forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forum Travelingku Jalan Jalan Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 8th April 2017, 10:20 AM   #1
Ketua RT
 
ExploreWisata's Avatar
 
Join Date: 30 Jan 2017
Userid: 5983
Posts: 80
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Wisata Bukit Panenjoan Salem, Wisata Kece di Brebes



Purwakarta memiliki berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi karena keindahan alamnya. Contohnya Bukit Panenjoan Salem di Kampung Cinangka Desa Sindang Panon Kecamatan Bojong Purwakarta.

Pemandangan alam yang ciamik cocok bagi para pengguna media sosial untuk mengabadikan momen untuk diunggah di akunnya masing-masing.

Bukit Panenjoan Salem kurang lebih berjarak sekitar 17 km dari pusat kota Purwakarta. Menuju bukit Panenjoan Salem dapat diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisatawan bisa memulai perjalanan mereka dari Purwakarta mengambil arah menuju Wanayasa, di daerah Pondok Salam, mereka harus berbelok ke arah kanan memasuki Gapura Indung Rahayu yang terletak di pintu masuk Desa Salem. Selain itu akses lain juga bisa ditempuh dengan jalur Bojong Sawit maupun daerah Wanayasa.

Mata para pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan hamparan perkebunan teh di sepanjang perjalanan. keindahan alam akan terus tersaji hingga para pengunjung tiba di lokasi Bukit Panenjoan Salem.

Dengan leluasa, pengunjung bisa ber-swafoto dengan latar belakang perkebunan, gunung, hingga danau Juanda Jatiluhur yang terhampar di bagian barat Kabupaten Purwakarta.

Selain itu, dibangunnya jembatan bambu di atas perbukitan di areal wisata itu semakin membuat Bukit Panenjoan Salem merupakan tempat sempurna menggambarkan daerah pedesaan Purwakarta notabene merupakan daerah yang masih merawat budaya kesundaannya. Itu tampak jelas dengan berdirinya saung-saung khas Sunda sebagai tempat beristirahat juga obyek untuk berfoto.

Destinasi yang saat ini tengah ramai diperbincangkan di berbagai media sosial itu, buka setiap hari mulai pukul 09.00 Wib sampai pukul 17.00 Wib.

Dikatakan salah seorang tokoh masarakat juga sebagai penggasa terbentuknya wisata Bukit Panenjoan Salem, Acep Munawar (39). Nama Bukit Panenjoan Salem berawal dari kata Nenjo atau sebagai akar kata panenjoan dalam bahasa Sunda atau ketika diartikan dalam bahasa Indonesia Nejo berarti melihat. Sehingga apapun yang terlihat disana bisa dinikmati siapapun yang berkunjung kesana.

"Panenjoan itu kan tempat untuk nenjo atau melihat sekeliling, warga disini menamakannya begitu karena dari sini dapat terlihat Gunung Sangga Buana dan Danau Jatiluhur. Bahkan, kompleks kantor Setda Purwakarta pun terlihat dari sini, belum lagi pemandangan yang membuat waas itu," jelas Acep Munawar. Jumat (20/1).

Memasuki area Panenjoan pengunjung akan diharuskan membayar tiket sebesar Rp 5.000, biaya parkir motor sebesar Rp 2.000, sementara untuk parkir kendaraan roda empat dipungut biaya sebesar Rp 5.000 lagi. Destinasi wisata yang terbilang baru ini dikelola oleh warga setempat bekerja sama dengan PT Karti Wana Raya sejak Tahun 2016 lalu.

Bukit Panenjoan Salem sendiri dulunya hanya areal perbukitan, setelah ditanami dan dijadikan kawasan hijau kemudian menjadi daerah yang banyak dikunjungi warga.

"Seiring perjalanan waktu dengan banyaknya orang berkunjung kesini, akhirnya kita kelola tempat ini menjadi tempat wisata," ujar Acep.

Salah seorang pengunjung yang datang ke Kampung Panenjoan, Reina Adisthia (24) mengatakan dirinya pertama kali mengetahui keberadaan tempat ini dari posting teman instagram-nya, merasa penasaran terhadap view-nya, ia pun menyempatkan diri untuk datang langsung bersama teman kantornya yang lain.

"Lihat di instagram sepertinya bagus, jadi hari ini menyempatkan datang, kebetulan kantor kami sedang outing. Bagus banget view-nya," kata Reina.

Di sekitar Kampung Panenjoan juga terdapat wisata ziarah yang selalu ramai setiap malam Jumat yaitu Makam Syaikh Daka atau terkenal dengan sebutan Syaikh Serepong yang merupakan adik dari Syaikh Dako Rancadarah Purwakarta.

Sumber: merdeka. com
ExploreWisata is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
bukit



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
41 Tempat Wisata di Surabaya: Dari Wisata Alam sampai Budaya adinu Forum BukuKuBaca 1 18th November 2017 01:32 PM
Wisata Alam Bukit Langit Kebumen Yang Sangat Mempesona ExploreWisata Forum Travelingku Jalan Jalan 0 7th April 2017 09:03 AM
Wisata Terbaru di Blitar: Bukit Teletubbies Yang Hits Banget ExploreWisata Forum Travelingku Jalan Jalan 0 9th March 2017 08:49 PM
Bukit Jaddih Madura Menjadi Tempat Wisata Terkini Yang Mempesona ExploreWisata Forum Travelingku Jalan Jalan 0 25th February 2017 07:33 PM
Pengalaman Ngetrip Ke Wisata Bukit Bunda Blitar ExploreWisata Forum Travelingku Jalan Jalan 0 19th February 2017 09:55 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 03:48 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts