forumku

forumku (https://www.forumku.com/)
-   Forum Budidaya Hewan dan Ternak - My Farming and Fishery (https://www.forumku.com/forum-budidaya-hewan-dan-ternak-my-farming-and-fishery/)
-   -   Tips Memelihara Ayam Hias (https://www.forumku.com/forum-budidaya-hewan-dan-ternak-my-farming-and-fishery/87-tips-memelihara-ayam-hias.html)

AhmadFai 22nd July 2012 09:34 AM

Tips Memelihara Ayam Hias
 
Bagi Anda yang senang memelihara ayam hias, ada 7 kiat agar ayam hias Anda tetap sehat.

Ketujuh kiat tersebut adalah membawa ayam ke tempat jauh, membuat ayam beradaptasi dengan lingkungan baru, memilih kandang yang tepat, menghilangkan bau pada kandang, mengatasi kanibal, menjaga kesehatan ayam dan memandikan ayam.

Berikut ini keterangan lebih lengkap beberapa kiat diatas yang dapat dilakukan oleh para peternak ayam agar ayam hias selalu berada dalam kondisi sehat.

A. KIAT MEMBAWA AYAM KE TEMPAT YANG JAUH
Jika ayam yang akan dibawa hanya berjumlah 1 atau 2 ekor saja, maka tempat yang akan digunakan untuk mengangkut ayam cukup berupa keranjang bambu.

Jika ayam yang akan dibawa berjumlah banyak, maka tempat yang akan digunakan untuk mengangkut ayam berupa kotak kemasan yang terbuat dari kakoe yu atau cukup berbahan kardus. Yang harus diingat adalah bahwa kotak kayu ataupun kerdus tersebut harus dilengkapi dengan lubang ventilasi.

Jika yang dibawa adalah ayam bekisar atau ayam hutan, kotak kemasan harus ditutup dengan kain berwarna gelap.

Proses pengangkutan harus dilaksanakan pada malam hari untuk menjaga agar ayam tidak stres.

Ayam juga dapat dibius dengan menggunakan obat bius berdosis rendah.

B. KIAT MEMBUAT AYAM BERADAPTASI DENGAN LINGKUNGAN BARU
Kondisi lingkungan hidup yang baru pada awalnya dibuat semirip mungkin dengan kondisi lingkungan hidup yang lama. Penyesuaian dilakukan secara perlahan lahan.

Pakan ayam yang diberikan disamakan dengan pakan ayam yang biasa dimakan dilingkungan hidup yang lama. Penyesuaian dilakukan secara perlahan lahan.

Setibanya dilingkungan hidup yang baru, ayam dapat diberi obat antistres dalam wujud multivitamin seperti B kompleks dan B 12.

C. KIAT MEMILIH KANDANG YANG TEPAT
Pemilihan kandang harus disesuaikan dengan tabiat dari ayam yang akan dipelihara. Misalnya :
Untuk ayam jenis bekisar : kandangnya harus luas dikarenakan ayam bekisar cenderung agresif dan sering curiga sehingga sering memberontak.

Untuk ayam Yokohama : kandangnya harus luas dikarenakan dia mempunyai ekor yang panjang.

D. KIAT MENGHILANGKAN BAU PADA KANDANG
Kotoran ayam dan sisa sisa pakan harus dibuang secara rutin dengan cara disapu setiap hari.

Jika tidak sempat untuk menyapu, kotoran ayam maupun sisa pakan bisa ditaburi dengan kapur tohor supaya tidak berbau dan hama penyakit yang terkandung didalamnya mati.

Ayam sering diberi air minum berbahan dasar kunyit.

Seminggu sekali kandang harus dicuci dengan air. Semua bagian dari kandang harus disikat. Selesai dicuci, kandang harus diemur dibawah sinar matahari dengan posisi pintu dan atap dibiarkan terbuka.

Supaya kandang terbebas dari keberadaan tungga, tungga dapt diusir dengan cara disemprot dengan minyak tanah.

Tempat makan dan minum harus selalu dibersihkan setiap hari.

E. KIAT MENGATASI KANIBAL
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menekan angka kanibal pada diri ayam adalah :
Kepadatan tebar kandang dikurangi.

Pakan dengan kandungan protein hewani diperbanyak takarannya.

Sirkulasi udara pada kandang diperbaiki.

Paruhnya dipotong sedikit agar menjadi tumpul sehingga tidak melukai jika digunakan untuk mematuk ssesamanya.

F. KIAT MENJAGA KESEHATAN AYAM
Jumlah pakan yang diberikan harus disesuaikan dengan kemampuan ayam dalam menghabiskan pakan.

Kualitas dari pakan dan minum diperbaiki.

Sering diberi minyak ikan, tepung hati, tepung tulang dan daging.

Menu pagi dan sore hari adalah biji bijian.

Menu pada siang hari adalah voer yang dibasahi.

Vitamin diberikan 3 hari sekali berupa vitachick dan AD Plex.

Ayam yang ditengarai sakit harus dikarantina dan diobati secara intensif.

Ayam sakit yang sudah lama tidak sembuh harus dimusnahkan dengan cara dibakar.

G. KIAT MEMANDIKAN AYAM
Ayam harus dimandikan secari rutin.

Pemberian obat anti kutu dapat dilakukan 1 minggu sekali.

Jika ayam yang dipelihara adalah ayam cemani :
Dimandikan dengan cara diceburkan ke dalam air dan dibiarkan selama 1 2 menit untuk kemudian dijemur.

Jika ayam yang dipelihara adalah ayam katei dan bangkok :
Dimandikan dengan cara dipegang dan diguyur untuk kemudian dilepaskan.

Jika yang dipelihara adalah ayam bekisar dan ayam hutan :
Dimandikan dengan cara disemprot tanpa dipegang.

Kutu juga dapat dihilangkan dengan cara memandikan ayam dengan pasir.

endar.agustyan 23rd July 2012 05:34 AM

wow saran yang sangat bagus brath ahmad
:)
keren bgt, ilmu baru nih kalo sewaktu2 punya ayam hias

thank u brath :notworthy:

irvan.dikky 23rd July 2012 12:38 PM

wah sayangnya saya masih ga pelihara ayam. cuma burung ada hahah

endar.agustyan 24th July 2012 06:54 PM

Quote:

Originally Posted by irvandikky (Post 662)
wah sayangnya saya masih ga pelihara ayam. cuma burung ada hahah

sama2 unggas brath
:p

endo.widarbo 24th July 2012 09:44 PM

ayam hias emang apaan aja dah ?

midas 28th July 2012 11:57 AM

ga terlalu ngerti gw soal ayam2an, tapi kemaren2 gw liat di tv tentang ayam ketawa... itu termasuk ayam hias bukan? http://www.laymark.com/l/m/m193.gif

totongmeong 28th August 2012 07:54 AM

yang penting ayam hias jangan diadu :D

painahjon 18th September 2017 10:33 AM

Re: Tips Memelihara Ayam Hias
 
yup gan setuju kandang yang bersih tentunya bisa membuat perkembangan ayam semakin baik, salah satu solusi biar gak sll sering bersihin kandang pake alat ternak unggas berupa tempat pakan otomatis biar gak banyak pakan yang terbuang percuma.

mromli56 12th October 2017 04:34 PM

Re: Tips Memelihara Ayam Hias
 
Kalau ayam ketawa termasuk ayam hias juga ga ya?




















Informasi Lainnya ...

:: Melia Propolis Asli
:: Melia Biyang Asli
:: Grosir Lampu Antik Murah
:: Aneka Patung Kuningan Antik
:: Online Shop Produk Helbal Terbaik
:: Kosmetik Herbal Alami Terpercaya
:: Perawatan Kecantikan Terpercaya
:: Perawatan Kecantikan Alami Terbaik
:: Konvensi Bandung Murah
:: Konveksi Pembuatan Kaos Jaket Seragam di Bandung
:: Aksesoris Mebel Kuningan
:: Jual Aksesoris Perlengkapan Mebel
:: Toko Alat Teknik Murah
:: Toko Produk Pengaman Kerja
:: Jasa Pembuatan Toko Online
:: Jasa Pembuatan Toko Online Murah
:: Jasa Pembuatan Toko Online Terpercaya
:: Jasa Pembuatan Toko Online Terbaik
:: Sparepart Mobil Toyota
:: SparePart Toyota Murah
:: Mebel Jepara Asli
:: Mebel Jepara Murah
:: Alat Perlengkapan Tenda Murah
:: Perlengkapan Dekorasi Tenda
:: Aksesoris Hp Bali
:: Pusat Variasi Mobil Terlengkap
:: Toko Variasi Mobil Murah
:: Aksesoris Smartphone Bali
:: Sparepart Toyota Online
:: Sparepart Toyota Murah
:: Batu Akik Permata Bekasi
:: Produk Keselamatan Kerja
:: Grosir Produk Fashion Murah Bandung
:: Grosir Baju Anak Murah
:: Produk Fashion Terbaru
:: Jilbab Instan Grosir Murah
:: Jilbab Instan Grosir Murah
:: Online Shop Fashion Muslim Terbaru
:: Fashion Terupdate di Bekasi
:: Genteng Cisangkan

ClaireTan 6th February 2018 05:01 PM

Re: Tips Memelihara Ayam Hias
 
Sebentar lagi kan Imlek nih, aku mau kasih tahu ke kamu kalau sekarang ada promo angpao dari Airbet88. Yuk cek langsung di :
BIG PROMO IMLEK

https://www.youtube.com/watch?v=xSb42bhZQnc

https://www.youtube.com/watch?v=8VDWOVXvxtM

https://www.youtube.com/watch?v=dvJcNFhrDJI


All times are GMT +7. The time now is 05:52 AM.

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2019, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2019 DragonByte Technologies Ltd.