengah lusin tanker, menembak jatuh pesawat tak berawak AS dan serangan 14 September terhadap fasilitas Aramco.

Serangan udara di jantung industri minyak Arab Saudi merusak fasilitas pemrosesan minyak terbesar di dunia dan merobohkan lebih dari 5% pasokan minyak global.

Menteri Negara Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan Riyadh sedang berkonsultasi "dengan teman-teman dan sekutu tentang langkah selanjutnya yang harus diambil" begitu penyelidikan mengenai siapa yang bertanggung jawab atas serangan itu selesai.

Amerika Serikat, negara-negara Eropa dan Arab Saudi menyalahkan serangan terhadap Iran, dan bukannya kelompok Houthi yang berpihak pada Iran yang mengklaim bertanggung jawab. Iran menjauhkan diri dari serangan, tetapi mengatakan siap untuk perang "penuh".

Konfrontasi itu bisa memberi titik keseimbangan kekuatan di Iran dalam mendukung garis keras yang berusaha membatasi kemampuan Rouhani untuk membuka diri ke Barat, terutama karena keengganan Ayatollah Ali Khamenei terhadap Washington tetap menjadi penghalang yang hebat untuk solusi diplomatik apa pun.

Dalam kalimat terakhir dari pidatonya, Rouhani mengangkat kemungkinan pembicaraan.

“Ini adalah pesan dari bangsa Iran: Mari berinvestasi pada harapan menuju masa depan yang lebih baik daripada dalam perang dan kekerasan. Mari kita kembali ke pengadilan; untuk kedamaian; untuk hukum, komitmen dan janji dan akhirnya ke meja perundingan, "katanya.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, dengan, iran, untuk, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Ingin Beri Trump Lebih Banyak Kemampuan untuk Gunakan Nuklir? Yakin Itu Ide Bagus? Itsaboutsoul Forumku USA dan Canada 1 25th February 2023 02:59 PM
Trump Mengatakan Kesepakatan Nuklir Iran dapat Dicapai Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 28th May 2019 10:32 AM
Program Nuklir Iran Saat Kesepakatan 2015 Terurai Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 17th May 2019 10:51 AM
Mitos Seputar Kesepakatan Nuklir Iran Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 11th May 2019 10:08 AM
Rouhani Mendukung Prestasi Kesepakatan Nuklir 2015 Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 2nd February 2019 09:49 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 01:04 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Promosi Forumku :

CakeDefi Learn to Earn

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2024, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2024 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts