forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 13th June 2019, 01:18 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Bagaimana Blockchain Perkuat Demokrasi Indonesia

Minggu ini, hasil resmi pemilihan terbesar yang pernah menjalani verifikasi blockchain independen diumumkan di Indonesia. “Democracy Anchored”, sebuah inisiatif masyarakat sipil lokal, dapat melaporkan 25 juta dari 193 juta suara yang diberikan dalam pemilihan Indonesia dalam beberapa jam setelah tempat pemungutan suara ditutup pada 17 April 2019. Hasil resmi seluruh negeri diumumkan kepada publik minggu ini, pada 21 Mei. Aplikasi yang sukses menunjukkan bahwa blockchain bisa sangat berharga dalam pemilihan skala besar - selama Anda tidak mencoba mengganti pemungutan suara kertas.


Pemilu paling rumit di dunia


Pemilu Indonesia tidak hanya besar, mereka mungkin yang paling rumit di dunia dengan 193 juta pemilih yang tersebar di 17.000 pulau. Menghitung suara membutuhkan waktu berminggu-minggu, dan secara tradisional ketegangan meningkat di minggu-minggu antara suara dan publikasi hasil resmi, dengan kedua belah pihak menuduh pihak lain merusak.


Penghitungan suara dan penghitungan suara tidak hanya harus melakukan perjalanan jauh dan luas secara geografis, mereka juga harus melewati lima tingkat agregasi sebelum dihitung dalam pemilihan nasional. Banyak hal dapat terjadi pada pemungutan suara dalam perjalanan itu, dan di situlah blockchain dapat membantu.




Di Indonesia, LSM secara aktif berusaha meningkatkan transparansi dalam proses pemilihan. Mereka mencoba untuk melacak penghitungan dengan melakukan crowdsourcing hasil pemilihan lokal dan mengumpulkannya di tingkat nasional. Gagasannya adalah untuk melacak suara dari saat mereka dihitung sampai mereka dilaporkan di tingkat nasional.


Penghitungan suara lokal mudah ditemukan. Di setiap TPS, sebuah komite menghitung suara kertas, mereka menyetujui hitungan dan mereka merekamnya pada formulir (disebut formulir "C1"). Formulir ini ditandatangani, difoto, dan biasanya ditemukan di WhatsApp dan media sosial lainnya.


Secara teknis, tidak sulit membuat basis data foto-foto ini. Masalah dengan database crowdsourced ini adalah spam. Mereka dibombardir dengan foto-foto dokter dan bahkan foto-foto sampah yang merusak kredibilitas mereka.


Mereka tidak dapat membuktikan bahwa foto-foto formulir tidak dirusak ketika mereka memasuki database, dan mereka tidak dapat membuktikan bahwa foto tidak berubah setelah mereka memasuki database. Jadi, meskipun ini adalah prakarsa yang berguna, mereka tidak menggunakan banyak otoritas dalam debat tentang jumlah penghitungan suara yang tepat.


Kami diundang oleh profesor Effendi Gazali dari Universitas Indonesia untuk memecahkan masalah kredibilitas dengan menggunakan blockchain.


Bukti integritas


Kami menggunakan pendekatan crowdsourcing yang sama untuk membuat database formulir C1. Tetapi kami menggunakan algoritme dan moderator manusia untuk memfilter foto-foto formulir C1 yang telah diolah, yang menghasilkan database berkualitas lebih dari 100.000 formulir ini - mewakili 25 juta suara. (Anda dapat menemukan hasilnya di sini)


Kami berhenti menerima foto baru 2 hari setelah pemilihan, karena pada saat itu risiko gangguan menjadi terlalu besar.


Itulah mengapa kami menghasilkan 100.000 foto "anti peluru", bagus untuk 25 juta suara. Kami dapat menawarkan "bukti keberadaan", konfirmasi bahwa foto itu ada segera setelah pemungutan suara. Dan kami dapat menawarkan "bukti integritas": kami dapat menunjukkan bahwa gambar tertentu tidak berubah sejak kami menambahkannya ke blockchain.


Terlebih lagi, semua orang dapat memeriksanya sendiri di situs web yang tersedia untuk umum, dan menelusuri ke foto formulir C1 lokal (Anda dapat melakukannya di sini)


Kata Profesor Gazali: "Jika Komisi Pemilihan Umum Indonesia menggunakan solusi ini, Indonesia tidak akan jatuh ke dalam penghitungan semi-kacau yang tahan lama yang kita saksikan sekarang. Kami melihat kematian terbesar di antara para pekerja dalam sejarah pemilu Indonesia yang pernah ada, dan Menurut Badan Pengawas Pemilu ada beberapa kesalahan dalam teknologi penghitungan dan rekapitulasi dalam sistem Komisi Pemilu. Jika kita bisa menggunakan basis data blockchain dalam skala besar, kita dapat memastikan bahwa semua suara dihitung dalam 6 hingga 12 jam setelah TPS ditutup, dan dengan demikian menghindari ketegangan politik dan kemungkinan suara dipalsukan. "


Minggu-minggu yang tegang


Di situlah, dalam demokrasi Indonesia rapuh atau hanya negara-negara dengan kondisi geografis yang menantang, blockchain dapat benar-benar menambah nilai dengan biaya yang sangat rendah. Semakin lama waktu untuk mengumumkan hasil, semakin banyak kepercayaan yang terkikis, dengan propaganda yang merusak kepercayaan pada proses demokrasi - atau bahkan lebih buruk lagi, demonstrasi, kekerasan dan terkadang kerusuhan sipil yang berakhir dengan kematian.

Semakin pendek kita dapat membuat jendela antara memilih dan melaporkan hasil, semakin sedikit peluang bagi partai-partai yang tertarik untuk menumbangkan proses pemilihan. Bagi kami, ini adalah pendekatan yang masuk akal untuk menggunakan teknologi blockchain dalam pemilihan, terutama di negara-negara besar yang menghadapi masalah logistik dalam penghitungan dan pelaporan suara, seperti banyak negara demokrasi di Asia dan Afrika.


Tentu saja, menarik dan menyenangkan untuk berteori tentang membangun suara digital yang dapat ditembus, bebas gangguan yang memungkinkan pemilihan jarak jauh atau rumah. Tetapi kenyataannya adalah bahwa kertas bukanlah teknologi yang rusak atau usang untuk pemungutan suara. Demokrasi yang matang dan terhormat telah menggunakannya dengan sukses selama berabad-abad.


Yang tidak mereka miliki adalah cara cepat dan bukti kerusakan untuk melaporkan dan menghitung suara - transparansi dan kecepatan. Dan itulah yang dapat ditawarkan oleh blockchain - meskipun didasarkan pada suara kertas.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dalam, dan, dapat, suara, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Oligarki Partai Politik Mengancam Demokrasi Indonesia Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 7th January 2019 11:07 AM
Penyebab Likuifaksi Demokrasi di Indonesia ciptarumah Forum BukuKuBaca 0 17th November 2018 08:03 AM
Indonesia - AS Perkuat Kemitraan Komprehensif jamila Diplomasi dan Hubungan Internasional 2 5th October 2017 05:34 PM
Oman-Indonesia Perkuat Misi Dagang sucyresky Business and Economy! 0 17th December 2014 01:48 PM
Indonesia dan AS Perkuat Kerjasama Produksi Pesawat agusjember Infrastructure, Transportation and Communication! 0 8th November 2014 12:04 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 03:10 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts