forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forum Lingkungan Hidup Diskusi, Konsultasi, Wahana, Aksi, Sosialisasi dan Pendidikan tentang Lingkungan Hidup. Cintailah Bumi Kita

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 20th April 2019, 10:35 AM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 20 Mar 2019
Userid: 7770
Posts: 1
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Yuk Cari Tahu Tentang Pengertian Lingkungan Hidup Di Sini

Lingkungan - Secara umum, definisi lingkungan adalah semua yang ada di sekitar manusia dan memiliki dampak langsung dan tidak langsung pada kehidupan mereka, dibagi menjadi dua area, biotik dan abiotik. Biotik adalah elemen hidup seperti kebun sekolah, ibu dan guru, orang tua, teman sekolah, hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya. Yang dimaksud dengan abiotik adalah meja, tulisnya ayah, udara, bumi, batu, mineral, kursi dan benda mati lainnya. Apa yang dimaksud dengan lingkungan? Inilah penjelasan lengkapnya.

Kerusakan dan konservasi lingkungan

Definisi lingkungan adalah akumulasi dari semua interaksi yang melibatkan berbagai faktor biotik dan abiotik yang terlibat, termasuk semua kekuatan, benda, makhluk hidup, kondisi, manusia dan perilaku mereka yang memengaruhi kesejahteraan dan kehidupan manusia bersama dengan makhluk hidup lainnya.

Lingkungan alam itu sendiri terdiri dari unsur-unsur yang berbeda, khususnya unsur biologis (biotik), unsur sosial budaya dan unsur fisik (abiotik). Seiring waktu, kerusakan lingkungan telah menjadi fenomena sosial dan sangat mengkhawatirkan. Hari ini dapat dilihat bahwa kerusakan terjadi di mana saja di perairan, mendarat di atmosfer bumi. Kerusakan yang terjadi di alam pasti akan berdampak besar pada kehidupan manusia.

Anda juga harus tahu bahwa masalah yang selalu dan masih dialami semua negara di dunia adalah polusi. Menurut hukum n. 23 (1997), pencemaran lingkungan adalah pemasukan atau pemasukan energi, zat, makhluk hidup dan lainnya ke dalam suatu lingkungan melalui aktivitas manusia. Hasilnya adalah penurunan kualitas yang membuat lingkungan tidak berfungsi seperti yang diharapkan. Ada dua faktor yang dapat menyebabkan kerusakan ini, yaitu faktor manusia dan alam. Berikut ini penjelasannya.

Faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan alami:

1. faktor manusia
Dalam hal ini, manusia memainkan peran yang sangat penting dalam terjadinya kerusakan lingkungan. Padahal, banyak kemajuan dan perkembangan dalam hal teknologi yang telah diciptakan oleh manusia. Sayangnya, perkembangan ini justru berdampak negatif pada alam.

Beberapa bentuk kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia termasuk banjir yang disebabkan oleh limbah, sistem drainase yang tidak memadai, dll. Terjadinya pencemaran air, udara, kebisingan dan tanah yang baik karena banyak industri juga menyebabkan kerusakan alam.

Hutan gundul, kebakaran hutan, perburuan liar dan eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan juga merupakan beberapa kerusakan yang disebabkan oleh faktor manusia. Karena banyak kerusakan yang disebabkan oleh faktor manusia, tidak mengherankan bahwa banyak item lingkungan mengendalikan fenomena ini.

2. Faktor alam
Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh faktor alam seperti letusan gunung berapi, tsunami, gempa bumi, tanah longsor, dll. Dimana aktivitas alami dapat menyebabkan kerusakan, seperti: pembongkaran bangunan, membahayakan penerbangan, kerusakan pada penanaman dan area pertanian, dll.

Untuk mengatasi kerusakan lingkungan ini, banyak langkah perlindungan lingkungan dapat diambil. Pada dasarnya, upaya ini harus dilakukan dengan kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah. Citra lingkungan alami yang rusak dari waktu ke waktu memaksa orang untuk menghadapinya secepat mungkin.

Di antara upaya yang dapat dilakukan untuk memasukkan konservasi hutan, seperti reboisasi (penanaman kembali), membangun teras, menanam pohon di sekitar rumah, tidak adanya gas kimia, larangan penebangan liar, reklamasi di pantai dan banyak lainnya. Banyak informasi tentang lingkungan, semoga bermanfaat!

Sumber : https://contohsoal.co.id/
bagusrizki is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, kerusakan, lingkungan, manusia, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Sulit Merasakan Orgasme? Cari Tahu Sebabnya Di Sini! fanimutia09 Forum Kesehatan 1 10th June 2019 02:49 PM
Sukreni Gadis Bali, Frasa Klausa, dan Narasi Lingkungan Hidup adinu Forum BukuKuBaca 0 13th July 2017 03:16 PM
Pengertian Lingkungan Hidup, Agama, dan Aqidah adinu Forum BukuKuBaca 0 7th July 2017 03:54 PM
Pengertian Lingkungan Hidup: Jenis dan Kerusakan Lingkungan Hidup adinu Forum BukuKuBaca 0 13th January 2017 11:20 AM
environment general talk | diskusi umum tentang lingkungan hidup endar.agustyan Forum Lingkungan Hidup 3 27th April 2013 04:10 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 10:27 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2019, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2019 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts