forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 12th September 2019, 01:36 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Mantan Presiden Indonesia, B.J. Habibie, Meninggal di Usia 83

Presiden ketiga Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, yang merupakan orang pertama yang memimpin negara itu setelah 32 tahun kediktatoran Soeharto, telah meninggal.

Dia berusia 83 tahun. Keluarga mantan insinyur-berbalik-politisi dikonfirmasi kematiannya pada Rabu malam.

Meskipun ia menjabat sebagai Presiden untuk hanya 16 bulan, B.J. Habibie akan dikenang oleh orang Indonesia yang paling banyak untuk mendorong melalui reformasi demokrasi dan ekonomi (selama krisis keuangan Asia) dan berbunga dari pers bebas setelah lama tahun Soeharto aturan otokratik pada awal era reformasi.

Dia juga akan dikenang di Australia dan di seluruh dunia karena mengizinkan Timor Leste untuk mengadakan referendum kemerdekaan pada 30 Agustus 1999-sebuah langkah yang ditentang oleh bagian berpengaruh dari pendirian militer-dan yang mengejutkan pemerintah kemudian-Howard, yang awalnya mendesak provinsi yang bergolak diberikan otonomi daripada kemerdekaan penuh.

Pemungutan suara mengakibatkan 78,5 persen penduduk memilih kemerdekaan dan baru-baru ini dua minggu yang lalu, karena bangsa kecil tersebut menandai peringatan 20 tahun kemerdekaan, sebuah jembatan yang dinamai dari mantan Presiden tersebut diresmikan di ibukota Dili.

Kegagalan pemerintahnya untuk mengendalikan milisi yang mendatangkan malapetaka setelah pemungutan suara dan menewaskan sekitar 1500 orang Timor Timur (yang lain 500.000 mengungsi) mencerminkan posisinya yang Genting di wilayah politik dan militer pasca-Soeharto di Indonesia.

Presiden Habibie yang kebanyakan-tidak populer adalah yang terpendek dalam sejarah Indonesia modern, namun menjadi transformatif untuk sebuah bangsa yang 20 tahun kemudian, menikmati statusnya sebagai demokrasi mayoritas Muslim terbesar di dunia.

Putra Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengatakan bahwa Presiden ketiga Indonesia meninggal pada hari Rabu di rumah sakit tentara Gatot Subroto Jakarta, di mana dia menjalani pengobatan untuk masalah jantung sejak 1 September.

Presiden Indonesia Joko Widodo memberikan penghormatan kepada Dr Habibie di Twitter dengan merujuk pada sebuah garis dari Alquran. "Sesungguhnya, kepada Allah kita adalah milik dan kepada-Nya kita akan kembali ". Selamat tinggal Mr BJ Habibie ".

Presiden Indonesia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "saya benar sedih dan merasa hilang ".

"Bangsa ini baru saja kehilangan salah satu anaknya yang terbaik, seorang ilmuwan kelas dunia, Bapak teknologi yang hidupnya didedikasikan untuk memajukan Indonesia.

"Itu semua bisa kukatakan. Semoga semua perbuatan almarhum diterima di mata Allah, diampuni dosa-dosanya, dan semua keluarga yang tertinggal akan diberi kekuatan dan kesabaran.

"Dan kita semua, mudah-mudahan dapat melanjutkan aspirasi Profesor BJ Habibie selama hidupnya, untuk membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju, yang telah menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Amin. "

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad juga memberikan penghormatan kepada mantan Presiden: "sesungguhnya, kepada Allah kita milik dan kepada-Nya kita akan kembali ".

"[My] belasungkawa kepada keluarga dan kepada semua orang Indonesia untuk kembali ke semua Mr BJ Habibie. Meninggalkan-Nya adalah kerugian besar. Semoga Tuhan memberkati jiwanya. "

Habibie disadap untuk memimpin Indonesia oleh Soeharto sebagai tentara diktator yang 32 tahun pada Mei 1998 selama pemberontakan mahasiswa dan kecelakaan ekonomi yang menghancurkan.

Ia pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Soeharto hanya dua bulan sebelum menjadi Presiden dan masa jabatannya berakhir setelah hanya 16 bulan pada bulan Oktober 1999 ketika ia mengundurkan diri dari perselisihan dalam pemilihan Presiden.

Habibie tinggal di Jerman dan Belanda selama lebih dari satu dekade pada 1960-an dan 70-an, meraih gelar dokterandes dalam bidang teknik dan bekerja untuk firma Dirgantara Messerschmitt-Boelkow-Blohm. Ia memperoleh sejumlah paten pada masa itu.

Tapi di 1974 Soeharto meminta Habibie-pasangan tersebut telah mengetahui masing-masing selama lebih dari dua dasawarsa-untuk kembali ke Indonesia dan membantu modernisasi ekonomi negara.

Ia menjabat dalam sejumlah peran senior dalam badan usaha milik negara dan di posisi Menteri sebelum akhirnya naik ke jabatan Presiden.

Sebagai Presiden, Habibie meminta maaf atas pelanggaran hak asasi manusia masa lalu dan menguraikan program reformasi delapan titik "untuk membangun masyarakat yang adil, terbuka dan demokratis. "

Ia memerintahkan pembebasan tahanan politik, pelarangan pembatasan pers dan reformasi politik untuk memungkinkan pemilu bebas.

Dia mengangkat larangan berusia tiga dekade tentang berbicara dan mengajar bahasa Mandarin sebagai bagian dari peleasan kebijakan diskriminatif terhadap etnis Cina yang dilembagakan oleh Soeharto setelah pogrom anti-komunis nya 1965-66.

Terlepas dari reformasi, Habibie tidak dapat menguasai kekacauan politik yang disebabkan oleh pemberontakan mahasiswa.

Sebuah kegagalan untuk menuntut teman lama atas tuduhan korupsi besar-besaran meruntuhkan kampanyenya untuk tetap berkuasa. Pada 20 Oktober 1999, Habibie mengundurkan diri dari pemilihan Presiden yang akan datang.

Parlemen sudah pindah ke memilih kepala negara baru setelah anggota parlemen menolak nya "akuntabilitas " pidato pada keberhasilan dan kegagalan bulan nya di kantor.

Lahir tanggal 25 Juni 1936, di kota Parepare di Sulawesi Selatan, Habibie adalah anak keempat dari delapan bersaudara.

Ayahnya adalah keturunan asli Sulawesi dan ibunya seorang bangsawan Jawa dari Kesultanan kuno Yogyakarta. Istrinya, hasri Ainun Habibie, seorang dokter medis, meninggal pada 2010.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, habibie, presiden, untuk, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Mantan Presiden Afghanistan 'Melebihi Semua Harapan' Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 11th February 2019 04:09 PM
Didi Petet Meninggal Dunia di usia 58 sridaniati18 Informasi dan Pengumuman 0 16th May 2015 08:50 PM
Berkantor Pusat di Korea Selatan, Ini Pekerjaan Baru Mantan Presiden SBY! admin untuk Dunia! 1 7th January 2015 05:36 PM
(Jika) Jadi Presiden, Prabowo Janji Garap Pesawat Habibie capres2014 Calon Presiden 1 10th April 2014 10:02 PM
Kehebatan “Si Jenius” BJ Habibie Saat Menjadi Presiden andi.teguh Forumku the Lounge 2 12th December 2012 08:16 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 02:46 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts