forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 3rd May 2019, 12:35 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Tindakan Keras Xinjiang di Jantung Belt and Road China

Pedagang bepergian dengan bebas melalui zona ekonomi khusus Khorgos yang ramai yang melintasi perbatasan Kazakhstan-China, tetapi tanda-tanda di pihak Cina menanggung peringatan tumpul - tidak ada kerudung atau jenggot panjang yang diizinkan.

Ini adalah pengingat nyata dari kebijakan keamanan yang keras yang telah diberlakukan Cina pada sebagian besar etnis minoritas Muslim di wilayah perbatasan Xinjiang yang luas, yang dianggap penting bagi keberhasilan Inisiatif Belt and Road Initiative (BRI) yang dihargai oleh Presiden Xi Jinping.

Pintu gerbang ke Asia Tengah dan mitra proyek utama Pakistan, Xinjiang adalah jantung dari program infrastruktur perdagangan yang menjangkau dunia.

Serangkaian kerusuhan, pemboman dan penikaman menyalahkan etnis Uighur selama bertahun-tahun mendorong pihak berwenang untuk meluncurkan tindakan keras keamanan besar-besaran di wilayah barat jauh.

"BRI adalah faktor penting di balik dorongan pemerintah pusat untuk membawa wilayah bergolak Xinjiang sekali dan untuk semua di bawah kendalinya," kata Adrian Zenz, seorang peneliti independen Jerman yang berspesialisasi dalam Xinjiang.

Langkah-langkah drastis ini termasuk menempatkan sebanyak satu juta Uighur dan minoritas Muslim yang sebagian besar berbahasa Turki, termasuk etnis Kazakh dan Kirgistan, di kamp-kamp interniran yang Beijing anggap sebagai "pusat pendidikan kejuruan".

Istri-istri Uighur dari para pedagang Pakistan juga terseret ke dalam jaring.

Tindakan keras telah menempatkan para pemimpin Asia Tengah dan Pakistan, yang menghadiri pertemuan puncak Belt and Road di Beijing pekan lalu, dalam posisi yang canggung.

Penerima utama proyek-proyek BRI, mereka telah menahan diri untuk tidak secara terbuka mengkritik pendekatan China Xinjiang meskipun ada ketidakpuasan di negara mereka sendiri.

"Terus terang, saya tidak tahu banyak tentang itu," Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengatakan kepada Financial Times pada bulan Maret ketika ditanya tentang perlakuan China terhadap Uighur.

Meskipun Kazakhstan telah menyatakan bahwa kesejahteraan etnis Kazakh di Tiongkok merupakan "faktor penting" dalam hubungan dengan Beijing, Kazakhstan juga menyuarakan dukungan untuk pertempuran China melawan terorisme, ekstremisme, dan separatisme.

Otoritas Kazakh menahan seorang aktivis yang dicurigai menghasut kebencian antar-etnis setelah ia menyoroti perlakuan etnis Kazakh di Xinjiang, sementara seorang warga negara China yang melarikan diri yang menggambarkan kondisi di kamp penampungan telah ditolak suaka.

"Pada dasarnya untuk negara-negara ini cukup sulit karena mereka memiliki mitra ekonomi ini yang hanya akan menjadi lebih besar dan lebih kuat," kata Raffaello Pantucci, direktur studi keamanan internasional di Royal United Services Institute.

"Mereka perlu mencoba mengelola hubungan itu sementara pada saat yang sama memastikan bahwa mereka mewakili orang-orang mereka sampai tingkat tertentu," kata Pantucci.

Pusat perdagangan

Xi memilih ibukota Kazakhstan untuk meluncurkan proyek peliharaannya pada 2013, sebuah pilihan simbolis yang menyoroti tempat bersejarah Asia Tengah di Jalan Sutra kuno.

Beijing telah menginvestasikan $ 410 juta dalam 16 proyek termasuk jalan raya yang menghubungkan Cina, Kirgistan dan Uzbekistan, terowongan kereta api di Uzbekistan dan pipa gas alam regional, menurut pemerintah Xinjiang.

Investasi China di Asia Tengah sebelum BRI sebagai Beijing telah lama melihat pembangunan di wilayah tersebut sebagai kunci untuk menenangkan Xinjiang, kata Pantucci.

"Dari perspektif China, jawaban jangka panjang untuk masalah - separatisme, ketidakbahagiaan di Xinjiang - pada dasarnya adalah kemakmuran ekonomi," katanya.

Kazakhstan dan China berbagi pusat perdagangan besar-besaran di Khorgos, tempat para pedagang dapat berbelanja pakaian, peralatan dapur, dan barang-barang lainnya tanpa memerlukan visa untuk melewati pos pemeriksaan keamanan.

"Barang-barang lebih murah di sana. Setiap hari kita bisa datang ke perbatasan tanpa merasa (merasa) seperti perbatasan," kata Aida Massimzhanova, seorang warga kota terbesar Almaty di Kazakhstan.

Namun Khorgos juga mengingatkan akan sikap pengetatan Cina terhadap keyakinan Muslim yang dominan di Kazakhstan.

Seorang jurnalis Kazakh dalam tur pers diberi tahu oleh pejabat Kazakh bahwa dia tidak akan bisa melewati pemeriksaan keamanan Tiongkok jika dia tetap memakai jilbabnya. Dia memilih untuk tetap tinggal.

Di pihak China, wartawan dihalangi untuk mendekati tanda yang menunjukkan bahwa cadar Muslim dilarang - sebuah pelanggaran nyata terhadap kesepakatan tentang hukum umum yang mengatur zona perdagangan khusus.

Pihak berwenang telah melarang sejumlah praktik Muslim di Xinjiang, termasuk mengenakan janggut "tidak normal".

Kemarahan publik

Gaukhar Kurmanaliyeva mengaitkan zona ekonomi khusus di perbatasan dengan lengan panjang Beijing setelah sepupunya Asqar Azatbek diduga diculik oleh orang-orang Cina yang tidak dikenal di sisi Kazakh pada Desember 2017.

Kementerian luar negeri Kazakh mengemukakan kasus dengan Beijing dan mengatakan kepada Kurmanaliyeva bahwa Azatbek, pemegang paspor Kazakh kelahiran Cina, dipenjara karena melanggar undang-undang kewarganegaraan Tiongkok.

"Kami tidak tahu di mana dia (ditahan) atau bagaimana dia sekarang," kata Kurmanaliyeva kepada AFP.

Di Kirgistan, sebuah komite dibentuk oleh kerabat mereka yang menghilang dalam pembersihan keamanan Xinjiang.

Marat Tagayev, yang bergabung dengan komite karena khawatir akan teman-teman yang tinggal di China, mengatakan kementerian luar negeri melaporkan bahwa sebagian besar warga Kirgistan telah meninggalkan kamp-kamp interniran.

"Tapi berapa banyak yang masih tersisa di kamp?" Kata Tagayev.

Dalam pernyataan kepada AFP, pemerintah Xinjiang mengatakan kasus Azatbek "tidak ada" dan membantah ada warga negara asing di kamp-kamp itu, sementara kementerian luar negeri Cina mengatakan Belt and Road "telah menjadi jalur utama kerja sama antara China dan Asia Tengah negara. "

Di Pakistan, yang menjadi tuan rumah Koridor Ekonomi China-Pakistan bernilai miliaran dolar yang menghubungkan Xinjiang dengan pelabuhan Gwadar, para pedagang memprotes penahanan istri-istri Uighur mereka di wilayah Cina.

Ali Ibrar, seorang pedagang berusia 39 tahun dari Pakistan utara menikah dengan seorang wanita dari Xinjiang, telah terlibat dalam desakan untuk membawa pelanggaran di sana ke perhatian Islamabad.

"Pakistan tidak hanya diam tentang nasib umat Islam Uighur tetapi juga membantu dan bersekongkol dengan China dengan memaksa orang-orang seperti saya untuk diam," katanya.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
china, dan, untuk, xinjiang, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Ditengah Kritik, Xi Mengatakan Proyek Belt and Road Dapat 'Dibagi Dunia' Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 28th April 2019 01:31 PM
China Diam-diam Mengirim Muslim Uighur dari Xinjiang ke Shaanxi Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 10th February 2019 03:01 PM
Obat Herbal China Penyakit Jantung mustikaratu Health Kesehatan 0 13th January 2016 01:32 PM
Tindakan Tegas untuk Kasus Warga Perbatasan supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 2 25th November 2014 10:11 AM
5 Tindakan Aneh Ini Bermanfaat untuk Kesehatan andi.teguh Forum Kesehatan 0 3rd November 2012 04:34 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 03:31 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts