forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku the Lounge Welcome to Forumku the Lounge. Berita, Informasi Santai, Unik, Menarik, Menyenangkan, Memotivasi, Membanggakan. DAN POSITIF !!!

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 29th December 2012, 02:40 PM   #1
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,044
Likes: 1,731
Liked 190 Times in 113 Posts
Default Keutamaan Surat Al Mulk, Surat ke-67 Al Quran

Hari Sabtu Hari Libur ...
Saat Waktu Cari Bubur ...

Tak Dinyana Tak Dikira
Tertampak Wacana Sangat Berguna ...

Sila Dibaca Arti dan Makna

Keutamaan Surat Al Mulk (Tabarak)
Posted on October 14, 2012 by finda

Kutipan : http://definda.wordpress.com/2012/10...-mulk-tabarak/

Quote:
Kali ini si pemilik blog sedang mencoba untuk sharing postingan yang agak berbobot (maklum biasanya rada ga jelas), yaitu tentang keutamaan salah satu surat favorit saya yaitu surat al Mulk. Surat urutan pertama dalam juz 29 ini ternyata memiliki beberapa keutamaan bagi siapa saja yang mendawamkannya, baik yang menghafalnya, rutin membacanya maupun memaknainya secara kontinyu. Mungkin itulah sebabnya para ustadz sering sekali mengingatkan dan mendorong kita untuk menghafalkannya dan membacanya pada malam hari secara rutin.




Dalam sebuah hadits dikatakan :
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أنَّ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: سُورَةٌ مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً تَشْفَعُ لِصَاحِبِهَا حَتَّى يُغْفَرَ لَهُ {تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ}. وفي رواية: فأخرجته من النار و أدخلته الجنة حسن رواه أحمد وأصحاب السنن.
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Satu surat dalam Alquran (yang terdiri dari) tiga puluh ayat (pada hari kiamat) akan memberi syafaat (dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya) sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu surat Al-Mulk): “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”. Dalam riwayat lain: “…sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga.”
(HR. Abu Dawud no. 1400, At-Tirmidzi no. 2891, Ibnu Majah no. 3786, Ahmad 2:299, dan Al-Hakim no. 2075 dan 3838, dinyatakan shahih oleh Imam Al-Hakim dan disepakati oleh Imam Adz-Dzahabi, serta dinyatakan hasan oleh imam At-Tirmidzi dan syaikh Al-Albani).
Hadis yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan membaca surat ini secara kontinyu, karena ini merupakan sebab untuk mendapatkan syafaat dengan izin Allah ‘Azza wa Jalla. (Faidhul Qadir, 2:453)
Hadis ini semakna dengan hadis lain dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Satu surat dalam Alquran yang hanya (terdiri dari) tiga puluh ayat akan membela orang yang selalu membacanya (di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala) sehingga dia dimasukkan ke dalam surga, yaitu surat: “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan.”
(HR. Ath-Thabarani dalam Al-Mu’jamul Ausath no. 3654 dan Al-Mu’jamush Shagir no. 490, dinyatakan shahih oleh Al-Haitsami dan Ibnu Hajar dinukil dalam kitab Faidhul Qadir 4:115 dan dinyatakan hasan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jaami’ish Shagir no. 3644).
Dalam hadits lainnya juga diceritakan:
Telah menceritakan pada kami ‘Ubaidullah bin ‘Abdil Karim, ia berkata, telah menceritakan pada kami Muhammad bin ‘Ubaidillah Abu Tsabit Al Madini, ia berkata, telah menceritakan pada kami Ibnu Abi Hazim, dari Suhail bin Abi Sholih, dari ‘Arfajah bin ‘Abdul Wahid, dari ‘Ashim bin Abin Nujud, dari Zarr, dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata,“Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “al Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadits tersebut shahih
Riwayat di atas mauquf, hanya perkataan ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu.
( Hakim mengatakan bahwa sanad hadits tersebut shahih. Sebagaimana dinukilkan oleh Al Mundziri dalam At Targhib wa At Tarhib (2/294). Dan Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut hasan sebagaimana dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib (1589) )
Dari penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa Keutamaan surat Al Mulk yang disebutkan dalam riwayat Ibnu Mas’ud adalah:
1. Surat Al Mulk disebut dengan surat al Mani’ah, yaitu penghalang dari siksa kubur jika rajin membacanya di malam hari.
2. Membaca surat Al Mulk di malam hari adalah suatu kebaikan.
Nah, sudah tahu kan apa saja keutamaan (fadilah) surat al Mulk. Bagi yang belum hafal, yuk kita mulai untuk menghafalkan bersama-sama supaya memudahkan kita untuk membaca sekaligus memaknainya di manapun. Dan mudah-mudahan kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang memperoleh syafaatnya di yaumil akhir nanti, aamiin…
Likes:(1)
admin is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Old 29th December 2012, 03:51 PM   #2
akbar.saleh
[M]
Freedom
 
akbar.saleh's Avatar
 
Join Date: 22 Dec 2012
Userid: 738
Location: Makassar
Posts: 594
Real Name: Akbar Saleh
Likes: 51
Liked 29 Times in 23 Posts
Default

mksh dah share min

mdh2an bermanfaat buat kita semua
dan bisa mengamalkannya. Amin...
__________________
"Think Big, Start Small and Action Now"
akbar.saleh is offline   Reply With Quote
Old 29th December 2012, 03:52 PM   #3
achmad.rusdiansyah
[M]
Silent Reader
 
achmad.rusdiansyah's Avatar
 
Join Date: 13 Nov 2012
Userid: 621
Location: jakarta - depok PP
Posts: 211
Real Name: Achmad Rusdiansyah
Likes: 6
Liked 18 Times in 11 Posts
Default

alhamdulillah saya pernah mengamalkan, walaupun tidak terlalu sering.

semoga kita semua di jauhkan dari siksa kubur amin.
achmad.rusdiansyah is offline   Reply With Quote
Old 29th December 2012, 11:44 PM   #4
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,044
Likes: 1,731
Liked 190 Times in 113 Posts
Default

^ Lanjutan tambahan informasi

http://www.konsultasisyariah.com/keu...#axzz2GQKq1OLW

Quote:
Keutamaan Surat Al Mulk

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum
Benarkah surat Al-Mulk bisa memberi syafaat?
Matur nuwun
Dari: Arriqa

Jawaban:
Wa’alaikumussalam
Keutamaan Surat Al-Mulk

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أنَّ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: سُورَةٌ مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً تَشْفَعُ لِصَاحِبِهَا حَتَّى يُغْفَرَ لَهُ {تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ}. وفي رواية: فأخرجته من النار و أدخلته الجنة حسن رواه أحمد وأصحاب السنن.
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Satu surat dalam Alquran (yang terdiri dari) tiga puluh ayat (pada hari kiamat) akan memberi syafaat (dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya) sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu surat Al-Mulk): “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”. Dalam riwayat lain: “…sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga.” (HR. Abu Dawud no. 1400, At-Tirmidzi no. 2891, Ibnu Majah no. 3786, Ahmad 2:299, dan Al-Hakim no. 2075 dan 3838, dinyatakan shahih oleh Imam Al-Hakim dan disepakati oleh Imam Adz-Dzahabi, serta dinyatakan hasan oleh imam At-Tirmidzi dan syaikh Al-Albani).
Hadis yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan membaca surat ini secara kontinyu, karena ini merupakan sebab untuk mendapatkan syafaat dengan izin Allah ‘Azza wa Jalla. (Faidhul Qadir, 2:453)
Hadis ini semakna dengan hadis lain dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Satu surat dalam Alquran yang hanya (terdiri dari) tiga puluh ayat akan membela orang yang selalu membacanya (di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala) sehingga dia dimasukkan ke dalam surga, yaitu surat: “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan.”
(HR. Ath-Thabarani dalam Al-Mu’jamul Ausath no. 3654 dan Al-Mu’jamush Shagir no. 490, dinyatakan shahih oleh Al-Haitsami dan Ibnu Hajar dinukil dalam kitab Faidhul Qadir 4:115 dan dinyatakan hasan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jaami’ish Shagir no. 3644).
Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadis ini:

- Keutamaan dalam hadis ini diperuntukkan bagi orang yang selalu membaca surat Al-Mulk dengan secara kontinyu disertai dengan merenungkan kandungannya dan menghayati artinya. (Faidhul Qadir, 4:115).
- Surat ini termasuk surat-surat Alquran yang biasa dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebelum tidur di malam hari, karena agungnya kandungan maknanya. (HR At-Tirmidzi no. 2892 dan Ahmad 3:340, dinyatakan shahih oleh Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 585).
- Sebagian dari ulama ahli tafsir menamakan surat ini dengan penjaga/pelindung dan penyelamat (dari azab kubur). (Tafsir al-Qurthubi, 18:205). Akan tetapi penamaan ini disebutkan dalam hadis yang lemah. (Dha’ifut Targibi wat Tarhib, no. 887).
- Alquran akan memberikan syafaat (dengan izin Allah) bagi orang yang membacanya (dengan menghayati artinya) dan mengamalkan isinya (Bahjatun naazhirin, 2:240), sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Bacalah Alquran, karena sesungguhnya bacaan Alquran itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat bagi orang-orang yang membacanya (sewaktu di dunia).” (HR. Muslim no. 804).
Keterangan: Ust. Abdullah Taslim, MA
di ManisnyaIman.com

Read more about AL-QURAN by www.konsultasisyariah.com

Quote:
admin is offline   Reply With Quote
Old 31st December 2012, 05:20 AM   #5
achmad.rusdiansyah
[M]
Silent Reader
 
achmad.rusdiansyah's Avatar
 
Join Date: 13 Nov 2012
Userid: 621
Location: jakarta - depok PP
Posts: 211
Real Name: Achmad Rusdiansyah
Likes: 6
Liked 18 Times in 11 Posts
Default

^ min di antv di wisata hati bareng ustad Yusuf Mansyur , lagi dibahas tuh surat al-mulk
sekarang jam 5 pagi.

ayo bangun tonton tuh. biar lebih memahami lebih dalam lagi.
achmad.rusdiansyah is offline   Reply With Quote
Old 31st December 2012, 10:52 AM   #6
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,044
Likes: 1,731
Liked 190 Times in 113 Posts
Default

^ wah ane nggak tau nich ... kasih tau dong intisari dan summary nya
admin is offline   Reply With Quote
Old 2nd January 2013, 11:05 AM   #7
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,044
Likes: 1,731
Liked 190 Times in 113 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by dandycru View Post
alhamdulillah saya pernah mengamalkan, walaupun tidak terlalu sering.

semoga kita semua di jauhkan dari siksa kubur amin.
Wah ..Topp .. camod achmad
masih hafal surat al mulk nya ?
admin is offline   Reply With Quote
Old 2nd January 2013, 10:08 PM   #8
achmad.rusdiansyah
[M]
Silent Reader
 
achmad.rusdiansyah's Avatar
 
Join Date: 13 Nov 2012
Userid: 621
Location: jakarta - depok PP
Posts: 211
Real Name: Achmad Rusdiansyah
Likes: 6
Liked 18 Times in 11 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by admin View Post
Wah ..Topp .. camod achmad
masih hafal surat al mulk nya ?
wah mimin jangan manggil nama di akte dong. minimal Rusdiansyah. atau dandy ( nama panggilan orang tua dari kecil )

tapi percuma sih ngak ada yang kenal ane kalo nama asli ane.

makanya pas PM Mod endo buat kirim stiker pake nama dandy cru. pasti sampe kalau Rusdiansyah. kaga bakalan sampe ngak ada yang kenal

- kalo hafal si kaga hafal banget om. cuma bisa mengamalkan ajah
achmad.rusdiansyah is offline   Reply With Quote
Old 2nd January 2013, 10:17 PM   #9
adi.panji
[M]
I Love U So Much JB
 
adi.panji's Avatar
 
Join Date: 11 Oct 2012
Userid: 352
Location: Palembang City
Posts: 3,987
Real Name: Adi Panji
Likes: 188
Liked 129 Times in 88 Posts
Default

mah ada camod dsini nangring,,,
good min
__________________
Quote:
Spoiler



From : Dark_Knight_Dragon a.k.a adi panji
adi.panji is offline   Reply With Quote
Old 4th March 2013, 07:44 PM   #10
andi.teguh
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,373
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 228 Times in 169 Posts
Default

jaid mau baca nih min smp rumah
__________________


andi.teguh is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
al-mulk, keutamaan, surat 67



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Contoh Surat Niaga, Surat Permohonan Izin, dan Surat Permintaan adinu Forum BukuKuBaca 0 10th March 2017 03:08 PM
Contoh Surat Pribadi, Surat Bisnis, dan Surat Kuasa adinu Forum BukuKuBaca 0 10th March 2017 03:01 PM
Contoh Surat Pengalaman, Surat Masuk, dan Surat Perintah adinu Forum BukuKuBaca 0 10th March 2017 02:55 PM
Contoh Surat Pengantar, Surat Permohonan, dan Surat Panggilan adinu Forum BukuKuBaca 0 10th March 2017 02:50 PM
Contoh Surat Referensi, Surat Dinas, dan Surat Resmi adinu Forum BukuKuBaca 0 10th March 2017 02:43 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 04:31 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2022, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2022 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts