forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > > >
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Wedding and Marriage Forum Forum Pernikahan dan Perkawinan ini Membutuhkan Moderator, Silakan mendaftar !!!

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 4th October 2012, 03:33 PM   #1
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default Bagaimana cara mengetahui pasangan sejati kita? (pengalaman only)

di thread ini kita bisa mengutarakan pengalaman pribadi atau kerabat kita dalam perihal "cinta" dan "menemukan pasangan yang ideal bagi pribadi". jadi, jangan malu2 ya. ehhe


hmm diantara kita semua, hampir dipastikan pernah alami jatuh cinta atau tertarik pada seseorang. umumnya jatuh cinta atau tertarik pada seseorang ditunjukan dengan adanya "energi listrik" di otak kita nih, ehhehehe. gejala jatuh cinta umumnya bisa diliat dengan adanya perubahan tingkah laku kita, yang bisa berupa:

1. tiba2 jadi sering memikirkan si dia, mau tidur, mau makan, mau mandi, pas belajar, pas ngantor, yang kebayang2 muka si dia terus

2. ada keinginan yang kuat agar terus bisa memandang muka si dia, bertemu dengan si dia, mendengarkan suara si dia, pokoknya pengennya seharian sama si dia terus

3. kalo belum kenal si dia, kamu berupaya dengan cara apapun mengetahui si dia, coba basa basi, tanya2 hal pribadi, akhirnya nomor telepon. sebagian orang melakukan hal ini dengan "soft" yakni dengan berpura2 hanya ingin jadi kenalan semata, ada juga orang yang benar2 "ekstreem" dengan memperlihatkan minatnya pada si dia

4. biasanya mendadak "melow drama", orang yang lagi fall in love biasanya mendadak jadi dramatis, biasanya tiba2 denger lagu2 romantis, film romantis, baca2 hal yang romantis, kalo ada rocker pun jadi denger lagi2 rock yang bertemakan cinta

5. mendadak ga PD atau muncul perasaan yang "tidak2". biasanya ada rasa takut apa kita ga cukup menarik bagi si dia, atau kita takut ga bisa membahagiakan si dia kedepannya. tapi di lain sisi kita sangat ingin mendapatkan si dia

6. biasanya orang lagi jatuh cinta itu rela ngelakuin hal2 yang sebelumnya ga biasa dilakukan, hal ini untuk menarik perhatian si dia atau untuk sekedar "show off" kalo kita bener2 niat sama si dia. hehehe

7. orang yang lagi jatuh cinta biasanya ga ingin memperhatikan kekurangannya atau kelemahannya, kita ingin tampil sempurna dan prima tanpa cacat. bagi sebagian lainnya benar2 ada yang menunjukan siapa dirinya dan seperti apa dirinya dengan harapan si dia mencintai dia apa adanya.







apakah si dia benar2 "milik kamu" atau "kamu banget"? apakah di dia "memang pantas jadi pasangan hidup kamu"?

yuk bahas di post selanjutnya
__________________
Likes:(1)
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Old 4th October 2012, 03:34 PM   #2
BudakBandel
Sek Des
 
BudakBandel's Avatar
 
Join Date: 23 Jul 2012
Userid: 51
Location: Forumku.com
Posts: 267
Real Name: Rizal
Likes: 2
Liked 16 Times in 10 Posts
Default

kalo soal jodoh gimana mod ?
BudakBandel is offline   Reply With Quote
Old 4th October 2012, 03:35 PM   #3
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

nah lantas apakah Jatuh Cinta = pasangan Hidup

jawabannya "relatif" karena bagi sebagian orang jatuh cinta ternyata hanya bagian dari kehidupan, ada yang jatuh cinta setiap kali melihat orang yang dirasa tipenya, ada juga yang merasa sulit jatuh cinta.

kita bahas yuk


saat kita jatuh cinta, apakah yakin cinta ini adalah cinta yang tulus dan terakhir?
apa kita yakin atas pilihan hati ini?


ada beberapa pandangan nih di masyarakat, bahwa cinta yang tulus itu harus saling mengenal satu sama lain dulu, tapi ada juga yang berpandangan bahwa mengenal latar belakang keluarga sudah cukup, "kalo cinta bisa tumbuh dan berkembang nanti pas berkeluarga". lantas mana yang tepat?

yang paling tepat jawabannya ada di hati kita, sebenarnya ga perlu lama2 untuk menemukan si dia itu memang jodoh kita atau bukan, tidak jarang yang sudah mengenal lama *pacaran* kemudian umur pernihakannya hanya seumur jagung. ada "clue" yang bisa kita selidiki dulu untuk mengetahui apakah si dia itu memang pilihan kita atau bukan. mau tahu? yuk simak bareng2



1. komunikasi. dalam hubungan, ini adalah faktor yang paling penting dan wajib dilakukan. sayangnya banyak diantara kita yang hanya ingin berkomunikasi 1 arah saja dengan tidak melibatkan "kehidupan" si dia di dalamnya. komunikasi adalah faktor utama yang sangat mempengaruhi kelangsungkan suatu hubungan.
dalam interaksi dengan si dia, kita bisa merasakan kecocokan yang teramat dalam nih. si dia atau aku bisa menilai calon pasangan dari interaksi yang dilakukan. pembicaraan dua arah walau hanya membicarakan hal yang biasa bisa menjadi komunikasi yang atraktif dan elegant. bila kita sudah merasakan komunikasi yang lancar dan elegant, kita bisa sedikit bernafas lega nih.
ingat nih, komunikasi juga merupakan faktor penentu keinginan dan harapan dari kedua belah pihak, kita juga harus sensitif dengan semua bentuk komunikasi dengan si dia. dan yang diharamkan adalah berpura2 menjadi orang lain agar si dia senang dengan gaya komunikasi. ga bagus loh suatu hubungan yang dimulai dengan kebohongan, cepat atau lamban bisa ketahuan dan akhirnya boomm, jadi senjata makan tuan. heehhe



2. tentukan siapa yang aktif dan pasif, eiitttssss jangan ngeres dulu. disini maksudnya kita harus memahami satu sama lain, kita harus mengenal karakter dari si dia, dan kita mengenalkan karakter kita pada si dia. tentunya dengan cara nomor 1, yakni komunikasi. gimana caranya? ada beberapa cara nih, pertama kita jadi diri sendiri, jangan jadi orang lain dengan cara ini niscaya si dia bisa melihat diri kita atas siapa kita sebenarnya. kedua share pengalaman dan juga berbincang masalah pribadi, ga usah malu2 nih PD aja, toh kalo nanti dia jadi pasangan kita, dia bakalan tahu semua kejelakan masing. ehehhe. ketiga bisa ditunjukan dengan tingkah laku kita yang apa adanya, si dia pasti bisa ngerti juga. lakukan hal ini juga buat cek karakter si dia. lantas apa hubungannya aktif dan pasif?, nah kalo ini berhubungan dengan kehidupan di masa depan, ibarat api ketemu bensin, ya pastinya akan meledak kan? nah kalo dari sejak dini diantisipasi setidaknya hal2 yang berbau salah paham bisa dihindari. disini pasangan bisa menilai mana saja yang cocok, kalo satu sama lain cocok, pastinya bisa maksimal. hal ini juga berlaku dalam hal "melayani", dalam hidup ada tipe orang yang ingin di layani, ingin melayani dan juga sama2 ingin diperlakukan adil. biasanya hal ini yang jadi pemicu pertengkaran, karena ketidak mulusan komunikasi dan juga ketidak tepatan dalam mengenal pasangan.



3. keserasian dan kecocokan pandangan bisa menjadi salah satu penentu "keharmonisan" pasangan kedepannya. hal ini memang sering "dianak tirikan" tapi sesungguhnya ini sangat penting loh. keserasian ini bukan berarti harus sama hoby, makanan kesukaan dan lainnya, tapi yang terpenting adalah prinsip hidup yang harus sejalan satu sama lain. pernah terbayang bila si istri memiliki pandangan bahwa keluarga adalah segalanya sedang si suami berpandangan uang adalah segalanya, nah udah kebayang kan hal2 yang mungkin terjadi. hehehehe
keserasian ini bisa diliat dengan "content" atau "adem ayem" nya suatu hubungan kita dengan si dia, si dia merasa tenang dengan pribadi kita, begitu juga dengan kita. ingat loh, jangan ada dusta diantara kita, alias jangan jadi orang lain dalam hal ini.



4. waktu berduaan, nah ini yang penting, dalam cinta, ada kalanya keinginan agar selalu bersama si dia, kapanpun dan dimanapun. hubungan yang baik itu tidak didasarkan atas nafsu tetapi pengertian dan saling menghargai, kalo kita benar2 cinta sama si dia, kita ga mau untuk "merusak" dia, dengan anggapan "bila dia bukan jodohmu dia akan menjadi jodoh orang lain". hal ini juga sangat erat kaitannya dengan wujud penghargaan kita pada si dia, kalo kita mengargai si dia, pasti kita akan memberikan service terbaik kita, yakni menjaga si dia baik berupa lahir dan bathin dengan menghindarkan hal2 yang merugikan bagi si dia kedepannya. kalo si dia sudah merasa kita menjaga si dia dengan "ektra baik dan benar", maka si dia akan mempercayai kita, ingat loh walau ga diucap pasti si dia juga "mikir2" tentang masa lalu kita.



5. tentukan langkah. nah dalam mencari pasangan hidup, dalam mencari pasangan, yang paling penting bukan meyakinkan si dia atau keluarganya, tetapi yakinkan diri sendiri. soalnya apabila si dia dan keluarga yakin tetapi diri belum yakin, pastinya kurang bagus kedepannya.
yakinkan diri bahwa kehidupan bersama si dia kedepannya adalah kehidupan nyata dan wajib untuk digaja. yakinkan diri bahwa kehidupan bersama si dia adalah kehidupan yang mampu membawa kebahagiaan lahir bathin bagi dirinya atau diri sendiri.



6. ungkapkan kejujuran. hal yang penting lainnya adalah saling terbuka dan jujur satu sama lain mengenai apa ketakutan dan hal yang dianggap kelemahan. ini juga penting untuk saling mendukung satu sama lain, juga untuk yakinkan diri bahwa si dia menerima kita apadanya dan juga si dia yakin kita bisa menjadi lebih baik. ingat loh kita jangan mau menerima seseorang apa adanya, tetapi harus menerima dia apaadanya dengan syarat merubah hal2 yang masih bisa dirubah menjadi lebih baik lagi.



7. kalo diri sudah yakin, si dia sudah yakin, keluarga besar sudah yakin. tinggal lanjut ke tahap selanjutnya deh, yakni tahap pernikahan.


kunci dari memilih pasangan sebenarnya ada di diri masing2, karena penilaian dan "hasrat" sesungguhnya ada pada diri kita, kita ga bisa mengikuti saran orang lain sepenuhnya untuk menentukan kehidupan kita di masa depan. tapi kita bisa menjadikan saran orang sebagai salah satu saran yang membangun bagi kita. so, bagi yang belum menemukan jodoh, selamat mencari jodoh yang luar biasa cocoknya, yang sudah punya si dia, silahkan di yakinkan. yang sudah menikah, selamat menjaga si dia dan keluarga, karena bagi kita, menjaga keluaga adalah ibadah, sekecil apapun itu pasti dipertimbangkan, jaga keluarga, pelihara lahir bathin kebahadiannya.
__________________

Last edited by endar.agustyan; 4th October 2012 at 04:33 PM..
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 4th October 2012, 03:37 PM   #4
BudakBandel
Sek Des
 
BudakBandel's Avatar
 
Join Date: 23 Jul 2012
Userid: 51
Location: Forumku.com
Posts: 267
Real Name: Rizal
Likes: 2
Liked 16 Times in 10 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by endar.agustyan View Post
di booking ya

hehehehe
soalnya ane udah punya pasangan skrg..jadi rada susah ikut ngebahasnya
BudakBandel is offline   Reply With Quote
Old 4th October 2012, 03:37 PM   #5
endo.widarbo
[M]
Sek Des
 
endo.widarbo's Avatar
 
Join Date: 18 Jul 2012
Userid: 33
Location: D.K.I Djakarta
Posts: 313
Real Name: Endo Widarbo
Likes: 8
Liked 18 Times in 8 Posts
Default

1. tiba2 jadi sering memikirkan si dia, mau tidur, mau makan, mau mandi, pas belajar, pas ngantor, yang kebayang2 muka si dia terus

hahah udah kayak lirik lagu dangdut nih
endo.widarbo is offline   Reply With Quote
Old 4th October 2012, 03:37 PM   #6
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by BudakBandel View Post
kalo soal jodoh gimana mod ?
nanti dibahas ya sob
ehhehehe
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 4th October 2012, 03:38 PM   #7
BudakBandel
Sek Des
 
BudakBandel's Avatar
 
Join Date: 23 Jul 2012
Userid: 51
Location: Forumku.com
Posts: 267
Real Name: Rizal
Likes: 2
Liked 16 Times in 10 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by endar.agustyan View Post
nanti dibahas ya sob
ehhehehe
ok mod :
BudakBandel is offline   Reply With Quote
Old 4th October 2012, 03:38 PM   #8
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by endo.widarbo View Post
1. tiba2 jadi sering memikirkan si dia, mau tidur, mau makan, mau mandi, pas belajar, pas ngantor, yang kebayang2 muka si dia terus

hahah udah kayak lirik lagu dangdut nih
wkwkwkwkwkwkkwkwkwk
serius? ga tahu ada lagu dangdut kaya gitu

mod endo ternyata


Quote:
Originally Posted by BudakBandel View Post
kalo soal jodoh gimana mod ?
nanti dibahas ya sob
ehhehehe


Quote:
Originally Posted by BudakBandel View Post
ok mod :
siap sob


inimah pengelaman pribadi nih
__________________

Last edited by endar.agustyan; 4th October 2012 at 04:19 PM..
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 4th October 2012, 03:39 PM   #9
BudakBandel
Sek Des
 
BudakBandel's Avatar
 
Join Date: 23 Jul 2012
Userid: 51
Location: Forumku.com
Posts: 267
Real Name: Rizal
Likes: 2
Liked 16 Times in 10 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by endar.agustyan View Post
wkwkwkwkwkwkkwkwkwk
serius? ga tahu ada lagu dangdut kaya gitu

mod endo ternyata
ternyata dangdut lover yak
mau makan teringat padamu
mau minum teringat padamu

Quote:
Originally Posted by endar.agustyan View Post
wkwkwkwkwkwkkwkwkwk
serius? ga tahu ada lagu dangdut kaya gitu

mod endo ternyata





siap sob


inimah pengelaman pribadi nih
wew....curhat ni ceritanya mod
BudakBandel is offline   Reply With Quote
Old 4th October 2012, 03:41 PM   #10
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by BudakBandel View Post
ternyata dangdut lover yak
mau makan teringat padamu
mau minum teringat padamu



wew....curhat ni ceritanya mod
hiihihihihihihi
dangdutan gini


ayoo sob kalo ada "pengalaman" cinta dan akhirnya ke pelaminan berbagi disini, pasti banyak yang pengen denger dan dijadikan pelajaran
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 4th October 2012, 03:42 PM   #11
BudakBandel
Sek Des
 
BudakBandel's Avatar
 
Join Date: 23 Jul 2012
Userid: 51
Location: Forumku.com
Posts: 267
Real Name: Rizal
Likes: 2
Liked 16 Times in 10 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by endar.agustyan View Post
hiihihihihihihi
dangdutan gini


ayoo sob kalo ada "pengalaman" cinta dan akhirnya ke pelaminan berbagi disini, pasti banyak yang pengen denger dan dijadikan pelajaran
jangan pengalaman ane mod..berabe ntar
BudakBandel is offline   Reply With Quote
Old 4th October 2012, 03:47 PM   #12
endo.widarbo
[M]
Sek Des
 
endo.widarbo's Avatar
 
Join Date: 18 Jul 2012
Userid: 33
Location: D.K.I Djakarta
Posts: 313
Real Name: Endo Widarbo
Likes: 8
Liked 18 Times in 8 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by BudakBandel View Post
ternyata dangdut lover yak
mau makan teringat padamu
mau minum teringat padamu



wew....curhat ni ceritanya mod
wah master of dangdut nih

Quote:
Originally Posted by endar.agustyan View Post
hiihihihihihihi
dangdutan gini


ayoo sob kalo ada "pengalaman" cinta dan akhirnya ke pelaminan berbagi disini, pasti banyak yang pengen denger dan dijadikan pelajaran
pengalaman sama mantan banyak kang, maklum abege nih... masih belom mikirin pelaminan
endo.widarbo is offline   Reply With Quote
Old 4th October 2012, 03:48 PM   #13
BudakBandel
Sek Des
 
BudakBandel's Avatar
 
Join Date: 23 Jul 2012
Userid: 51
Location: Forumku.com
Posts: 267
Real Name: Rizal
Likes: 2
Liked 16 Times in 10 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by endo.widarbo View Post
wah master of dangdut nih



pengalaman sama mantan banyak kang, maklum abege nih... masih belom mikirin pelaminan
budayakan cinta produk dalam negri
BudakBandel is offline   Reply With Quote
Old 4th October 2012, 04:25 PM   #14
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by BudakBandel View Post
jangan pengalaman ane mod..berabe ntar
hihihihi ayoo dong berbagi pengalamannya, gimana dulu kok yakin sama "si dia" hehehe


tips2nya bagi yang belum ke pelaminan dong
hehe


Quote:
Originally Posted by endo.widarbo View Post
wah master of dangdut nih



pengalaman sama mantan banyak kang, maklum abege nih... masih belom mikirin pelaminan
iihihihihihiih

boleh2, gimana pengalamannya mod? cerita2 dong kenapa dulu deket dan akhirnya memutuskan tidak bersama lagi, ehehehhe *alasan lain selain "tidak cocok satu sama lain*
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 5th October 2012, 08:34 AM   #15
BudakBandel
Sek Des
 
BudakBandel's Avatar
 
Join Date: 23 Jul 2012
Userid: 51
Location: Forumku.com
Posts: 267
Real Name: Rizal
Likes: 2
Liked 16 Times in 10 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by endar.agustyan View Post
hihihihi ayoo dong berbagi pengalamannya, gimana dulu kok yakin sama "si dia" hehehe


tips2nya bagi yang belum ke pelaminan dong
hehe




iihihihihihiih

boleh2, gimana pengalamannya mod? cerita2 dong kenapa dulu deket dan akhirnya memutuskan tidak bersama lagi, ehehehhe *alasan lain selain "tidak cocok satu sama lain*
ane gak tau juga mod
ya mungkin itulah namanya jodoh pandangan pertama
BudakBandel is offline   Reply With Quote
Old 9th October 2012, 12:46 PM   #16
mr.young
Ketua RT
 
mr.young's Avatar
 
Join Date: 9 Sep 2012
Userid: 208
Location: at RIP
Age: 25
Posts: 100
Likes: 0
Liked 3 Times in 2 Posts
Default

gile panjang amir cerita nya -_-"
bagus nya nih thread dibuatkan subforum lagi nih untuk curhat

btw ane dah putus lagi sama pacar ane nih
eh tapi malah masih sering panggil sayang2 an ama si mantan..
setiap ketemu megang tangan nya.. bercanda gurau wkwkwk

tapi dah putus gkgkgk
__________________
Posting tidak banyak seperti junker !
bukan berarti tidak memantau
tetapi postingan ane bermutu brother !
mr.young is offline   Reply With Quote
Old 9th October 2012, 01:24 PM   #17
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by BudakBandel View Post
ane gak tau juga mod
ya mungkin itulah namanya jodoh pandangan pertama
wah2, kayanya ceritanya keren nih


Quote:
Originally Posted by mr.young View Post
gile panjang amir cerita nya -_-"
bagus nya nih thread dibuatkan subforum lagi nih untuk curhat

btw ane dah putus lagi sama pacar ane nih
eh tapi malah masih sering panggil sayang2 an ama si mantan..
setiap ketemu megang tangan nya.. bercanda gurau wkwkwk

tapi dah putus gkgkgk
hhiihihih boleh juga


bagi2 dong pengalaman mendapatkan si dia nya gimana
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Baca Yuk Kita-Kiat Agar Akun Facebook Kita Aman tipsku Forum TulisanKu MyWriting 0 2nd May 2018 02:03 PM
Cara menghadapi pasangan yang cemburuan Rimanurmala Ruang Privasi Pribadi 1 4th March 2017 01:48 PM
Bagaimana Cara Kita Memilih Lantai Tangga Kayu rentalmobil Aneka Jasa / Service 0 20th December 2016 09:35 AM
Inilah Cara Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Pengalaman Kerja! numpanglewat Forumku Jobs and Careers 2 2nd July 2016 11:36 PM
Libas Pasangan Malaysia, Della/Rosyita Tantang Pasangan Denmark di Final agung209 Olah Raga dan Organisasi! 0 1st March 2015 09:56 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 07:03 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2019, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2019 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts