![]() |
|
![]() |
Notices |
![]() ![]() |
|
Thread Tools | Search this Thread | Display Modes |
![]() |
#1 |
Ketua RT
Join Date: 22 Mar 2014
Userid: 1959
Posts: 133
Likes: 0
Liked 8 Times in 8 Posts
|
![]() Cara Komunikasi Efektif di Dunia Perbankan Manusia telah berkomunikasi selama puluhan ribu tahun. Bahkan dapat dikatakan bahwa sebagian besar waktu jaga manusia digunakan untuk berkomunikasi. Meskipun demikian, ketika manusia dilahirkan tidak dengan sendirinya dibekali dengan kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. Sebagai seorang Bankir harus memahami dan mempraktekan Ilmu Komunikasi yang Efektif di Tempat Kerja karena merupakan syarat wajib yang harus dimiliki oleh seorang bankir diantaranya sebagai salah satu Standar Layanan Perbankan
![]() Suatu komunikasi dapat dianggap efektif paling tidak harus menghasilkan 5 hal, yaitu: pengertian, kesenangan, pengaruh pada sikap, hubungan yang makin baik dan tindakan (Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss), sebagaimana yang dapat disimak melalui penjelasan, sebagai berikut: 5 Hal Komunikasi Efektif
Komunikasi efektif akan terjadi antara komunikator (orang yang menyampaikan pesan) dengan komunikan (orang yang menerima pesan), dimana dalam proses ini komunikator menyampaikan pesan kepada komunikan (orang yang menerima), selanjutnya komunikan memberikan umpan balik sehingga terjadi proses komunikasi dua arah, sebagaimana ilustrasi gambar dibawah ini: ![]() 2. Unsur Komunikasi Efektif Berdasarkan proses komunikasi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses komunikasi efektif terdapat unsur-unsur sebagai berikut:
Berdasarkan caranya komunikasi dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu Komunikasi lisan, yaitu: cara berkomunikasi dengan berbicara. Dalam proses komunikasi lisan dilakukan secara langsung, dimana komunikator dapat secara langsung menyampaikan pesan kepada komunikan. Komunikasi tulisan, yaitu: cara menyampaikan pesan melalui tulisan. dalam proses ini, umumnya dilakukan secara tidak langsung. Namun, dalam perkembangan tekhnologi saat ini komunikasi dengan tulisan bisa pula dilaksanakan secara langsung dengan media Chat. Komunikasi tulisan dapat dilakukan melalui surat, email (surat elektronik), maupun chating forum. 4. Tekhnik Komunikasi yang efektif Agar komunikasi kita dapat berjalan efektif, maka terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu Mendengar dengan aktif Trampil dalam berbicara Gaya bicara tepat Penampilan yang menarik, seperti: pakaian, pandangan mata, raut muka, sikap badan, suara, tulisan, senyum, jabatan tangan, ingat nama dan tulus. Sebaliknya terdapat pula berbagai ciri-ciri komunikasi yang tidak efektif yang perlu dipahami dianntaranya, adalah: Bertele-tele, malu-malu, marah-marah, maksud yang disampaikan tidak jelas, tersembunyinya maksud/pesan, non verbal, satu arah, tidak responsive, tidak nyambung, tidak terbuka Komunikasi tidak dapat berjalan dengan efektif dapat juga disebebkan karena adanya hambatan dalam proses komunikasi diantaranya adalah:
Berbicara adalah proses mengeluarkan suara yang dapat dimengerti sebagai ungkapan pikiran (perasaan) yang dihasilkan oleh koordinasi otak, pita suara, udara, dan alat-alat yang mengadakan modifikasi suara. Berbicara efektif adalah berbicara secara menarik dan jelas sehingga dapat dimengerti oleh lawan bicara dan tujuan dari komunikasi dapat tercapai. Paling tidak, terdapat enam hal yang harus disiapkan agar dapat berbicara efektif, yaitu Menetapkan sasaran, sebelum berbicara harus ditetapkan sasarna terlebih dahulu, yaitu: tujuan berbicara (seperti untuk presentasi tugas, memimpin rapat, mengisi kajian keagamaan, menyampaikan materi dikelas, dan lain sebagainya) agar memudahkan dalam memilih materi yang akan disampaikan. Mengenali pendengar, sebelum berbicara efektif, harus mengenali terlebih dahulu audiens atau pendengar agar dapat menyusun kata-kata yang tepat dengan kondisi maupun usai audiens/pendengar. Mempelajari tempat dan sarana, sebelum berbicara di depan forum kerja, penting untuk memperlajari tempat dan sarana dengan cara survei tempat, memperlajari letak duduk audiens, mengenali alat yang akan dipergunakan, dan meneliti gangguan yang mungkin timbul. Melakukan manajemen waktu. manajemen waktu harus diperhatikan dalam rangka berbicara efektif karena berkaitan dengan konsentrasi pendengar. Harus diperhatikan kapan menyampaikan materi, kapan tanya jawab, dan kapan memberikan lelucon atau penyegaran. Mempersiapkan bahan, sebelum berbicara harus mempersiapkan bahan terlebih dahulu, mempelajarinya, menyiapkan contoh-0contoh, dan menuangkan bahan tersebut dalam media (apabila diperlukan) Mengelola tkhnik penyampaian, bicara di depan umum akan berhasil jika menggabungkan beberapa hal, sebagai berikut: 7% = Penggunaan Kata 38% = Penggunaan nada dan suara 45% = Penggunaan ekspresi muka, bahasa tubuh, dan gerakan tubuh. 6. Mendengar Efektif Mendengar yang efektif tidak hanya sekedar mendengar tetapi mendengarkan dengan konsentrasi dan diikuti dengan usaha untuk memahami pesan atau informasi yang didengar. Dalam arti sempit, mendengarkan adalah usaha memperoleh suatu pengertian terhadap berita atau pesan dengan menggunakan indera pendengaran (terbatas pada penerimaan pesan secara lisan). Sedangkan dalam arti luas, medengarkan adalah usaha memperoleh suatu pengertian terhadap berita atau pesan dengan menggunakan indera pendengaran dan kemampuan pikiran untuk memahami lebih lanjut terhadap pesan yang diterima (penerimaan pesan secara lisan maupun tertulis). Oleh karena itu, kualitas pendengar dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan, sebagai berikut:
Cara Komunikasi Efektif di Dunia Perbankan |
![]() |
![]() |
Sponsored Links |
![]() ![]() |
Bookmarks |
![]() |
||||
Thread | Thread Starter | Forum | Replies | Last Post |
Cara Mengecilkan Perut Dengan Cara Yang Efektif | anthonius_zhou | Sehat dan Cantik | 0 | 16th October 2017 12:32 AM |
Cara Efektif Mengobati Keseleo | jayaherba | Health Kesehatan | 0 | 14th May 2015 10:40 AM |
cara efektif sembuhkan limfoma | jayaherba | Health Kesehatan | 0 | 9th December 2014 03:43 PM |
Cara Menjadi Manajer Perbankan Efektif 1 - Tentukan Tujuan (Goal Setting) | r1n2rd | Berita dan Informasi | 0 | 17th June 2014 10:55 PM |
Ilmu Komunikasi yang Efektif di Tempat Kerja | r1n2rd | Berita dan Informasi | 0 | 29th March 2014 12:34 AM |
Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests) | |
Thread Tools | Search this Thread |
Display Modes | |
|
|
![]() |