View Single Post
Old 11th October 2015, 08:15 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Enam Tips Hemat dengan Rencana!

Quote:
HIDUP hemat bukan berarti hidup secara pas-pasan. Berhemat adalah, bagaimana kamu mengelola keuangan dengan lebih baik dan mengeluarkan uang sesuai dengan kebutuhan.

Pola ini sangat tepat kamu terapkan dengan keadaan perekonomian saat ini. Pola hidup hemat bisa juga kamu terapkan sedini mungkin pada si buah hati.

Banyak orang yang mengaku sulit merencanakan hidup hemat. Kebiasaan lama masih berbekas sehingga akibatnya rencana menghemat jadi gagal.

Berikut enam cara berhemat yang bisa kamu lakukan tanpa perencanaan, tetapi bisa membuat keuangan lebih tertata dan sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

.

1. Pola Hidup Sehat

Dengan menerapkan pola hidup sehat, secara tidak langsung kamu menghemat pengeluaraan untuk biaya dokter dan obat. Coba bayangkan berapa biaya yang bisa kamu keluarkan apabila kamu mengalami sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Semua itu bisa kamu hindari dengan berolahraga secara teratur, pola makan yang sehat dan cukup beristirahat. Dengan menerapkan pola hidup secara sehat keuangan kamu pun akan ikut sehat.

2. Bawa Bekal ke Mana pun

Kebiasaan untuk membawa bekal harus mulai kamu terapkan. Mau ke kantor atau berlibur, bawalah bekal dari rumah. Bukan saja kamu akan menghemat karena tidak perlu jajan, makanan yang kamu bawa terjamin kebersihan dan sesuai dengan seleramu.

Apalagi saat ini banyak makanan yang bercampur pengawet dan menggunakan bahan tidak sehat. Membawa bekal akan mengurangi risiko kamu menderita penyakit yang tidak diinginkan.

3. Manfaatkan Uang Receh

Jangan sepele pada uang receh karena bisa kamu gunakan lagi. Kalau kamu berbelanja, seringkali kasir memberimu permen untuk mengantikan uang receh. Nah, selalu bawa uang receh untuk menghindari kasir memberimu permen.

Uang receh juga jadi penyelamat karena uang bernilai besar tidak akan pecah dan nantinya akan kamu hambur-hamburkan. Misalnya kamu berbelanja sebesar Rp 10.500. Saat kamu memberikan ke kasir Rp 20.500, kamu akan mendapatkan kembalian sebesar Rp 10.000 utuh! Selain uang kembalian tidak pecah menjadi pecahan kecil, kamu juga akan lebih berhemat.

Baca juga: 5 Tips Jitu Dapatkan Ide Bisnis Startup yang Potensial!

4. Liburan Murah

Refresing ataupun berlibur sebaiknya tidak harus mengunjungi tempat mahal dan jauh. Bukankah berlibur bertujuan melepas penat dari rutinitas pekerjaan sehari-hari? Jangan sampai pulang berlibur kamu malah tambah pusing karena pengeluaranmu ternyata sangat banyak untuk liburan.

Masih banyak tempat berlibur yang lebih murah atau kamu bisa mengunjungi rumah keluarga yang berada di luar kota. Dengan begitu kamu mendapatkan beberapa keuntungan yaitu dapat bersilahturahmi dan berlibur murah.

Baca juga: 8 Perusahaan Asuransi Terbaik di Tahun 2015!

5. Rajin Menabung

Sisihkan sekian persen dari pemasukanmu untuk ditabung. Jangan dihabiskan semua karena kamu tidak perlu berhutang saat membutuhkan uang.

Apabila kamu memutuskan menabung di bank, usahakan tanpa menggunakan kartu ATM. Kalau pun tabunganmu memiliki kartu ATM baiknya kartu itu disimpan di rumah daripada dibawa-bawa untuk menghindari penarikan yang mungkin kamu lakukan.

Menabung itu memang tergantung dengan niat dan disiplin. Bila kamu memiliki keduanya maka kamu akan berhasil menabung.

6. Hindari Pergaulan Boros

Sebaiknya mulai untuk memilih teman atau komunitas pergaulanmu. Pilih komunitas yang memberikan banyak manfaat dan bukan hanya merugikan finansial kamu.

Selain cara itu, kamu juga mulai coba untuk mengurangi kebiasaan yang menghabiskan uang secara sia-sia. Misalnya makan di restoran setiap minggu atau terlalu banyak membeli kopi di café.

Berita ini pertama kali dipublikasikan oleh:
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links