forumku

forumku (https://www.forumku.com/)
-   Forum Bisnis Internetku - My Internet Business (https://www.forumku.com/forum-bisnis-internetku-my-internet-business/)
-   -   Strategi Agar Bisnis Online Kamu Semakin Dipercaya oleh Target Konsumen (https://www.forumku.com/forum-bisnis-internetku-my-internet-business/97014-strategi-agar-bisnis-online-kamu-semakin-dipercaya-oleh-target-konsumen.html)

trianamargaret 13th October 2020 01:42 PM

Strategi Agar Bisnis Online Kamu Semakin Dipercaya oleh Target Konsumen
 
Salah satu tantangan besar dalam menjalankan bisnis online adalah mendapatkan kepercayaan pelanggan. Lantaran berbeda dengan bisnis offline dimana calon pembeli bisa melihat langsung produk yang dijual, pada bisnis online konsumen hanya bisa melihat foto.

Apalagi, maraknya penipuan online membuat banyak orang lebih berhati-hati saat berbelanja online. Maka itu, pelaku bisnis online harus memiliki strategi yang tepat untuk bisa meyakinkan konsumen, di antaranya melalui cara-cara berikut.

Platform Penjualan yang Profesional dan Lengkap
Platform penjualan merupakan interaksi pertama antara target konsumen dengan bisnismu sebelum mereka mencari tahu lebih lanjut mengenai produk yang dijual. Maka itu, pastikan seluruh platform penjualan yang kamu gunakan terlihat profesional dan memiliki informasi yang lengkap.

Apabila kamu berjualan di website, gunakan desain yang menarik dan mudah dibaca. Apabila kamu berjualan di marketplace atau media sosial, gunakan foto profil yang profesional, misalnya menggunakan logo bisnismu. Jangan lupa juga untuk menyertakan informasi yang lengkap mulai dari deskripsi singkat, jam operasional, hingga detail kontak yang jelas.

Informasi Produk yang Jelas
Informasi produk yang tidak jelas bisa membuat konsumen jadi ragu atau enggan untuk membeli produk tersebut. Berikan kemudahan kepada calon pembeli dengan mencantumkan informasi produk yang jelas mulai dari nama produk, ukuran, tipe, jenis, dan detail-detail lainnya sehingga mereka tidak perlu bertanya terlebih dahulu.

Sebaiknya gunakan foto asli sehingga konsumen lebih yakin. Cara ini juga menghindari timbulnya rasa kecewa saat konsumen menerima barang yang tidak sesuai ekspektasinya. Apabila kamu menawarkan garansi, jelaskan juga mengenai detail ketentuan garansi, pengembalian barang, ataupun pengembalian uang. Dengan menjelaskan mengenai garansi, konsumen akan merasa lebih aman untuk bertransaksi di bisnis online kamu.

Jaga Komunikasi dengan Konsumen
Sebelum membeli barang, konsumen umumnya akan menghubungi penjual terlebih dahulu untuk memastikan. Agar komunikasi dengan konsumen terjaga dengan baik, pastikan konsumen mudah menghubungi kamu. Berikan beberapa pilihan alternatif kepada konsumen, misalnya dengan mencantumkan nomor telepon, WhatsApp, dan LINE.

Manfaatkan Media Sosial untuk Meningkatkan Engagement
Media sosial menjadi salah satu platform yang bisa kamu manfaatkan untuk menjaga hubungan dengan konsumen dan meningkatkan kepercayaan mereka. Kamu bisa membagikan konten-konten menarik yang berhubungan dengan produkmu, misalnya mengenai manfaat yang bisa didapatkan konsumen.

Bangun juga interaksi dengan konsumen, misalnya dengan menanyakan pendapat mereka, mengajak mereka untuk meninggalkan komentar, memanfaatkan fitur seperti Instagram Story, dan banyak lagi. Dengan cara ini, konsumen merasa lebih mengenal dan mempercayai bisnismu.

Berikan Respons yang Cepat dan Tepat
Kualitas pelayanan pelanggan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan. Pertanyaan yang lama dibalas bisa membuat konsumen kesal dan malas untuk berbelanja. Bisa juga konsumen malah akhirnya berbelanja dengan kompetitor. Untuk menghindari hal ini, usahakan untuk selalu memberikan respons yang cepat. Jawab setiap pertanyaan dengan jelas dan tepat sehingga konsumen mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Tunjukkan Testimoni
Calon pembeli akan lebih yakin apabila sudah ada review atau testimoni dari pembeli sebelumnya. Maka itu, kamu bisa mencantumkan testimoni berupa foto, screenshot, atau video. Kamu bisa meminta testimoni kepada konsumen yang telah menyelesaikan pembelian. Dengan testimoni-testimoni tersebut, konsumen jadi bisa lebih yakin untuk melakukan transaksi.

Terima Kritik dari Pelanggan
Selain meminta testimoni, kamu juga bisa meminta masukan dari pelanggan. Ucapkan terima kasih atas masukan dari mereka. Apabila mereka memberikan kritik atau keluhan, terima apa yang mereka katakan dan minta maaf apabila perlu. Masukan ini juga bisa berguna untuk mengembangkan bisnis online kamu ke depannya. Dengan komunikasi yang baik, konsumen akan lebih percaya bahwa bisnismu merupakan pilihan yang tepat untuk kebutuhan mereka.

Update Mengenai Pengiriman
Komunikasi setelah konsumen melakukan transaksi juga penting untuk dijaga. Kamu bisa memberikan update mengenai proses order dan pengiriman kepada konsumen sehingga mereka merasa lebih tenang. Maka itu, pilihlah jasa kirim barang yang dapat diandalkan.

Sumber: Strategi Agar Bisnis Online Kamu Semakin Dipercaya oleh Target Konsumen

konsultanmarketing 1st February 2022 08:45 AM

Re: Strategi Agar Bisnis Online Kamu Semakin Dipercaya oleh Target Konsumen
 
Setuju dengan petunjuk diatas, jaman internet ini memang semua orang pingin semuanya serba cepat tapi juga tepat juga. Baik itu usaha kuliner, fashion, ataupun jasa pembuatan logo perusahaan. terima kasih gan buat infonya.


All times are GMT +7. The time now is 11:01 PM.

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2025, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2025 DragonByte Technologies Ltd.