forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 27th July 2022, 01:30 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 26 Jul 2019
Userid: 7974
Location: Cikarang
Posts: 113
Real Name: resi
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Testis Besar Sebelah? Waspada Pria Dapat Mengalami Kemandulan

Varikokel mungkin belum begitu familiar ditelinga, tapi kasusnya cukup banyak dialami dan disebut sebut sebagai salah satu penyebab kemandulan pria. Benarkah demikian ? Sebelum membahas hal diatas, akan lebih baik jika tahu dulu penyakit apa sebenarnya varikokel itu, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobati varikokel dengan bahan-bahan alami.

Penyakit varikokel (varicocele) merupakan pembuluh darah (vena) yang ada didekat buah zakar mengalami pelebaran sehingga menyebabkan gangguan fungsi sperma. Rusaknya kualitas sperma menyebabkan adanya peradangan pada testis atau buah zakar. Pembuluh darah yang membesar di area buah zakar dalam skrotum terjadi karena kegagalan katup. Katup ini berfungsi sebagai pengalir darah dari buah zakar dan skrotum kembali ke jantung.

Normalnya pembuluh darah pada sumsum sperma berfungsi untuk mengirim darah dari testis tidak dapat terlihat. Ketika terjadi varikokel maka pembuluh darah mengalami pembesaran sehingga membuatnya lebih mudah terlihat. Untuk ukuran varikokel ini memang bervariasi seperti terasa dan terlihat mirip seperti tas cacing dalam skrotum.

Varikokel sebenarnya sama dengan penyakit varises, tapi berbeda tempatnya. Jika varises kebanyakan tumbuh pada betis atau kaki, varikokel ini terjadi pada testis atau buah zakar pria.

Varikokel muncul akibat dari pembuluh darah yang membengkak atau melebar sehingga nampak seperti urat menonjol atau sering diibaratkan seperti “gumpalan cacing” pada kantung testis. Varikokel tidak bersifat kanker dan biasanya tidak membahayakan. Akan tetapi jika tidak segera diobati bisa menimbulkan komplikasi serius seperti kemandulan.

Biasanya penyakit varikokel ini menyerang pada pria yang sedang pada masa pubertas atau usia reproduksi. Penyakit ini biasanya terjadi pada organ bagian kiri testis. Hal tersebut karena struktur pembuluh darah pada bagian kiri lebih berpotensi terjepit oleh pembuluh darah lain juga tekanannya lebih besar. Namun walaupun terjadi di salah satu testis, tetap dapat mempengaruhi produksi sperma dikedua testisnya.

Penyebab Varikokel

Penyebab pasti vari kokel memang tidak diketahui, akan tetapi banyak ahli yang percaya bahwa terbentuknya varikokel terjadi ketika katup dalam pembuluh darah di tali menghambat aliran darah. selain itu beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko.

Masalah utama pada varises maupun varikokel yaitu adanya masalah pada pembuluh darah vena. Yaitu pembuluh darah yang bertugas mengalirkan darah kembali ke jantung. Pada praktiknya pembuluh darah tubuh bagian bawah akan bekerja lebih keras karena harus mengalirkan darah ke atas (jantung) yang berarti akan melawan gravitasi. Disini dibutuhkan pembuluh darah yang kuat dan berfungsi normal.

Masalahnya pada sebagian orang terutama pria memiliki kelainan atau kelemahan fungsi pada pembuluh vena baik karena kelainan pembuluh darah atau rusaknya katup pembuluh darah.

Dalam pembuluh darah terdapat katup atau pintu yang bisa menutup dan membuka secara otomatis. Ketika darah mengalir maka katup terbuka. Ketika mendeteksi aliran darah melambat maka katup akan tertutup. Fungsi ini tidak akan berjalan jika katupnya rusak , akibatnya darah akan kembali berbalik arah, mengendap, lama kelamaan semakin banyak darah yang terkumpul sehingga membuat pembuluh vena melebar dan membengkak. Pada varikokel yang parah vena akan berkelok dan mungkin menimbulkan rasa sakit.

Dikutip dari berbagai macam sumber bahwa penyakit varikokel ini adalah penyakit yang bisa disebabkan karena:
  1. Stress
    [*Jika varikokel pada bayi disebabkan oleh faktor genetic
  2. Kurang istirahat
  3. Cidera
  4. Olahraga yang terlalu berat seperti angkat beban
  5. Duduk yang terlalu lama
  6. Mengangkat beban yang terlalu berat
  7. Pemakaian celana yang ketat
  8. Kurang olahraga
  9. Kurangnya asupan air putih

Ciri dan Gejala Varikokel

Pada umumnya varikokel sering tidak menimbulkan gejala dan tidak tersektesi selama bertahun tahun. Beberapa pria baru mengetahui bahwa dirinya menderita setelah melakukan pemeriksaan. Meski begitu, beberapa penderita dapat merasakan ketidaknyamanan atau bahkan rasa sakit pada bagian kantong testisnya.

Gejala sakit ini biasanya meningkat saat penderita berdiri atau melakukan aktivitas fisik terlalu lama, dan akan mereda saat penderita berbaring. Jangan biarkan varikokel tanpa pengobatan, karena dapat mempengaruhi produksi sperma.

Mendeteksi adanya varikokel pada testis sangat mudah, bisa diraba langsung. Jika misalnya terdapat semacam urat-urat yang menegang dan terlihat menunjol di samping kiri atau kanan kantung testis maka sudah dipastikan itu adalah varikokel.

Karena biasanya tidak bergejala, sehingga tidak perlu pengobatan. Akan tetapi, anda harus segera mencari pengobatan atau pergi ke dokter jika varikokel menyebabkan gejala seperti biji testis bengkak, testis menciut atau mengecil, atau juga ada masalah dengan kesuburan anda.

Berikut gejala yang muncul pada seseorang yang menderita penyakit verikokel yaitu :
  1. Rasa sakit atau nyeri di testis baik itu nyeri ringan atau tajam
  2. Nyeri yang semakin hari semakin memburuk
  3. Perasaan berat atau menyeret dalam kantung testis
  4. Urat menonjol akibat adanya pelebaran pembuluh darah pada kantung testis
    Testis lebih kecil dari sisi tempat pembuluh darah karena perbedaan dalam aliran darah
  5. Nyeri semakin terasa ketika berdiri ataupun beraktifitas berat
  6. Sakit akan hilang ketika berbaring

Bagaimana cara mencegah supaya tidak terkena penyakit varikokel?

Ada berbagai macam jenis tips untuk mencegah supaya btidak terkena penyakit varikokel dianitaranya:
  1. Rutin berolahraga
  2. Minum air putih delapan gelas perhari
  3. Hindari stress
  4. Konsumsi makanan sehat
  5. Hindari penggunakan celana ketat

Apa saja komplikasi tersebut ?

Penyusutan testis

Sebagian testis tersusun dari tabung-tabung pembentuk sperma. Ketika tabung ini rusak akibat varikokel testis akan mengecil dan melunak. Belum ada alasan pasti kenapa testis bisa mengecil tapi para ahli menduga varikokel membendung darah yang seharusnya mengalir ke testis, sehingga testis mengalami kerusakan akibat darah tidak lancar

Kemandulan

Seperti sering disebutkan testis bengkak bisa saja menyebabkan kemandulan tapi bukan berarti semua yang mengalaminya berpotensi mandul. Penyebabnya ialah karena ketika testis bengkak dapat meningkatkan suhu panas di testis dan menyebabkan kerusakan sperma baik jumlah dan kecepatannya.
resiraphael is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
darah, pada, testis, varikokel, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Obat Herbal Alami Untuk Penyakit Testis Bengkak Sebelah vega07 Forum Kesehatan 1 8th June 2019 03:04 AM
Tips Untuk Mengobati Testis Bengkak Sebelah secara alami vega07 Forum Kesehatan 1 8th June 2019 03:02 AM
Cara Mengobati Testis Bengkak Sebelah vega07 Forum Kesehatan 1 8th June 2019 02:56 AM
Cara Mengatasi Kemandulan Pria Dan Wanita deevanurlela Health Kesehatan 1 4th January 2016 02:30 PM
Obat Untuk Mengatasi Kemandulan Pada Pria indahcantika Health Kesehatan 10 9th October 2014 10:55 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 02:49 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Promosi Forumku :

CakeDefi Learn to Earn

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2024, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2024 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts