forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 15th June 2019, 10:54 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Dua Kapal Tanker Diserang di Teluk Oman, AS Salahkan Iran

Dua kapal tanker minyak komersial terkena ledakan dan terbakar di Teluk Oman, mendorong evakuasi dan penyelamatan puluhan anggota awak. Amerika Serikat menyalahkan Iran, menuduhnya berusaha mengganggu pasokan minyak melalui jalur air strategis.

Operator kapal mengatakan bahwa 21 kru di kapal tanker Kokuka Courageous milik Jepang dan 23 di Front Altair, yang dimiliki oleh Norwegia, dievakuasi oleh kapal terdekat setelah ledakan meletus 13 Juni.

Media pemerintah Iran melaporkan bahwa angkatan laut Iran menyelamatkan 44 dan memindahkannya ke pelabuhan Iran, sebuah klaim yang disengketakan oleh Amerika Serikat, yang mengatakan Angkatan Lautnya telah datang untuk menyelamatkan beberapa dari mereka yang berada di atas kapal.

Seorang kru dikatakan terluka ringan.

Insiden itu terjadi sebulan setelah serangan terhadap empat tanker di dekat Uni Emirat Arab meningkatkan ketegangan antara Teheran dan Washington dan sekutu-sekutu AS di Teluk Persia.

Di Washington, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyalahkan Teheran, mengutip jenis bahan peledak yang digunakan dan apa yang ia katakan adalah kecanggihan serangan. Dia menegaskan itu adalah bagian dari kampanye untuk meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

"Ini hanya yang terbaru dari serangkaian serangan, yang dihasut oleh Republik Islam Iran dan para penggantinya, terhadap Amerika Serikat dan sekutunya," kata Pompeo. "Dan mereka harus dipahami dalam konteks 40 tahun agresi yang tidak diprovokasi terhadap negara-negara yang mencintai kebebasan."

Sebelumnya di Dewan Keamanan PBB, duta besar AS mengutuk serangan itu dan menambahkan bahwa Washington memberikan bantuan.

"Tidak dapat diterima bagi pihak mana pun untuk menyerang pelayaran komersial dan serangan hari ini terhadap kapal-kapal di Teluk Oman menimbulkan keprihatinan yang sangat serius," utusan AS, Jonathan Cohen, mengatakan.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memperingatkan pada pertemuan itu bahwa dunia tidak mampu "konfrontasi besar di kawasan Teluk."

"Saya mengutuk keras serangan terhadap kapal sipil. Fakta harus ditetapkan dan tanggung jawab diklarifikasi," kata Guterres.

Pemerintah Jepang mengatakan, tanker-tanker itu membawa kargo "terkait Jepang".

Ledakan itu terjadi ketika Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengakhiri kunjungan dua hari ke Teheran.

Menteri luar negeri Iran menggambarkan insiden itu sebagai mencurigakan, mengatakan mereka terjadi ketika Abe bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei untuk "pembicaraan yang luas dan ramah."

Pemerintah Jepang mengatakan, tanker-tanker itu membawa kargo "terkait Jepang".

Ledakan itu terjadi ketika Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengakhiri kunjungan dua hari ke Teheran.

Menteri luar negeri Iran menggambarkan insiden itu sebagai mencurigakan, mengatakan mereka terjadi ketika Abe bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei untuk "pembicaraan yang luas dan ramah."

"Mencurigakan tidak mulai menggambarkan apa yang mungkin terjadi pagi ini," kata Mohammad Javad Zarif dalam posting di Twitter.

Uni Pelaut Rusia mengatakan ada 12 orang Rusia di antara mereka yang dievakuasi, menurut kantor berita Interfax. Kantor berita RIA Novosti melaporkan bahwa semua orang Rusia yang diselamatkan selamat dan tidak terluka.

Armada Kelima yang bermarkas di AS di Angkatan Laut AS sebelumnya mengatakan telah menerima dua panggilan darurat, menambahkan bahwa kapal-kapal AS membantu.

Operasi Perdagangan Maritim Inggris, sebuah kelompok keselamatan maritim yang dijalankan oleh Angkatan Laut Inggris, mendesak "kehati-hatian ekstrem" di daerah itu.

International Tanker Management, perusahaan yang mengoperasikan Front Altair, mengatakan ledakan menyebabkan kebakaran di atas kapal, yang sedang menuju ke Timur Jauh dengan produk minyak bumi yang dikenal sebagai naptha.

Perusahaan pelayaran lain, BSM Ship Management, mengatakan "insiden" di atas kapal Kokuka Berani merusak sisi kanan lambung kapal. Kapal itu membawa metanol

Kantor berita resmi Iran IRNA melaporkan bahwa angkatan laut Iran telah menyelamatkan 44 anggota awak, dan mereka dipindahkan ke pelabuhan Bandar-e Jask.

Kantor berita Iran IRIB tweet gambar-gambar dari apa yang dikatakannya adalah Front Altair yang terbakar.

Teheran telah terkunci dalam perselisihan dengan Washington sejak Amerika Serikat satu tahun lalu menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 antara kekuatan-kekuatan dunia dan Iran.

Sejak itu, Washington telah menerapkan kembali sanksi yang melumpuhkan terhadap Iran, meningkatkan retorikanya, dan meningkatkan kehadiran militernya di Timur Tengah, meningkatkan kekhawatiran akan kemungkinan konflik bersenjata. Grup pertempuran kapal induk A.S. tiba di wilayah itu bulan lalu.

A.A.E. menyalahkan serangan bulan lalu di luar Selat Hormuz, rute pengiriman vital untuk pasokan minyak dan gas global, pada "aktor negara" yang tidak disebutkan namanya, sementara Amerika Serikat menuduh bahwa Iran menggunakan ranjau untuk menyerang empat kapal tanker - tuduhan yang dibantah oleh Teheran .

"Beberapa pihak di kawasan itu berusaha untuk memicu kebakaran di wilayah itu dan kami harus menyadari hal itu," Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengatakan kepada Dewan Keamanan, tanpa secara khusus menyebutkan siapa pun.

Menteri Luar Negeri Kuwait Sheikh Sabah Khaled al-Sabah mengatakan insiden itu mengancam keamanan internasional.

Di Moskow, Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov memperingatkan agar tidak menarik kesimpulan cepat atas ledakan itu.

"Langkah-langkah untuk menormalkan situasi di sekitar Iran diperlukan. Kita harus tenang dan tidak memihak ketika menyelidiki apa yang terjadi, menghindari kesimpulan terburu-buru yang dapat meningkatkan pressure cooker," kata Ryabkov.

Selama pembicaraan dengan perdana menteri Jepang, Khamenei mengesampingkan negosiasi dengan Amerika Serikat.

"Iran tidak mempercayai A.S.," kata media pemerintah Iran mengutip Khamenei. "Kami sudah memiliki pengalaman pahit dengan Amerika atas kesepakatan nuklir dan tidak ingin mengulangi pengalaman ini."

Abe, perdana menteri Jepang pertama yang mengunjungi Iran dalam lebih dari 40 tahun, pada 12 Juni memperingatkan bahwa "konflik tak disengaja" harus dihindari dengan cara apa pun.

Presiden A.S. Donald Trump menanggapi berita tentang perjalanan Abe, mengatakan dia menghargai kunjungan itu tetapi dia berpikir itu "terlalu cepat untuk memikirkan" Amerika Serikat membuat kesepakatan dengan Teheran.

"Mereka belum siap, dan kita juga tidak!" Trump mengatakan dalam posting ke Twitter.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, iran, itu, mengatakan, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Hassan Rouhani: Iran Siap Tingkatkan Hubungan dengan Teluk Saingan Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 11th March 2019 11:30 AM
Protes Anti-Pemerintah Mereda, Iran Salahkan Amerika, Israel dan Arab Saudi Itsaboutsoul Forumku Middle East Timur Tengah 0 9th February 2018 09:35 PM
Buang Tembakan, Iran Menahan Kapal Amerika Serikat di Teluk supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 3rd May 2015 09:19 AM
Singapura Pasok Kapal Perang Oman supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 27th November 2014 02:14 PM
KRI Berhasil Gagalkan Pembajakan Kapal Tanker akiyamashinichi Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 24th November 2014 10:26 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 04:10 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts