forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 17th May 2019, 10:51 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Program Nuklir Iran Saat Kesepakatan 2015 Terurai

Iran telah menetapkan batas waktu 60 hari bagi kekuatan dunia untuk menegosiasikan kembali ketentuan-ketentuan perjanjian nuklirnya tahun 2015, setahun setelah Presiden Donald Trump menarik Amerika dari perjanjian penting itu.

Presiden Hassan Rouhani mengatakan Iran akan berhenti mengekspor kelebihan uranium dan air beratnya dari program nuklirnya, sebagaimana ditentukan oleh perjanjian. Jika tenggat waktu 60 hari berlalu tanpa tindakan, Rouhani mengatakan Iran akan melanjutkan pengayaan uranium yang lebih tinggi juga.

Di sinilah program nuklir Iran dan kesepakatan terurai sekarang berdiri.

THE NUCLEAR DEAL

Iran mencapai kesepakatan nuklir pada 2015 dengan Amerika Serikat, Uni Eropa, Prancis, Jerman, Inggris, Rusia dan Cina. Kesepakatan itu, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama, tumbuh dari pembicaraan rahasia yang dilakukan pemerintahan Presiden Barack Obama dengan Iran setelah Rouhani, seorang moderat relatif, mulai menjabat.

Iran setuju untuk membatasi pengayaan uraniumnya di bawah pengawasan inspektur AS sebagai imbalan atas pencabutan sanksi ekonomi. Bisnis internasional bergegas melakukan kesepakatan dengan Iran, terutama penjualan miliar dolar oleh Airbus dan Boeing Co.

Trump, yang berkampanye untuk Gedung Putih dengan janji merobek kesepakatan karena tidak membahas program rudal balistik Iran atau keterlibatannya dalam konflik regional, menarik Amerika dari perjanjian pada 8 Mei 2018. Itu menghentikan bisnis internasional yang dijanjikan kesepakatan dan pukulan telak bagi ekonomi Iran yang sudah anemia. Sejak saat itu, pemerintahan Trump mengatakan negara mana pun yang mengimpor minyak mentah Iran akan menghadapi sanksi A.S.

FASILITAS NUKLIR IRAN

Natanz, di provinsi Isfahan pusat Iran, menampung fasilitas pengayaan uranium utama negara itu, yang terletak di bawah tanah. Iran memiliki satu pembangkit listrik tenaga nuklir yang beroperasi di Bushehr, yang dibuka dengan bantuan Rusia pada 2011. Di bawah perjanjian itu, Iran mengkonfigurasi ulang reaktor air-berat sehingga tidak dapat menghasilkan plutonium dan setuju untuk mengubah situs pengayaan Fordo - menggali dalam-dalam ke lereng gunung - ke pusat penelitian. Ini juga mengoperasikan reaktor riset berusia lebih dari 50 tahun di Teheran.

STOCKPILE URANIUM IRAN

Di bawah ketentuan kesepakatan nuklir, Iran dapat menyimpan persediaan uranium yang diperkaya rendah tidak lebih dari 300 kilogram. Itu dibandingkan dengan 10.000 kilogram (22.046 pon) uranium yang diperkaya tinggi yang pernah dimilikinya. Saat ini, perjanjian tersebut membatasi Iran untuk memperkaya uranium hingga 3,67%, yang dapat memicu pembangkit listrik tenaga nuklir komersial. Uranium tingkat senjata perlu diperkaya sekitar 90%. Namun, begitu sebuah negara memperkaya uranium hingga sekitar 20%, para ilmuwan mengatakan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai 90% terbelah dua. Iran sebelumnya diperkaya hingga 20%.

PUSAT IRAN

Centrifuge adalah alat yang memperkaya uranium dengan memutar gas uranium hexafluoride dengan cepat. Di bawah kesepakatan atom, Iran telah dibatasi untuk mengoperasikan 5.060 sentrifugal IR-1 model lama. IR-1 didasarkan pada desain Belanda tahun 1970-an yang oleh ilmuwan Pakistan A.Q. Khan dulu membangun program senjata nuklir Islamabad dan kemudian dijual ke Iran, Libya, dan Korea Utara.

Iran memiliki kemampuan teknis untuk membangun dan mengoperasikan versi lanjutan yang disebut IR-2M, IR-4 dan IR-6 di sebuah fasilitas di Natanz, tetapi dilarang melakukan hal itu berdasarkan perjanjian nuklir. Ali Akbar Salehi, kepala program nuklir Iran, mengatakan kepada The Associated Press pada bulan September bahwa IR-2M dan IR-4 dapat memperkaya uranium lima kali lebih cepat daripada IR-1, sedangkan IR-6 dapat melakukannya 10 kali lebih cepat . Para ahli Barat telah menyarankan sentrifugal ini menghasilkan uranium yang diperkaya tiga hingga lima kali lebih banyak dalam setahun daripada IR-1.

Iran juga membuat banyak sentrifugal yang sudah dibangun sebagai bagian dari kesepakatan.

DARI 'ATOM UNTUK DAMAI' KE STUXNET

Program nuklir Iran sebenarnya dimulai dengan bantuan Amerika Serikat. Di bawah program "Atoms for Peace", Amerika memasok reaktor uji yang datang online di Teheran pada tahun 1967 di bawah pemerintahan Shah Mohammad Reza Pahlavi. Bantuan itu berakhir begitu Revolusi Islam 1979 Iran menggulingkan Shah.

Pada 1990-an, Iran memperluas programnya, termasuk membeli peralatan dari A.Q. Khan. Di antara kegiatannya, Iran "mungkin telah menerima informasi desain" untuk sebuah bom dan meneliti detonator peledak, menurut Badan Energi Atom Internasional.

Pada Agustus 2002, badan intelijen Barat dan kelompok oposisi Iran mengungkapkan situs nuklir rahasia di Natanz. Iran hingga hari ini membantah program nuklirnya memiliki dimensi militer. Iran menghentikan pengayaan pada tahun 2003 tetapi melanjutkannya tiga tahun kemudian di bawah garis keras Presiden Mahmoud Ahmadinejad. Kekuatan dunia memberlakukan sanksi AS yang melumpuhkan sebagai tanggapan. Virus komputer Stuxnet, yang secara luas diyakini sebagai ciptaan AS-Israel bersama, segera mengganggu ribuan sentrifugal Iran.

Serangkaian pemboman, disalahkan pada Israel, menargetkan sejumlah ilmuwan yang dimulai pada 2010 di puncak kekhawatiran Barat atas program Iran. Israel tidak pernah mengklaim bertanggung jawab atas kejadian itu
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, iran, nuklir, uranium, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Rouhani Bandingkan Kondisi Sulit Saat Ini dengan Perang Iran Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 12th May 2019 04:10 PM
Rouhani Bandingkan Kondisi Sulit Saat Ini dengan Perang Iran Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 12th May 2019 04:01 PM
Mitos Seputar Kesepakatan Nuklir Iran Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 11th May 2019 10:08 AM
Rouhani Mendukung Prestasi Kesepakatan Nuklir 2015 Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 2nd February 2019 09:49 AM
Penyebab Tragedi Mina 2015 Karena Ulah Syiah Iran idjoel Forumku the Lounge 0 28th September 2015 04:54 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 05:51 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts