forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 13th May 2019, 03:59 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Krisis Venezuela: Wakil Juan Guaido Ditangkap di Caracas

Wakil pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido telah ditahan oleh badan intelijen negara itu.

Edgar Zambrano, wakil presiden Majelis Nasional, menolak untuk meninggalkan mobilnya ketika mendekat, dan sebagai hasilnya ia dan mobilnya ditarik ke penjara.

Ini adalah penangkapan pertama tokoh oposisi senior sejak upaya untuk memicu pemberontakan militer terhadap Presiden Nicolás Maduro pekan lalu di tengah krisis Venezuela.

Mr Guaido diakui sebagai "presiden sementara" oleh lebih dari 50 negara.

Apa yang terjadi?
Pemimpin partai Aksi Demokratik Carlos Prosperi mengatakan kepada wartawan bahwa dia telah menghadiri pertemuan partai dengan Mr Zambrano di ibukota Caracas beberapa saat sebelum yang terakhir ditangkap oleh agen-agen dari Bolivarian Intelligence Service (Sebin) Venezuela.

"Kendaraan itu dikepung," katanya. "Mereka [agen Sebin] tidak mengizinkan kami untuk menemuinya. Mereka membawa truk derek dan kendaraannya ditarik pergi."

Saluran televisi online Venezuela, VPI, memposting cuplikan saat Mr Zambrano ditarik di Twitter.

Mr Prosperi mengatakan bahwa ia yakin Mr Zambrano dibawa ke El Helicoide, sebuah penjara terkenal di pusat kota.

"Kami tidak tahu apa-apa tentang kondisi fisiknya dan kami tidak tahu apa yang terjadi di El Helicoide saat ini," katanya.

Apa latar belakangnya?
Penangkapan itu terjadi sehari setelah Mahkamah Agung Venezuela memerintahkan bahwa Zambrano dan enam wakil Majelis Nasional lainnya didakwa melakukan pengkhianatan atas dugaan partisipasi mereka dalam pemberontakan militer yang gagal.

Pengadilan meminta Majelis Konstituante Nasional (ANC), sebuah badan yang dihimpun oleh Presiden Maduro dan secara eksklusif terdiri dari para pendukungnya, untuk mengangkat kekebalan parlementer para anggota parlemen, yang segera dilakukan ANC.

Sejak itu, tiga anggota parlemen oposisi telah didakwa dan kekebalan mereka diperkirakan akan dicabut dalam beberapa hari.

Mereka adalah: Freddy Superlano dari Partai Aksi Demokratis, Sergio Vergara dan Juan Andrés Mejía, yang keduanya mewakili partai Popular Will.

Apa reaksi yang terjadi?
Mr Guaido menyebut penangkapan Zambrano - khususnya penarik mobilnya - "tidak masuk akal" dalam tweet yang dipostingnya segera setelah insiden itu.

Ada juga reaksi cepat dari para pejabat dari AS, sebuah negara yang telah menjadi salah satu pendukung terkuat Mr Guaido.

Di akun Twitter kedutaan "virtual" -nya di Caracas - kedutaan ditutup pada bulan Maret di tengah meningkatnya ketegangan - AS menyebut penahanan itu "ilegal dan tidak dapat dimaafkan" dan memperingatkan bahwa jika ia tidak segera dibebaskan, akan ada konsekuensinya. Namun, tweet itu tidak menjelaskan apa akibatnya nantinya.

Uni Eropa mengatakan penangkapan Zambia adalah "pelanggaran harum lain" terhadap konstitusi Venezuela dan menggambarkannya sebagai "tindakan bermotivasi politik yang bertujuan membungkam Majelis Nasional".

Argentina, Chili, Kolombia, dan Peru juga menyerukan pembebasan Tn. Zambia.

Sementara itu, ketua Majelis Konstituante Nasional, Diosdado Cabello, membual tentang penangkapan di acara TV-nya.

Untuk tepuk tangan dan sorak-sorai keras dari pendukung pemerintah, dia mengejek anggota parlemen, mengatakan bahwa dia harus membayar untuk penarik kendaraannya.

Sebelumnya Mr Cabello menyebut Mr Zambrano "salah satu konspirator utama kudeta" dan mengatakan bahwa ia dan "konspiratornya" harus "membayar di pengadilan untuk kudeta yang gagal yang telah mereka usahakan".

Bagaimana bisa jadi seperti ini?
Guaido mengumumkan dirinya sebagai pemimpin sementara Venezuela pada bulan Januari. Sebagai ketua Majelis Nasional yang dikontrol oposisi, ia meminta konstitusi untuk mengambil posisi presiden sementara, dengan alasan pemilihan kembali Maduro tahun lalu tidak sah.

Sejak itu, ketegangan antara mereka yang mendukung Tuan Guaido dan mereka yang mendukung Tuan Maduro telah meningkat. Militer dianggap memegang kunci keseimbangan kekuasaan.

Pada 30 April, dalam sebuah video yang direkam di dekat pangkalan angkatan udara di Caracas, Guaido meminta militer untuk membantunya menggulingkan Presiden Maduro.

Mr Zambrano adalah salah satu anggota parlemen yang terlihat dalam rekaman kemudian berbicara dengan Mr Guaido di jalan layang di dekat pangkalan angkatan udara. Cabello mengatakan bahwa "cukup untuk membuktikan keterlibatannya".

Sementara sekelompok kecil pria berseragam bergabung dengan Guaido, petinggi militer dengan cepat menyatakan kesetiaannya kepada Presiden Maduro dan status quo dipertahankan.

Mr Guaido sejak mengatakan kepada BBC dia akan mempertimbangkan meminta AS untuk melakukan intervensi militer.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, guaido, itu, untuk, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Pembicaraan AS-Rusia untuk Mengatasi Krisis Venezuela Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 22nd March 2019 10:58 AM
Krisis Venezuela: Saingan Unjuk Rasa Diadakan di Caracas Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 11th March 2019 02:29 PM
Pemimpin Oposisi Juan Guaido Kembali ke Venezuela Meski Berisiko Ditangkap Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 5th March 2019 02:44 PM
Juan Guaido: 'Polisi Menggerebek Apartemen Istri Saya' Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 1st February 2019 11:42 AM
Peran Internasional dalam Krisis Venezuela Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 30th January 2019 10:18 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:20 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts