forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 12th February 2019, 10:41 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Mari Lihat Revolusi Iran

Empat puluh tahun yang lalu hari ini, Iran membuat revolusi besar terakhir abad ke-20. Pengunjuk rasa telah memaksa Shah Mohammad Reza Pahlavi, seorang raja despotik yang mengaku menjadi modernisasi negaranya dengan bantuan teknik Barat dan elit Westernized, ke pengasingan. Pada tanggal 11 Februari 1979, Ayatollah Ruhollah Khomeini, seorang ulama yang dibuang oleh Syah, kemenangan kembali ke Iran untuk mengasumsikan-beberapa mungkin mengatakan, membajak kepemimpinan apa yang telah gerakan revolusioner ideologis beragam.

Revolusi Iran adalah pemberontakan massa full-blown terhadap teknik sosial ekonomi atas ke bawah oleh technocracy kaya, tidak demokratis. Itu adalah "pemberontakan besar pertama terhadap sistem global," sebagai pemikir Perancis Michel Foucault benar disebut itu, "bentuk pemberontakan yang yang paling modern dan paling gila." Kegilaan dan kegilaan yang tampaknya lebih akrab hari ini sebagai 'merakyat' pemberontakan melawan tertarik diri elit meletus di seluruh Eropa dan Amerika, supremasi kulit ras-etnis-agama berkembang di jantung kota modernitas Barat dan Barat tidak lagi tampak sempurna contoh dari negara demokrasi sekuler.

Kembali pada 1980-an dan 90-an, namun, permusuhan ideologi Islam dan Iran, dan puas diri adorasi, tertutupi mainstream Barat interpretasi revolusi khususnya setelah mahasiswa Iran mengambil sandera Amerika. Bagi mereka yang yakin bahwa Barat terbaik, itu terlalu mudah untuk mengecam meningkatnya populis Iran sebagai putus asa mundur dan biasanya Islam.

Sebagai vs Naipaul meletakkannya, Iran, "orang budaya abad pertengahan yang tinggi," membenci Barat peradaban modern unggul ketika sedang sedih bergantung pada hal itu. Bangunan ini pemahaman, sejarawan Bernard Lewis, kemudian konselor untuk pemerintahan Bush, menggambarkan sebuah kompleks inferioritas diantara umat Islam, yang diperburuk oleh kegagalan mereka untuk mengejar ketinggalan dengan Barat modern, telah jelas mendorong banyak dari mereka menjadi "Muslim kemarahan."

Teori-teori ini sangat berpengaruh ditempa dalam menanggapi revolusi Iran membuat "benturan peradaban" antara Muslim mengamuk dan rasional Barat tampaknya tak terelakkan bahkan, diperlukan. "Mereka benci kebebasan kami," Presiden George W. Bush diklaim, saat ia siap warga negara Amerika untuk perang-perang yang panjang di Iran lingkungan.

Konsekuensi dari narsisme congkak seperti nyata hari ini: serempak gagal perang, dan ledakan sebagian besar Timur Tengah, Afrika Utara dan Asia Selatan. Baru-baru ini, obsesi patologis dengan perubahan rezim di Teheran membuat istirahat US dengan sekutu-sekutu terdekat dan diseret lebih dalam ke perairan berbahaya di Timur Tengah.

Sebagai Republik Islam Iran dan musuh seharusnya, Barat modern, menghadapi tantangan tantangan internalnya yang mendalam, kami sangat membutuhkan perspektif yang berbeda khususnya yang memungkinkan orang-orang di Barat untuk mengidentifikasi dengan Iran yang panjang perjuangan untuk demokrasi dan Nasional martabat.

Tentu saja, votaries Amerika sembrono perubahan rezim perlu menyadari bahwa kesadaran massa politik di Iran selalu adalah, dan tetap, kuat anti-imperialis. Diganggu oleh Britain dan Rusia di abad ke-19, Iran mengalami pertumbuhan yang cepat dalam sentimen anti-kolonial daripada kebanyakan negara di Asia dan Afrika.

Rasa identitas nasional sudah jelas di Iran di "Konstitusional Revolusi" 1906-salah satu yang pertama seperti Konstitusi reformasi di mana saja. Namun, Iran keinginan untuk penentuan nasib sendiri merasa frustrasi bahkan lama setelah Dekolonisasi, acara tengah abad ke-20, dipenuhi mereka antara banyak bangsa terjajah.

Seperti Mohammed Mossadegh, Iran berpikiran liberal Perdana Menteri, mengeluh di PBB pada tahun 1951, Iran mengklaim kedaulatan yang kejam diabaikan meskipun "ratusan jutaan orang-orang Asia, setelah berabad-abad kolonial eksploitasi, memiliki sekarang memperoleh kemerdekaan dan kebebasan mereka."

Pada tahun 1951, Mossadegh dinasionalisasi Anglo-Iran perusahaan minyak, sebagian besar yang laba selama dekade terakhir telah dicocokkan oleh orang-orang Inggris. Pada tahun yang sama, Mossadegh digulingkan oleh kudeta yang didukung oleh Britania dan Amerika Serikat Sementara Nehru di India dan Sukarno di Indonesia semakin berbicara dengan aksen kebebasan, Iran yang telah menderita dominasi "Sembunyikan-terikat, small-minded" orang kulit putih, yang, seperti Christopher de Bellaigue menulis dalam biografinya tentang Mossadegh, "masuk di sekitar tailcoats seolah-olah tidak pernah berubah."

Iran unconscionably menunda pembebasan dari imperialisme Barat sebagian menjelaskan revolusi ganas anti-Westernism. Kecurigaan lama dan mendalam di negara Barat kemudian diperkuat dengan dukungan dari Barat untuk Saddam Hussein kejam serangan terhadap Iran. Ada hanya ada kesempatan, setelah reimposition hari oleh Trump menyesakkan rezim sanksi terhadap Iran, massa Iran dukungan untuk rezim-changers Amerika.

Ini mungkin lebih bermanfaat untuk mencoba untuk melihat Iran cara banyak Iran mungkin melihat negara mereka empat dekade setelah revolusi mereka. Itu tidak, misalnya, mengurangi kekejaman rezim ulama untuk memeriksa bagaimana Iran telah berjuang untuk mendefinisikan demokrasi dalam parameter revolusi mereka.

Penggulingan raja brutal membuka di Iran pertanyaan itu, sebagai hari acara pertunjukan, jauh dari yang menetap di negara-negara maju yang bahkan disebut demokrasi: apa itu "orang", dan siapa yang dapat mewakili?

Khomeini dikenakan jawaban sendiri. Namun, bertentangan dengan apa eksponen Muslim abad pertengahan yang diduga, Republikanisme nya Islam, yang diperlukan pemilihan reguler serta ulama "perwalian", adalah sebuah penemuan yang ultra modern. Khomeini harfiah ditempa tradisi Shiism ulama.

Lebih penting lagi, telah secara konsisten menantang, paling mencolok dari dalam nya penjaga tua, sebagaimana Eskandar Artamevia-Boroujerdi cemerlang menjelaskan dalam bukunya yang baru "Revolusi dan sanggahan yang: pemikiran politik dan reformasi di Iran."

Oposisi Partai Demokrat telah tidak hanya membantu menelurkan banyak gerakan hak-hak sipil dan memicu kehidupan intelektual dan budaya yang kaya. Itu secara berkala dibawa ke kedepan berpikiran reformis politik para pemimpin seperti mantan Presiden Mohammad Khatami, Mir Hossein Mousavi dan, lebih baru-baru ini, Presiden Hassan Rouhani.

Klise seperti "Revolusi selalu gagal dan menelan anak-anak mereka" tidak akan membantu kita memahami kompleksitas perubahan di Iran sejak 1979: bagaimana, misalnya, sukses besar dari sosial-welfarism Islam pertumbuhan eksponensial melek huruf dan jatuh dalam mortalitas dan tingkat kesuburan sejak 1979 telah menghasilkan harapan pernah-lebih tinggi dan mendalam ketidakpuasan di antara populasi negara muda.

Memang, seperti Brasil puas dan Filipina berbelok ke kanan jauh penghasut, kuning-rompi pengunjuk rasa kerusuhan di Perancis dan panggilan untuk "pembebasan nasional" echo di Iran tua imperialis musuh, Britania, kita harus meninggalkan hancur Prisma "Kemarahan Muslim" dan kembali fokus Revolusi Islam dalam konteks yang lebih luas.

Tidak diragukan lagi pemberontakan besar pertama terhadap sistem global memiliki unsur-unsur khas Iran. Namun saatnya untuk mengakui bahwa itu juga fasa radikal yang lain dalam pencarian universal dan tampaknya tak berujung kedaulatan nasional dan populer.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
barat, dan, iran, untuk, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Jangan Cuma Lihat Harga, Lihat Kualitasnya rikasalsabilah Forum Wanita dan Perempuan 0 28th November 2018 02:34 PM
Pengertian Rantai Makanan dan Revolusi Bumi adinu Forum BukuKuBaca 0 17th March 2017 11:33 AM
Yang mau nambah ilmu mari mari cumilari Forumku the Lounge 3 23rd June 2015 09:49 AM
E-book Gratis 'Revolusi Mental' graziani Forum BukuKuBaca 1 15th December 2014 04:53 AM
Polisi Tanpa Suap Wujud Revolusi Mental agusjember Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 11th November 2014 11:22 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 06:14 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts