forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 3rd September 2019, 02:54 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Tetangga Kami yang Baik, Timor-Leste

Ampuni, tetapi tidak pernah melupakan! Kita tidak bisa lebih sepakat dengan sentimen hari ini seperti yang kita ingat sebuah referendum 20 tahun yang lalu, yang telah mendefinisikan sejarah dua tetangga, Indonesia dan Timor Leste. Sementara rakyat Timor-Leste akan merayakan akhir penindasan mereka, banyak orang di Indonesia akan dengan tenang mengingat kesedihan para pahlawan Seroja, tentara yang tewas membela pemerintahan 24 tahun di wilayah Indonesia yang kemudian disebut Timor Timur.

Kita hampir tidak bisa melupakan bagaimana tindak kekerasan yang dilakukan sebelum dan sesudah referendum bersejarah, ketika hampir 80 persen warga Timor Timur memilih untuk berpisah dari Indonesia, yang kemudian mendorong kedatangan pasukan multinasional untuk memulihkan perdamaian dan ketertiban.

Dokumen intelijen yang baru dirilis yang dideklasifikasi oleh Amerika Serikat telah mengungkapkan peran militer Indonesia (TNI) dan kelompok milisi yang telah dibentuk dan dilatih oleh militer, dalam kekejaman yang luas, yang menyebabkan Washington memberikan tekanan pada Jakarta untuk menghormati suara kemerdekaan. "Penurunan lebih lanjut dari situasi [...] akan melakukan kerusakan yang berpotensi tidak dapat ditarik kembali terhadap hubungan Indonesia dengan seluruh dunia, termasuk AS, "kata salah satu dokumen yang dideklasifikasi.

Ribuan orang tewas dan banyak lainnya melarikan diri dari rumah mereka dan mencari perlindungan di Timor Barat di Indonesia sebagai akibat dari taktik "hangus bumi" untuk membuat rakyat Timor Leste membayar harga untuk pilihan mereka.

Tak diragukan lagi seluruh kisah pendudukan dan pelanggaran HAM akan tetap dalam ingatan masyarakat Timor Leste. Upaya untuk membawa tersangka pelaku kejahatan terhadap kemanusiaan ke pengadilan berakhir di jalan buntu sebagai akibat dari perlawanan dari pihak Indonesia dan pragmatisme oleh para pemimpin Timor Leste.

Bahwa kedua negara memilih untuk melanjutkan dan melihat ke depan jelas dalam laporan akhir dari mereka bersama komisi kebenaran dan persahabatan diserahkan kepada Presiden kedua negara pada bulan Juli 2008. Sementara menyimpulkan bahwa kelompok milisi, TNI, pemerintah Indonesia dan kepolisian nasional harus menanggung tanggung jawab kelembagaan, tidak ada rekomendasi mengenai amnesti atau rehabilitasi.

Meskipun semua kengerian yang terjadi selama 24 tahun pendudukan Indonesia, tidak dapat disanggah dan tidak dapat dihindari bahwa Indonesia dan Timor Leste akan tetap menjadi tetangga. Tidak peduli perbedaan besar dalam ukuran antara kedua negara dalam hal ekonomi dan populasi, Timor Leste yang stabil dan makmur akan selalu menjadi tujuan strategis bagi Indonesia.

Dalam hal perekonomian Timor Leste, Indonesia memainkan peranan penting Meskipun Australia memiliki kepentingan dalam hal industri minyak dan gas dan Cina memiliki kehadiran yang meningkat. Karena overketergantungan ekonomi dapat memicu friksi baru, Indonesia perlu meningkatkan hubungan budaya dan pendidikan dengan Timor Leste.

Hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor Leste harus didasarkan pada saling menghormati dan kesetaraan, meskipun mungkin benar bahwa Timor Leste kebutuhan Indonesia jauh lebih dari yang terakhir membutuhkan negara kecil di sebelah.

Selamat kepada masyarakat Timor Leste atas keberanian mereka dalam pemungutan suara untuk kemerdekaan 20 tahun yang lalu. Stabilitas dan kemakmuran bangsa mereka sangat penting bukan hanya untuk rakyatnya sendiri tetapi juga mereka dari tetangganya.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, indonesia, leste, timor, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Prediksi Indonesia vs Timor Leste seobola88 Forumku Sepak Bola 1 17th June 2019 03:54 AM
Air Cargo Timor Leste mdaniel1618 Jualanku - My Stores and Shops 0 16th July 2018 05:47 PM
Laporan Pertandingan: Indonesia U-22 5-0 Timor Leste U-22 agung209 Olah Raga dan Organisasi! 0 27th March 2015 11:29 PM
Xanana Ingin Timor Leste Bergabung ke RI supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 27th November 2014 10:16 AM
Indonesia Kalahkan Timor Leste 4-0 kloningan.gue Forumku the Lounge 0 12th November 2014 07:01 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:26 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts