forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 10th September 2019, 02:54 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Pemindahan Ibu Kota Indonesia Tak Akan Perbaiki Kesengsaraan

Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo secara resmi mengumumkan rencana untuk memindahkan ibukota negara dari kota Jakarta yang padat dan tenggelam ke Kalimantan Timur di pulau Kalimantan.

Harapannya adalah bahwa membangun "kota pintar di hutan" di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara Utara akan meringankan berbagai masalah di Jakarta. Sebagai rumah bagi setidaknya 10 juta orang, Jakarta berjuang dengan polusi parah, kemacetan lalu lintas dan banjir, dan sebagiannya tenggelam.

Tetapi memindahkan ibukota ke Kalimantan, yang memiliki sejumlah besar lahan gambut yang mudah terbakar, meningkatkan risiko kebakaran, yang akan menimbulkan kerusakan lingkungan yang merusak dan melepaskan sejumlah besar emisi gas rumah kaca.


Dan langkah itu tidak harus menyelesaikan masalah lingkungan Jakarta.

Risiko kebakaran hutan yang tinggi
Situs yang diusulkan dari ibukota baru ini tidak jauh dari Danau Mahakam, daerah indah yang kaya akan lahan gambut dan rumah bagi lumba-lumba Irrawaddy (Orcaella brevirostris), spesies langka yang dikenal secara lokal sebagai pesut. Kebakaran lahan gambut adalah sumber paling signifikan dari kabut tajam yang secara rutin menyelimuti berbagai wilayah Indonesia, termasuk tahun ini.

Merelokasi ibukota berarti membersihkan tanah untuk memberi ruang bagi bangunan pemerintah baru, rumah dan infrastruktur terkait. Pemerintah dilaporkan telah menyiapkan 180.000 hektar untuk konstruksi.

Tidak mengherankan bahwa kelompok-kelompok lingkungan seperti Greenpeace Indonesia prihatin tentang dampak pada hutan dan banyak spesies yang menghuninya, seperti orangutan.

Sayangnya, pembukaan hutan hanyalah salah satu dari banyak dampak lingkungan, dan bahkan bukan yang paling signifikan.

Setidaknya 1,5 juta pegawai negeri diharapkan untuk pindah ke ibukota baru. Itu di atas dampak lingkungan dari populasi saat ini - 900.000 orang di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Populasi yang jauh lebih besar di dekat Danau Mahakam meningkatkan risiko kebakaran lahan gambut di sana. Arus masuk migran ke ibukota baru akan mendorong ekspansi pertanian. Dan orang sering masih membakar tanah untuk ekspansi pertanian di Indonesia, meskipun ada larangan penggunaan api untuk pembukaan lahan.

Penelitian saya dan rekan-rekan lain menunjukkan bahwa kebakaran di Indonesia terkait tidak hanya dengan kegiatan pertanian skala besar, tetapi juga kegiatan mata pencaharian lainnya seperti berburu dan memancing.

Orang-orang yang sudah tinggal di daerah itu akan berburu dan menangkap ikan lebih banyak untuk dijual kepada penduduk kota, yang juga akan mengunjungi hutan dan lahan gambut untuk rekreasi dan mencari mata pencaharian.

Ketika orang berburu dan memancing di musim kemarau, mereka sering membangun api unggun dan membakar tumbuh-tumbuhan untuk menemukan kolam pemancingan. Api bisa lolos dan menjadi kebakaran hutan.

Risiko kebakaran di daerah itu sangat nyata. Selama kekeringan El Nino terburuk yang pernah terjadi di Indonesia, yang terjadi pada 1997-98, kebakaran berkobar di seluruh wilayah Mahakam dan seluruh Kalimantan Timur, provinsi yang paling parah terkena dampak di negara ini.


Jika kebakaran serupa terjadi kembali - yang lebih mungkin daripada tidak, mengingat meningkatnya suhu akibat perubahan iklim - modal baru kemungkinan akan terhenti selama berbulan-bulan. Baik kebakaran dan kabut yang dihasilkan akan membahayakan kesehatan dan mata pencaharian penghuninya.

Masalah Jakarta tetap ada
Mengalokasikan US $ 32,7 miliar untuk pembangunan ibukota baru itu bahkan dapat memperburuk masalah lingkungan Jakarta.

Jakarta membutuhkan investasi infrastruktur besar-besaran untuk meningkatkan transportasi umum (yang mengurangi kemacetan dan emisi gas rumah kaca) dan meningkatkan sanitasi, termasuk menghubungkan semua rumah ke air minum.

Banyak penghuninya terpaksa mengandalkan air dari sumur dalam, yang mengakibatkan ekstraksi berlebihan air bawah tanah. Itu, pada gilirannya, menyebabkan penurunan tanah.

Tanpa perubahan peraturan dan investasi yang signifikan untuk menghentikan tenggelamnya Jakarta, miliaran akan hilang karena kerusakan infrastruktur yang ada dan kegiatan ekonomi yang terhubung.

Merelokasi 1,5 juta orang keluar dari Jakarta tidak akan menyelesaikan masalah amblesan kota, mengingat populasi Jakarta tumbuh sekitar 250.000 orang setiap tahun.

Sebelum menyetujui relokasi ibukota, parlemen Indonesia harus menjamin sumber daya yang cukup akan tersedia untuk mengatasi masalah transportasi dan penurunan permukaan tanah di Jakarta.

Dan itu harus memastikan setiap modal baru berada di lokasi yang tidak akan memperburuk masalah kebakaran dan kabut asap di wilayah tersebut.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
akan, dan, jakarta, untuk, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Ibu Kota Jakarta Akan Tenggelam Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 23rd August 2019 01:03 PM
Kota Ini akan Miliki Trem Pertama di Indonesia partisusanti Jawa Timur 0 20th January 2016 06:15 PM
Belajar dari Vonis Yayasan Soeharto, MA Akan Perbaiki Website maman Forumku the Lounge 0 12th August 2015 05:51 AM
Penggerak Ekonomi, Bandung Perbaiki Tata Kota & Fasilitas Umum sucyresky Business and Economy! 0 25th February 2015 08:35 AM
Masuk ke Pasar Thailand, Indonesia Perlu Perbaiki Pengepakan Buah nonasakamoto Business and Economy! 0 24th February 2015 07:19 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 03:34 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts