forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 23rd March 2019, 12:25 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Dataran Tinggi Golan: Suriah Mengutuk Pernyataan Donald Trump

Suriah mengutuk komentar Presiden AS Donald Trump yang "tidak bertanggung jawab" bahwa sudah waktunya untuk mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantor berita negara Suriah mengatakan itu menunjukkan "bias buta" AS terhadap Israel.

Dikatakan Suriah bertekad untuk memulihkan daerah itu "melalui semua cara yang tersedia".

Israel merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah pada 1967 dan mencaploknya pada 1981 dalam tindakan yang tidak diakui secara internasional.

Israel ingin menahan kehadiran militer musuh bebuyutannya Iran di Suriah, yang telah tumbuh lebih kuat selama delapan tahun konflik.

Pernyataan Trump pada hari Kamis membatalkan beberapa dekade kebijakan AS tentang masalah ini. Dalam sebuah tweet, dia mengatakan dataran tinggi itu "sangat penting bagi keamanan strategis dan keamanan bagi Negara Israel dan stabilitas regional!"

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengucapkan terima kasih kepada presiden AS melalui telepon, mengatakan kepadanya "Anda telah membuat sejarah".

Bagaimana tanggapan Suriah?
Pernyataan yang dibawa oleh kantor berita Sana mengatakan komentar Trump telah menunjukkan "penghinaan" untuk hukum internasional dan bahwa mereka tidak akan mengubah "kenyataan bahwa Golan adalah dan akan tetap menjadi Suriah, Arab".

"Bangsa Suriah lebih bertekad untuk membebaskan tanah nasional Suriah yang berharga ini melalui semua cara yang tersedia," tambah sumber kementerian luar negeri yang tidak disebutkan namanya.

Pernyataan Trump disampaikan ketika Netanyahu menghadapi pemilihan umum yang diperjuangkan dengan ketat pada 9 April, serta serangkaian kemungkinan tuduhan korupsi.

Kedua pemimpin akan bertemu di Washington DC minggu depan, ketika Mr Netanyahu dijadwalkan untuk berbicara dengan kelompok lobi Aipac yang pro-Israel.

Pada tahun 2017, Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memerintahkan relokasi kedutaan AS ke kota dari Tel Aviv.

Keputusan itu dikecam oleh warga Palestina, yang ingin Yerusalem Timur menjadi ibukota negara Palestina di masa depan, dan Majelis Umum PBB menuntut pembatalannya.

Apa reaksi lain yang telah terjadi?
Netanyahu mengirim ucapan terima kasih kepada Trump, dengan mengatakan: "Pada saat Iran berusaha menggunakan Suriah sebagai platform untuk menghancurkan Israel, Presiden Trump dengan berani mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan". Duta Besar AS untuk Israel, David Friedman, memuji "keputusan moral, berani dan adil" Trump.

Uni Eropa mengatakan tidak mengakui kedaulatan Israel atas Golan, dan posisinya mengenai masalah itu "belum berubah".

Presiden AS telah menghadapi kritik keras dari wilayah tersebut, serta beberapa sekutu Suriah:

Rusia, yang telah memberikan dukungan militer kepada Presiden Bashar al-Assad dalam konflik Suriah, mengatakan perubahan dalam status Golan akan menjadi pelanggaran langsung terhadap keputusan yang diambil oleh PBB.
Iran, yang pasukannya juga mendukung presiden Suriah, menyebut posisi AS "ilegal dan tidak dapat diterima"
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang telah mendukung oposisi Suriah dalam perang itu, mengatakan pernyataan itu "membawa kawasan itu ke jurang krisis baru"
Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengatakan pengumuman itu "sepenuhnya di luar hukum internasional"
Richard Haass, seorang mantan pejabat senior departemen luar negeri AS yang sekarang adalah presiden dari think-tank Dewan Hubungan Luar Negeri, mengatakan ia "sangat tidak setuju" dengan Trump dan bahwa keputusan itu akan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB "yang mengesampingkan perolehan wilayah oleh perang ".

Jika pengumuman itu mengejutkan, itu adalah kejutan yang baik untuk Netanyahu. Dan kejutannya ada pada waktu, bukan substansi, karena gagasan AS mengakui kedaulatan Israel atas Golan telah menjadi pertimbangan aktif untuk beberapa waktu.

Israel telah mendapatkan daya tarik di Gedung Putih dan bagian-bagian Kongres dengan menyatakan bahwa Iran menggunakan Suriah sebagai basis untuk menargetkan Israel, dengan Dataran Tinggi Golan sebagai garis depan. Tetapi pengakuan resmi AS tidak mengubah apa pun di lapangan: Israel sudah bertindak dengan otoritas militer penuh.

Para kritikus menyimpulkan ini adalah upaya terang-terangan untuk memberi Netanyahu dorongan dalam pemilihan yang diperebutkan. Jika demikian, itu salah satu yang melanggar prinsip-prinsip penting hukum internasional, kata mereka: Trump telah mendukung perebutan wilayah, dan tidak akan memiliki otoritas moral untuk mengkritik Rusia karena melakukan hal itu di Crimea Ukraina.

Apa ketinggian Golan?
Wilayah ini terletak sekitar 60 km (40 mil) barat daya ibukota Suriah, Damaskus, dan mencakup sekitar 1.200 km persegi (400 mil persegi).

Israel merebut sebagian besar Golan dari Suriah pada tahap penutupan perang Timur Tengah 1967, dan menggagalkan upaya Suriah untuk merebut kembali wilayah itu selama perang 1973.

Kedua negara menyepakati rencana pelepasan pada tahun berikutnya yang melibatkan pembentukan zona demiliterisasi sepanjang 70km (44 mil) yang dipatroli oleh pasukan pengamat PBB. Tetapi secara teknis mereka tetap dalam kondisi perang.

Pada 1981, parlemen Israel meloloskan undang-undang yang menerapkan "hukum, yurisdiksi, dan administrasi" Israel ke Golan, yang pada dasarnya mencaplok wilayah tersebut. Tetapi komunitas internasional tidak mengakui langkah tersebut dan menyatakan bahwa Golan diduduki wilayah Suriah. Resolusi 497 Dewan Keamanan PBB menyatakan keputusan Israel "batal demi hukum dan tanpa efek hukum internasional".

Tiga tahun lalu, ketika mantan Presiden Barack Obama menjabat, AS memberikan suara mendukung pernyataan Dewan Keamanan yang menyatakan keprihatinan mendalam bahwa Netanyahu telah menyatakan Israel tidak akan pernah melepaskan Golan.

Suriah selalu bersikeras bahwa mereka tidak akan menyetujui perjanjian damai dengan Israel kecuali jika mereka menarik diri dari seluruh Golan. Perundingan damai langsung yang ditengahi AS yang diperantarai AS macet pada 2000, sementara Turki menjadi penengah dalam perundingan tidak langsung pada 2008.

Ada lebih dari 30 permukiman Israel di Golan, yang merupakan rumah bagi sekitar 20.000 orang. Permukiman dianggap ilegal berdasarkan hukum internasional, meskipun Israel membantahnya. Para pemukim tinggal bersama sekitar 20.000 warga Suriah, kebanyakan dari mereka adalah orang Arab Druze, yang tidak melarikan diri ketika Golan ditangkap.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, golan, israel, suriah, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Ini Julukan Kim Jong Un oleh Donald Trump! kurakura Indonesia Bangga! 1 21st June 2019 04:25 AM
AS Ubah Status Dataran Tinggi Golan yang Diduduki Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 16th March 2019 10:13 AM
Partai Biru dan Putih Bersumpah untuk Menunjuang Israel di Dataran Tinggi Golan Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 10th March 2019 11:08 AM
Donald Trump Undang PM Australia ke Gedung Putih copycat Forumku USA dan Canada 1 2nd February 2018 10:09 PM
Donald Trump Kerjasama dengan MNC, Bukti Properti RI Masih Menjanjikan sucyresky Business and Economy! 0 22nd August 2015 07:35 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 04:00 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts