forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 30th April 2019, 02:41 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Forum Sabuk dan Jalan China: Kabar Baik untuk UKM

Forum Sabuk dan Jalan kedua baru saja selesai di Beijing, dengan Presiden Cina Xi Jinping mengambil panggung utama yang menguraikan visi kedua China untuk Belt and Road Initiative (BRI) dan membuat komentar tentang membuka pasar negara. Penting untuk memahami apa yang ia maksudkan dengan ini, karena ada dua sektor bisnis yang berbeda di dalamnya: peluang untuk perusahaan multinasional global dan peluang untuk UKM global.

Banyak perhatian media Barat tentang BRI telah membahas masalah akses pasar, dengan fokus pada kemampuan bisnis yang lebih besar - MNC - untuk berpartisipasi dalam proyek infrastruktur.

Ketakutan bahwa kontraktor Barat akan ditutup dari proyek-proyek Belt and Road telah menjadi tema umum - dan kritik - terhadap inisiatif sejak diumumkan sebagai proyek investasi infrastruktur beberapa tahun yang lalu.

Pemerintah-pemerintah Barat, khususnya, telah mengkritik Cina, karena perusahaan-perusahaan milik negara China yang telah mengambil sebagian besar kontrak infrastruktur untuk membangun segala sesuatu mulai dari jalan, pelabuhan, bandara, jalur kereta api, pembangkit listrik, dan semua yang terkait infrastruktur.

Ada alasan untuk ini, dan masuk akal bahwa inisiatif Cina akan mencakup kontraktor Cina. Namun, ada alasan lain juga, seperti daya saing asli perusahaan Cina, pengetahuan lokal, dan keahlian (berapa banyak kontraktor Uni Eropa, misalnya, memiliki sensitivitas bisnis Asia Tengah?), Dan perbedaan budaya untuk perusahaan Barat yang melakukan bisnis di Asia.

Namun ada satu alasan lain mengapa bisnis besar Barat gagal memenangkan proyek BRI. Itu karena proyek-proyek seperti itu secara lintas batas menurut definisi, biasanya disepakati secara bilateral dan dibiayai, dan Cina sendiri tidak memegang kunci untuk ini.

Tidak ada gunanya melobi Cina untuk akses proyek Belt and Road ketika ada negara berdaulat lain yang terlibat - akses tidak hanya diberikan oleh China saja. Kontraktor besar Barat yang mencari proyek-proyek Belt and Road perlu melobi bukan hanya pemerintah Cina, tetapi juga BUMN Tiongkok dan pemerintah mitra lainnya yang terlibat. Sektor bisnis inilah yang telah menjadi berita utama tentang masalah dengan akses pasar Cina.

Akibatnya, semua keributan tentang akses pasar Cina ini telah menciptakan bias negatif yang signifikan dalam liputan berita BRI. Politisi lebih tertarik berurusan dengan peluang miliaran dolar daripada peluang jutaan dolar, dan sektor UKM cenderung tertutup dari diskusi.

Bahkan, di Forum Sabuk dan Jalan, Xi secara aktif menyatakan bahwa Cina ingin membeli produk dan layanan asing. Awalnya, ia mengutip pepatah Tiongkok untuk menyatakan: “Aliran sungai yang tak henti-hentinya membuat laut dalam. Namun, jika arus masuk yang akan dipotong, lautan, betapapun besarnya, akhirnya akan mengering. ”

Untuk mencapai titik pulang lebih jauh, Xi mengatakan: "Kami akan meningkatkan impor barang dan jasa dalam skala yang lebih besar. Cina adalah pabrik global dan pasar global. China tidak mencari surplus perdagangan. Kami ingin mengimpor produk pertanian yang lebih kompetitif dan berkualitas, barang dan jasa manufaktur. ”

Ini adalah berita bagus untuk UKM global. Mengapa UKM? Karena mereka adalah kelompok bisnis tunggal terbesar yang melayani konsumen Cina, dan karena mereka memberikan cakupan produk dan layanan yang jauh lebih luas daripada MNC. Lihatlah Volkswagen, misalnya. Mereka memproduksi dan menjual mobil dan truk. Tapi kemudian lihat semua perusahaan kecil yang melayani Volkswagen.

Kelompok perusahaan itu, walaupun secara individual lebih kecil dari Volkswagen, secara kolektif jauh lebih besar, karena banyak dari mereka melayani tidak hanya Volkswagen tetapi juga produsen mobil lainnya. Dinamika yang sama ini - persamaan berbentuk piramid dengan Volkswagen di atas, dan perusahaan kecil mengambil posisi di bawah tetapi lebih besar secara keseluruhan - adalah sektor pasar yang tepat yang pada dasarnya dikatakan Xi bahwa Cina perlu membeli dari dan terbuka juga.

Ini karena sektor UKM pada dasarnya jauh lebih beragam, seringkali lebih inovatif, dan memiliki rangkaian produk dan layanan konsumen yang lebih luas sehingga dapat diproduksi dan dijual. Tidak semua orang di Cina dapat membeli Volkswagen atau Airbus. Tetapi yang dapat mereka beli adalah produk dan layanan konsumen yang lebih kecil, lebih fokus, lebih murah. Dan itulah yang dimaksud Xi ketika mengatakan Cina adalah pasar global dan ingin membeli.

Faktanya, Cina telah mengambil langkah signifikan untuk memotivasi UKM asing untuk menjualnya. Ada tiga bagian utama untuk ini:

1) Ini tren yang ada
Menjual ke Cina bukanlah hal baru. Yang menarik bagi UKM global adalah trennya sangat lama dan diperkirakan akan berlanjut untuk beberapa waktu. Pasar konsumen Tiongkok terus tumbuh, artinya ada peluang baik untuk menjual ke Cina hari ini, dan menjual lebih banyak ke Cina di masa depan.

2) Meliberalisasi akses pasar Cina
Pada Belt and Road Forum, Presiden Xi secara khusus menyatakan, "Kami akan memperluas akses pasar untuk investasi asing di lebih banyak wilayah, dan kami akan terus memangkas daftar negatif." "Daftar Negatif" adalah daftar industri dan layanan yang terus direvisi. sektor-sektor yang menguraikan dengan tepat bidang apa yang sepenuhnya terbuka untuk investasi asing, sebagian dibatasi, atau dilarang.

Fakta bahwa presiden China sendiri telah menyatakan ini akan lebih santai dan terbuka untuk bisnis asing adalah tanda yang sangat positif. Untuk memastikan apakah UKM Anda berada dalam "sektor yang disetujui", yang harus dilakukan adalah memeriksa daftar ini. Kami baru-baru ini membahas daftar saat ini di sini.

3) Mengurangi bea pada produk impor
Selama tahun lalu, Cina telah mempercepat kebijakannya untuk memungkinkan produk asing yang lebih kompetitif memasuki pasar Cina. Ini biasanya berupa pengurangan tarif barang impor. Penurunan signifikan dan jangkauan luas terjadi pada Mei lalu, mencakup ribuan produk. Kami membahasnya di sini.

UKM, selama mereka tahu kode HS untuk produk mereka, dapat dengan mudah mengetahui tarif apa yang berlaku karena ini akan berdampak pada biaya penjualan di Cina, yang jelas mempengaruhi daya saing lokal. Jika Anda memerlukan bantuan untuk mengerjakan kode HS Anda yang relevan dan tarif China yang berlaku, kirimkan email kepada kami di sini.

Kenyataan di Cina hari ini adalah bahwa dengan sejumlah kecil penelitian, UKM global dapat dengan mudah menetapkan apakah ada pasar yang layak untuk produk mereka. Ketika presiden China sendiri menyatakan bahwa China ingin membeli, ini adalah saat yang tepat untuk mendengarkan. Cina sekarang menjadi pasar bagi UKM global.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
cina, dan, lebih, untuk, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Beijing Bela Italia atas Inisiatif Sabuk dan Jalan Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 10th March 2019 10:55 AM
Berapa Lama Usia Sabuk dan Jalan China? Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 16th February 2019 11:10 AM
Kamu Harus Tahu Menanti Kabar China-AS, Yield Obligasi Indonesia Turun steven99 Forum BukuKuBaca 0 28th January 2019 10:36 PM
Beredar Kabar di Tahun 2019, Suzuki Jimny untuk Pasar Inggris ayu13 Forum Otomotifku 0 20th December 2018 10:00 AM
Laut China Selatan Memanas, AS Kirim Kapal Perang untuk China Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 28th May 2018 03:15 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 01:48 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts