![]() |
|
![]() |
Notices |
Business and Economy! Main Forum Description |
![]() ![]() |
|
Thread Tools | Search this Thread | Display Modes |
![]() |
#1 |
KaDes Forumku
Join Date: 2 Jul 2017
Userid: 6337
Posts: 657
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
|
![]() ![]() Jokowi mencoba kereta luar biasa. (Foto: Dok. Agus Suparto / Presidential Palace) Selain mempersiapkan pembangunan double track jalur kereta api Bogor-Sukabumi sepanjang 57 km, Presiden Joko Widodo juga berencana untuk mengaktifkan kembali jalur KA Cianjur-Bandung sepanjang 44 km. Jokowi meminta proyek ini bisa dikerjakan tahun 2019 mendatang. "Nanti ini juga sudah saya perintahkan kemarin untuk disurvei yang dari Sukabumi menuju Cianjur menuju ke Bandung revitalisasi total dilihat lagi juga. Kalau itu tahun berikutnya berarti 2019," ungkap Jokowi saat menyampaikan pidato di Lapangan Merdeka, Sukabumi, Jawa barat, Jumat (1/9). Reaktivasi jalur Cianjur-Bandung memang sedang ditunggu-tunggu oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan bila jalur KA ini diaktifkan maka masyarakat Bogor yang hendak pergi ke Bandung bisa langsung naik kereta tanpa harus ke Jakarta. "Supaya penumpang dari Bogor tidak harus ke Jakarta lagi kalau ke Bandung, mereka lebih cepat lewat Cianjur," kata Edi kepada kumparan (kumparan.com) beberapa waktu lalu. Menurut Edi, jalur KA Cianjur-Bandung akan terkoneksi dengan jalur KA Bogor-Sukabumi-Cianjur yang sudah lebih dahulu diaktifkan. ![]() Kereta Api. (Foto: Dok. PT KAI) "Selama ini sudah ada rute Bogor-Sukabumi-Cianjur. Tapi dari Cianjur-Bandung itu memang belum," ujar Edi Namun, untuk mengaktifkan jalur KA tersebut masih menghadapi sejumlah kendala. Jalur KA Cianjur-Bandung membutuhkan banyak perbaikan, mengingat rute tersebut cukup curam dan rawan longsor. "Ada tanjakan panjang di Padalarang, termasuk rute baliknya. Harus diperbaiki terlebih dahulu karena kemiringannya juga cukup tinggi," jelasnya. Meski demikian, kepastian dari reaktivasi jalur KA Cianjur-Bandung masih menunggu izin dari Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Edi berharap, jalur tersebut bisa kembali aktif dalam waktu dekat. "Semoga (dalam waktu dekat). Masih menunggu izin dari Kemenhub," tandasnya. Bila jalur ini jadi direaktivasi, maka akan terhubung dengan jalur kereta Bandung-Sukabumi-Cianjur. Jalur kereta api ini nantinya akan melewati beberapa stasiun kecil, diantaranya Tagog Apu, Cipatat, Rajamandala, Cipeuyeum, Ciranjang, Selajambe, Tipar dan Maleber. Dalam perjalanannya, rangkaian kereta ini harus melalui kontur berbukit dan menanjak, seperti di Rajamandala-Tagog Apu-Cipatat. https://kumparan.com/wiji-nurhayat/j...g-dimulai-2019 |
![]() |
![]() |
Sponsored Links |
![]() ![]() |
Bookmarks |
![]() |
||||
Thread | Thread Starter | Forum | Replies | Last Post |
Pembangunan Kereta Borneo Dimulai, Wapres Sebut Harus Ubah Aturan | partisusanti | Kalimantan Timur | 0 | 28th October 2015 04:11 PM |
Kota Tangerang Minta Jalur Kereta Api Diperpanjang | partisusanti | Banten | 0 | 3rd October 2015 09:11 PM |
Rusia Bangun Jalur Kereta di Kalimantan | supry | Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military | 0 | 21st January 2015 09:25 AM |
2019, Kereta Commuter Angkut 1,2 Juta Penumpang per Hari | sucyresky | Business and Economy! | 0 | 10th November 2014 11:40 AM |
5 Jalur kereta terpanjang di dunia | andi.teguh | Forumku the Lounge | 1 | 13th February 2013 12:52 PM |
Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests) | |
Thread Tools | Search this Thread |
Display Modes | |
|
|
![]() |