forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Indonesia Membangun! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 19th September 2015, 05:01 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Wapres tegaskan pentingnya pembangunan transmisi listrik

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan pembangunan transmisi listrik 46.000 kilometer perlu dilakukan karena akan menentukan keberhasilan pembangunan pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW).

"Intinya menurut Bapak Jusuf Kalla, pembangunan transmisi ini sudah harus jalan," kata Juru Bicara Wapres, Husein Abdullah kepada wapres seusai rapat tentang kelistrikan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa.

Menurut Wapres, pembangunan transmisi bagi sebuah pembangkit listrik itu seperti pembangunan jalan untuk rumah. Karena itu, sebelum membangun rumah maka jalannya juga harus sudah terbangun pula.

Bila pembangkit listrik sudah berjalan tetapi transmisinya juga masih belum memadai, maka dicemaskan pembangkit-pembangkit listrik yang sudah terbangun bisa menganggur.

Selain itu, Wapres juga mengingatkan bahwa karena pada saat ini harga bahan baku sedang dalam keadaan murah, maka kini dinilai merupakan waktu yang tepat untuk berbelanja bahan baku pembangunan transmisi itu.

"Seluruh bahan baku lagi murah sehingga biaya juga diharapkan bisa ditekan hingga 50 persen," katanya.

Pembangunan transmisi tersebut juga diyakini dapat menstimulasikan ekonomi terutama bagi pengusaha-pengusaha daerah sehingga Wapres juga menginginkan dibuat semacam pelatihan sehingga pengusaha lokal bisa membantu pembangunan transmisi.

Apalagi Wapres juga menginginkan agar 100 persen komponen dalam pembangunan tersebut diupayakan berasal dari dalam negeri.

Dalam rapat tentang kelistrikan yang dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla itu juga dihadiri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi, dan Direktur Utama PLN Sofyan Basir.

Ketua BKPM Franky Sibarani juga menginginkan adanya koordinasi yang baik dengan beragam instansi dalam upaya mewujudkan pembangunan transmisi tersebut.

Sebelumnya, Pemerintah telah mempercepat proyek pembangunan listrik 35.000 megawatt dengan mulai membangun transmisi sepanjang 46.000 kilometer.

Hal itu dibahas dalam rapat terbatas yang digelar di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Kamis (30/7), yang dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara Sofyan Basir.

"Kami bersama Wapres (Jusuf Kalla) tadi rapat mencari solusi bagaimana mempercepat pembangunan 35.000 megawatt dan soal mempercepat pembangunan transmisi," kata Menteri ESDM Sudirman Said usai rapat.

Dia menjelaskan transmisi tersebut akan dibangun secara massal dengan melibatkan berbagai pihak industri dalam negeri serta para pengusaha menengah di daerah.

Sementara itu, Dirut PLN Sofyan Basir menjelaskan rencana pembangunan transmisi sepanjang 46.000 kilometer tersebut berlangsung selama tiga hingga empat tahun ke depan, sehingga diharapkan selesai lebih cepat daripada pembangunan pembangkitnya.














http://www.antaranews.com/berita/514..._campaign=news
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Wapres JK tegaskan kenaikan BBM untuk pembangunan infrastruktur partisusanti Infrastructure, Transportation and Communication! 0 29th March 2015 05:19 PM
Menko: pembangunan pembangkit listrik gunakan komponen lokal partisusanti Business and Economy! 0 17th March 2015 08:10 PM
Solusi Krisis Listrik RI Hanya Pembangunan Pembangkit sucyresky Business and Economy! 0 16th December 2014 07:57 PM
Strategi Pemerintah Percepat Pembangunan Pembangkit Listrik akiyamashinichi Business and Economy! 0 11th November 2014 07:31 AM
Wapres bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Listrik agusjember Infrastructure, Transportation and Communication! 0 10th November 2014 09:35 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 11:45 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Promosi Forumku :

CakeDefi Learn to Earn

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2024, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2024 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts