forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 27th July 2019, 01:28 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Protes Sambut Pidato Tahunan Presiden Filipina

Para pengunjuk rasa berbaris di jalan-jalan Manila pada 22 Juli untuk mengutuk apa yang mereka sebut sebagai pelanggaran hak yang meluas dan intrusi China ke wilayah Filipina.

Para pastor, biarawati, dan seminaris bergabung dengan para aktivis yang menyerukan pemakzulan Presiden Rodrigo Duterte saat ia menyampaikan pidato kenegaraannya (SONA).

Para pemrotes menerjang hujan ketika mereka berbaris, membawa plakat dan patung, yang kemudian mereka bakar, dalam apa yang mereka sebut "SONA Rakyat Serikat" di luar Kongres.

Pidato presiden, yang berlangsung selama hampir dua jam, menangani berbagai masalah, termasuk perang pemerintahnya melawan narkotika, korupsi dan pengenalan kembali hukuman mati.

Duterte menegaskan kepemilikan negara itu atas sebagian Laut Cina Selatan bahkan ketika ia mengakui mengizinkan Cina untuk "memanfaatkan sumber daya" di zona ekonomi eksklusif negara itu.

Dia membual bahwa kemiskinan turun dari 27,6 persen pada paruh pertama 2015 menjadi 21 persen pada 2018, periode di paruh pertama masa jabatan enam tahunnya.

Presiden mengatakan tujuan pemerintahannya dalam tiga tahun ke depan adalah "kehidupan yang nyaman" untuk semua orang Filipina.

Masa paling sulit dalam sejarah
Akan tetapi, para pemimpin Gereja mengatakan bahwa Filipina sedang mengalami "periode yang paling sulit dalam sejarah bangsa" di bawah Duterte.

"Sebuah visi negara di mana perdamaian dan keadilan berkuasa, kedaulatan dihargai dan hak asasi manusia ditegakkan ... telah meluncur terlupakan," kata Forum Uskup Ekumenis.

Para pendeta dari berbagai gereja mengatakan Filipina "dalam krisis dan tidak hanya sosial dan politik, tetapi juga moral dan spiritual."

"Kemunduran demokrasi negara kita, keberanian rezim tirani dan penindasan rakyat memicu bencana nasional," kata mereka.

Prelatus mereka menambahkan bahwa orang-orang "dipanggil untuk mengumpulkan keberanian dan menemukan kembali tanggung jawab kolektif" untuk kesejahteraan bangsa.

"Kita tidak harus meringkuk melawan kejahatan, tetapi sebaliknya melawannya," tambah mereka.

"Kita harus berbicara untuk perubahan positif dan reformasi sejati untuk mendapatkan kembali demokrasi negara kita, memulihkan kebebasan rakyat kita dan membangun kembali bangsa kita," kata mereka.

Uskup Katolik Deogracias Iniguez, ketua Forum Ekumenis Uskup, meminta presiden untuk "mengindahkan seruan rakyat Filipina dan mengandalkan kebenaran."

Pastor Edwin Gariguez, sekretaris eksekutif dari kelompok aksi sosial konferensi para uskup Katolik, mengecam "sikap tidak patriotik dan pengecut" dari Duterte atas sengketa Laut China Selatan.

Dia mengatakan Filipina harus mengambil "sikap lebih keras" terhadap China.

Dalam pidatonya, Duterte membenarkan "perjanjian penangkapan ikan" dengan China sebagai "tindakan penyeimbangan yang rumit" untuk menghindari konflik dengan tetangga yang kuat.

Promosi Respon Rakyat Gereja, sebuah organisasi awam ekumenis yang berpengaruh, mengatakan pihaknya "marah" oleh "kelemahan dan impotensi" pemerintah dalam melindungi kedaulatan negara.

'Penganiayaan diam-diam' terhadap orang Filipina
Uskup Novaliches, Uskup Antonio Tobias mengatakan, masyarakat internasional harus melihat apa yang ia sebut sebagai "penganiayaan diam-diam" terhadap rakyat Filipina.

"Silakan datang. Datang dan lihat negara itu dan amati penganiayaan sunyi yang terjadi terhadap orang-orang dan Gereja," kata wali gereja itu.

Uskup meresmikan "Misa untuk Kebenaran" yang dihadiri oleh para aktivis dan pengunjuk rasa di depan pidato presiden.

Uskup Tobias adalah satu dari tiga uskup Katolik yang didakwa melakukan penghasutan dan pencemaran nama baik pekan lalu karena diduga mengaitkan keluarga presiden dengan perdagangan narkoba ilegal.
Uskup mengatakan para pemimpin gereja dianiaya bahkan ketika mereka melakukan yang terbaik untuk membantu keluarga para korban pembunuhan terkait narkoba.

Dia mengatakan ketika Duterte berkuasa pada tahun 2016 dia berjanji untuk menyingkirkan masalah narkoba. "Setelah tiga tahun, jumlah pengguna narkoba meningkat dan banyak yang telah meninggal," kata uskup.

"Gerejalah yang menjaga mereka yang selamat dari pembunuhan, memberi mereka kesempatan untuk menjalani kehidupan baru," kata Uskup Tobias.

"Apakah ini cara pemerintah membayar Gereja untuk semua yang telah dilakukannya?" prelatus itu mengatakan ketika ditanya tentang reaksinya terhadap tuduhan yang diajukan terhadapnya.

Salah satu janji Duterte dalam pidatonya adalah mengembalikan hukuman mati untuk kejahatan keji, suatu tindakan yang ditentang oleh kelompok-kelompok gereja.

"Kami belum mempelajari pelajaran kami," kata Duterte. "Narkoba akan terus berlanjut kecuali korupsi dihilangkan," katanya. "Kami memiliki jalan panjang untuk melawan ancaman sosial ini."

Dia kemudian mendesak Kongres untuk mengembalikan hukuman mati untuk kejahatan keji, khususnya untuk pelanggaran yang terkait dengan obat-obatan terlarang serta perampasan.

RUU hukuman mati menghadapi tentangan keras dari para senator selama Kongres terakhir. DPR, bagaimanapun, melewati ukuran yang diusulkan.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, mereka, untuk, uskup, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Pentingnya Mengambil Cuti Tahunan untuk Liburan Timothy Forum Travelingku Jalan Jalan 0 28th November 2018 04:30 PM
Gelar Budaya Rakyat Bakal Jadi Agenda Tahunan akiyamashinichi Social, Culture and Education! 1 21st February 2016 03:08 AM
Presiden Jokowi & Presiden Xi Jinping Kian Mesra sucyresky Business and Economy! 0 27th April 2015 08:06 AM
Banyak Perusahaan Belum Laporkan SPT Tahunan sucyresky Business and Economy! 0 8th April 2015 09:18 AM
Emiten Protes Tingginya Kenaikan Biaya Tahunan sucyresky Business and Economy! 0 7th December 2014 08:06 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 06:23 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts