forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > > >
Register Register
Notices

Donatur dan Kerjasama Donasi ke serta usulan Kerjasama dengan forumku.com

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 24th July 2020, 02:28 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 7 May 2020
Userid: 8215
Location: Semarang, Indonesia
Posts: 4
Real Name: Ahmad Kholidin
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Global Wakaf, Kembangkan Wakaf Produktif Guna Bangkitkan Ekonomi Ummat

Global Wakaf Corporation (GWC) memperjuangkan konsep wakaf produktif yang bertujuan memenuhi perbaikan kesejahteraan, martabat, harga diri dalam kebutuhan yang sifatnya hajiyyat maupun tahsiniyat atau penyempurnaan.

“GWC berperan untuk menjalankan setinggi-tingginya manfaat, yakni profitabilitas tertinggi dan kemanfaatan terpanjang. GWC layaknya sebuah perusahaan harus memperoleh setinggi-tingginya keuntungan dan sepanjang-panjangnya umur aset untuk kepentingan umat,” demikian hal tersebut diungkapkan Direktur Utama Global Wakaf Corporation – Imam T. Saptono kepada wartawan akhir pekan lalu di Jakarta.

Menurut Imam, Global Wakaf Corporation sendiri merupakan bagian dari Global Islamic Philanthropy (GIP), berperan sebagai lembaga pengelola aset wakaf masyarakat yang profesional, amanah, dan berjangkauan luas. Melalui program-program produktif, Global Wakaf senantiasa membangun kesejahteraan masyarakat yang berhak menerimanya (maukuf alaih).

Program wakaf dari Global Wakaf ditujukan membantu masyarakat umum dalam pemenuhan kebutuhan dasar sekaligus memberdayakan dan meningkatkan produktivitas.

Lebih lanjut dijelaskan Imam, saat ini GWC sudah mengelola 30 perusahaan yang mewakafkan sebagian sahamnya untuk dikelola oleh GWC, mulai dari sektor properti, konsultan legal, industri hingga IT. Dengan pengelolaan wakaf secara profesional oleh GWC, maka manfaat dari wakaf tidak hanya terhenti sesaat setelah wakaf ditunaikan tetapi juga mengalir dan memberikan dampak yang signifikan untuk membangun kehidupan masyarakat.

Menurut Imam, ke depan, apabila perusahaan yang berwakaf atau listed di GWC membutuhkan penambahan investasi, maka GWC bisa melakukan penanaman modal yang bersumber dari wakaf tunai.

“Di waktu bersamaan, kami akan mengajak masyarakat untuk masuk ke dalam perusahaan yang kami anggap layak. Di dalam roadmap, kami akan membangun fintech dengan model peer-to-peer financing, sehingga orang yang berwakaf bisa memilih perusahaannya sendiri sebagai sarana wakafnya,” tambah Imam Saptono.

Berbagai jenis wakaf produktif oleh Global Wakafi antaranya berupa wakaf uang di mana uang menjadi harta benda wakaf atau aset berupa nilai uang yang ditunaikan dan diproduktifkan melalui pengelolaan lahan pertanian produktif, wakaf ternak, wakaf properti, wakaf ritel seperti Jaringan Ritel Sodaqo, juga wakaf saham/perusahaan. Lalu, wakaf yang manfaat produktifnya langsung dirasakan masyarakat seperti wakaf sumur sebagai solusi kebutuhan air masyarakat, wakaf pendidikan, hingga wakaf kesehatan.

Melalui Global Wakaf Corporation (GWC), wakaf yang diterima berupa wakaf uang, saham atau aset dari masyarakat ke Global Wakaf akan dikelola GWC yang mana hasil produktivitasnya akan dimanfaatkan untuk memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat.

Global Wakaf sendiri telah terdaftar sebagai Nazhir Wakaf berdasarkan Surat Tanda Bukti Pendaftaran Nazhir no. 3.3.00068 yang dikeluarkan Badan Wakaf Indonesia pada tanggal 16 September 2014. Global Wakaf sebagai organisasi filantropi Islam, bertekad menjadikan umat Islam dunia sebagai subjek pembangunan peradaban global yang lebih baik. Tekad Global Wakaf, menjadi titik api pembangunan masyarakat madani yang kuat, mendorong wakaf sebagai gerakan masyarakat Islam yang mendunia.
Sumber : harianmuslim.com
Likes:(1)
Ahmadkholidin is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
global, gwc, masyarakat, wakaf, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Perdagangan virtual dan ekonomi global alwiandesta Forumku Forex Trading FFT 0 7th May 2018 06:52 PM
Era Ekonomi Digital, Pelaku Usaha Diminta Kembangkan Virtual Showroom je_tek Business and Economy! 0 12th October 2017 09:01 AM
Pengertian Tsunami, Atletik, dan Wakaf adinu Forum BukuKuBaca 0 7th July 2017 02:49 PM
Pengertian Diskusi, Wakaf, dan Kredit adinu Forum BukuKuBaca 0 10th February 2017 04:29 PM
Gergaji Tangan Serba Guna - Magic Saw (As Seen On TV) - Awet Kuat Produk Global kelas dunia sdcard Perkakas dan Pertukangan 1 11th June 2015 11:50 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 2 (0 members and 2 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 03:25 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Promosi Forumku :

CakeDefi Learn to Earn

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2024, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2024 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts